Tips Perawatan Kulit Kering Tetapi Berjerawat

Tips Perawatan Kulit Kering Tetapi Berjerawat

Selingkaran.Com – Beda jenis kulit tentu beda juga perawatannya, kulit kering biasanya akan terlihat kusam dan cepat keriput, pada umumnya masalah jerawat kerap dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, namun tidak menutup kemungkinan jenis kulit kering juga bisa mengalami jerawat loh, paduan dari dua jenis kulit ini adalah kulit campuran, dan biasanya bagian daerah T yaitu dahi, hidung dan dagu adalah bagian yang paling sering berminyak dan berpotensi untuk ditumbuhi jerawat.

Kalau sudah terjadi seperti ini tentu akan sangat merepotkan saat kita melakukan perwatan. di satu sisi kita ingin menghilangkan jerawat dengan menggunakan perawatan serta produk-produk khusus kulit berminyak, disisi lain kondisi kulit kita sangat kering, jadi jika kita menggunakan produk perawatan kulit berminyak yang ada kulit kita akan semakin kering karena produksi minyak akan berkurang. Untuk mengatasi jenis kulit campuran seperti ini dibutuhkan perawtan khusus sehingga anda bisa terhindar dari masalah kulit yang selama ini membuat anda dilema, berikut ini adalah tips untuk perawatan kulit kering tetapi berjerawat yang bisa anda coba.

Perawatan Kulit Kering

Konsumsi Air Putih

Sudah tidak diragukan lagi manfaat air putih bagi kehidupan kita, salah satu manfaat air yaitu untuk memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh, dampak jika kekurangan cairan yaitu kulit akan menjadi kering dan kusam, nah untuk itu pastikan anda memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh dengan minum air minimal 8 gelas sehari supaya kelembaban kulit terjaga sehingga kulit menjadi kenyal, kencang dan bercahaya.

Hindari Air Hangat

Air hangat memiliki sifat yang dapat melarutkan minyak, jadi jika kulit kita kering penggunaan air hangat harus diminimalisir, gunakan jika memang diperlukan saja dan jangan menguapi wajah,selepas mandi atau cuci muka menggunakan air hangat sebaiknya langsung gunakan pelembab yang lembut supaya kelembabanya tetap terjaga dan kulit tidak semakin kering.

Tidak Menggosok Kulit

jenis kulit kering sangat sensistif, karena kulit sangat tipis berbeda dengan kulit berminyak yang biasanya terlihat tebal, jadi saat membersihkan hindari untuk menggosok kulit, cukup diusap dan dipijat dengan lembut saja, jika terlalu kuat bisa membuat kulit terluka dan meradang sehingga sangat berpotensi untuk ditumbuhi jerawat, jika akan melakukan scrub cukup dilakukan sekali dalam seminggu, pilih scrub engan butiran yang halus dan hindari scrub yang berbahan dari partikel garam dan kacang-kacangan.

Menjaga Kebersihan Wajah

Baik kulit kering maupun berminyak, menjaga kebersihan tetaplah yang harus diutamakan, kulit yang dibiarkan kotor akan banyak bakteri dan kuman yang bisa menjadi jerawat dan kulit menjadi kusam, bersihkan secara teratur seblum tidur menggunakan pembersih dengan formula lembut dan ringan, dan pada pagi harinya cukup dibasuk dengan air biasa tanpa menggunakan sabun lagi.

Memenuhi Asupan Nutrisi

Nutrisi yang baik untuk kulit bisa kita dapatkan dari bahan-bahan alami dengan mengkonsumsi sayur-sayuran hijau serta buah-buahan yang segar seperti jeruk, apel, alpukat dan lainya karena didalamnya terdapat kandungan vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menutrisi kulit sehingga kelembabanya tetap terjaga.

Baca juga :

Wajah Berjerawat? Ketahui Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tepat Tanpa Efek Samping

Tips Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat & Alami

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Berlebih

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook