Konsumsi Buah di Pagi Hari, Siapa Takut?

Konsumsi Buah di Pagi Hari, Siapa Takut?

Selingkaran.com – Anda suka sarapan di pagihari? apa yang Anda konsumsi ketika sarapan? roti, susu, nasi ataupun buah-buahan?

Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari atau pada saat sarapan akan menyebabkan perut kita sakit, hal ini dikarenakan buah dapat mengakibatkan asam lambung naik. Padahal pada nyatanya, tingkat asam lambung manusia jauh lebih tinggi dibandingkan asam dari buah-buahan.

“Sebenarnya, tergantung masalah lambung dan buah yang dikonsumsinya. Kalau dalam food combining, konsumsi buah pada pagi hari tidak masalah. Sebenarnya memang tidak masalah, karena isi lambung itu kan asam dan tingkat asamnya jauh lebih tinggi dari asam pada buah, seperti jeruk, apel, bahkan lemon, dan buah lainnya,” ujar Dr Grace Judio-Kahl, MSc saat temu media di Senopati, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Dr Grace juga menuturkan, bukan rasa asam dari buah yang menyebabkan gangguan pada perut, melainkan bisa jadi salah satu kandungan phyto nutrient dalam buah yang menyebabkan sakit perut. “Salah satu kandungan phyto nutrient dalam buah adalah bromelain. Nah, bromelain ini adalah penghancur protein. Protein ada di dalam daging, termasuk ada di usus. Saat bromelain memecah protein di dalam usus, inilah yang kemungkinan menjadi penyebab sakit perut,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dr Grace menambahkan, salah satu kandungan bromelainnya tinggi adalah buah nanas dan mangga. Yang perlu diingat, tidak semua buah mengandung bromelain. Jadi, tidak semua buah bisa menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi pada pagi hari atau pada mereka yang memiliki gangguan asam lambung. Sehingga, masih banyak jenis buah lain yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi agar kebutuhan tubuh akan sayur dan buah dalam sehari bisa terpenuhi dengan baik.

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook