Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Yamaha EMF

Spesifikasi Lengkap dan Harga Motor Listrik Yamaha EMF
Foto: Yamaha Taiwan. Skuter listrik Yamaha EMF 2022.

Selingkaran.com – Baru-baru ini, Yamaha secara resmi merilis produk terbaru mereka, yaitu motor listrik Yamaha EMF (Electro Motive Fighter). Kendaraan roda dua bertenaga listrik ini merupakan hasil kerja sama antara Yamaha dengan produsen motor listrik Taiwan, Gogoro. Hadir di Taiwan, desain motor listrik ini mengusung tema “Exciting”, “Strength” dan “Beyond”. Berikut spesifikasi lengkap dan harganya.

Desain Motor Listrik Yamaha EMF

Desain Motor Listrik Yamaha EMF
Foto: tmcblog.com

Motor listrik terbaru keluaran Yamaha ini didesain dengan tampilan minimalis, ringkas, dan futuristik. Jika dilihat dari samping, bodinya berbentuk boxy atau mengotak dengan banyak garis dan lekukan untuk menghindari kesan monoton pada tampilannya. Desain ini menciptakan kesan garang pada tampilan motor secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Motor Listrik Nusa Khatulistiwa

Bagian depan didesain dengan fairing tipis, setang model naked atau telanjang, dan lampu LED yang disusun secara bertumpuk. Untuk meredam getaran, suspensi depannya menggunakan jenis teleskopik dan model shock absorber ganda pada suspensi belakang. Bagian belakangnya juga didesain konsisten dengan gaya berani serta dilengkapi lampu berteknologi LED sebanyak dua buah secara bertumpuk. Bodi belakang juga hadir dengan lampu sein yang menyatu tanpa tangkai.

Hal yang membuat motor listrik ini unik adalah desain pada rancang kaki-kaki motornya. Kendaraan roda dua bertenaga listrik ini menggunakan velg mini berukuran 10 inci dengan profil ban gambot.

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Yamaha EMF
Foto: tmcblog.com

Motor listrik besutan Yamaha ini menggunakan penggerak motor mid-mount dengan daya 7,6 Kw. Kendaraan ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum setara 10,3 PS di putaran mesin 3.000 rpm dan torsi puncak 26 Nm pada 2.500 rpm. Performa tersebut menghasilkan tenaga sebanding dengan motor bermesin 125 cc. Dengan spesifikasi tersebut, produsen mengeklaim bahwa Yamaha EMF dapat bergerak dari kecepatan 0 menuju 50 km/jam dalam waktu 3,5 detik.

Motor ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 95 kg. Menggunakan dua baterai merek Gogoro, Yamaha EMF dibekali dengan sistem pengereman yang cukup advanced untuk bisa mengimbangi performanya. Bagian depan menggunakan rem cakram dengan ukuran 200 mm dengan 1 kapiler radial 4 piston. Sementara itu, pengereman belakang didukung dengan 1 kapiler 2 piston berukuran 190 mm.

Baca juga: Review Lengkap Motor Listrik Gesits Produk Anak Bangsa

Yamaha EMF hadir dengan 3 opsi pilihan warna-warna dasar, yaitu biru dongker, hitam, dan hijau. Nantinya, pengguna motor listrik ini dapat melakukan swap baterai pada stasiun pengisian daya baterai Gogoro yang tersebar. Swap baterai dilakukan dengan menukar baterai yang sudah terpakai dengan baterai baru yang terisi penuh.

Fitur Yamaha EMF

Fitur Yamaha EMF
Foto: motorplus-online.com

Tidak hanya menjual spesifikasi dan tampilan berani, Yamaha EMF juga dibekali fitur canggih yang makin memudahkan penggunanya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, motor berkekuatan listrik ini menggunakan teknologi LED (Light-emitting Diode) pada sistem penerangannya. Penggunaan lampu LED dapat mengefisiensikan penggunaan energi hingga 70%. Jadi, penggunaan lampu ini akan lebih menghemat daya listrik.

Selain pada sistem penerangannya, Yamaha EMF juga sudah menggunakan panel meter full digital untuk menampilkan informasi yang lebih akurat, seperti rata-rata konsumsi bensin, kode kerusakan, dan penggantian oli. Selain itu, terdapat fitur konektivitas Y-connect untuk memantau kondisi baterai dan oli. Motor ini juga dibekali dengan fitur power mode dengan 3 opsi dan sistem NFC yang memungkinkan penggunanya untuk menyalakan kendaraan menggunakan kartu.

Harga

Harga Yamaha EMF
Foto: otomotif.kompas.com

Di Taiwan, Yamaha EMF dibanderol dengan harga $99.800 NTD atau setara dengan 51 juta rupiah. Untuk mempertegas tampilan, Yamaha juga menawarkan beberapa aksesori resmi yang bisa dipilih langsung oleh pembeli. Semua aksesori, seperti tameng bodi, dek bodi, kamera perekam layaknya kamera dasbor pada mobil, dan sepatbor depan dijual secara terpisah.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Suspensi Motor Selalu Optimal

Demikian adalah beberapa informasi mengenai motor listrik Yamaha EMF. Hingga saat ini, belum diketahui apakah Yamaha EMF akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Pasalnya, Yamaha Indonesia masih fokus menjual sepeda motor konvensional dengan teknologi pembakaran dalam. Jika suatu saat kendaraan ini dipasarkan di Indonesia, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Pos terkait