6 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Karena Batuk Dengan Bahan Alami

Batuk adalah tanda tubuh sedang mengalami infeksi bakteri dan virus yang menyerang saluran pernafasan. Batuk juga terkadang menyebabkan sesak nafas. Karena dahak yang tidak keluar atau menggumpal di saluran pernapasan menyumbat oksigen yang masuk. Namun untungnya ada berbagai cara menyembuhkan sesak nafas karena batuk dengan bahan-bahan alami. Berikut cara menyembuhkannya:

1. Mengkonsumsi Kopi Hitam

Kopi hitam banyak sekali peminatnya. Kopi hitam alami yang belum dicampur dengan bahan lain dapat membantu tubuh menyembuhkan sesak nafas akibat batuk ataupun penyakit lain. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi hitam mampu bekerja dengan efektif mengatasi kelelahan di otot pernafasan.

Bacaan Lainnya

Kopi hitam merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengobati sesak nafas karena batuk. Caranya yaitu seduh kopi hitam dengan air hangat lalu diminum. Meskipun kopi hitam dapat digunakan untuk menyembuhkan sesak nafas akan tetapi ada baiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan sering. Karena kafein yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan darah tinggi dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

2. Menggunakan Strawberry

Cara menyembuhkan sesak nafas karena batuk selanjutnya yakni dengan menggunakan strawberry. Buah yang berwarna merah dan bentuknya yang kecil ini mempunyai kandungan Vitamin C. Vitamin C di dalam buah strawberry bisa membantu tubuh menyembuhkan sesak nafas akibat batuk. Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang turun akibat infeksi virus atau bakteri yang masuk di saluran pernafasan.

Baca Juga : Manfaat Undur Undur Untuk Kesehatan Yang Jarang Disadari

Buah strawberry bisa langsung dikonsumsi dan bisa dibuat jus tanpa menambahkan bahan atau pemanis lainnya. Mengkonsumsi strawberry secara rutin tentu tidak hanya dapat menyembuhkan sesak nafas karena batuk. Namun juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh.

3. Merebus Daun Kenanga

Bahan yang satu ini tentu sangat jarang didengar Namanya. Karena jarang didengar bahan ini tidak banyak yang tahu jika mampu menjadi bahan alami untuk menyembuhkan sesak nafas karena batuk.

Manfaat yang ada di daun kenanga yaitu dapat mengobati sesak nafas yang menyebabkan bukan batuk, yang dapat digunakan sebagai obat hanya bunganya saja. Rebuslah beberapa daun kenanga. Tambahkan gula pasir atau gula jawa jika tidak menyukai rasa pahit.

4. Mengkonsumsi Bawang Putih

Cara yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih adalah bahan utama yang sering digunakan untuk masakan nusantara agar menciptakan aroma di dalam masakan. Selain itu bawang putih sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai penyakit seperti panu dan sesak nafas.

Pengobatan dengan bawang putih dapat memberi antibiotik pada tubuh. Menyembuhkan sesak nafas dengan memanfaatkan bawang putih yaitu dengan cara merebus bawang putih bersama dengan tambahan bahan alami lainnya.

5. Mengkonsumsi Madu

Madu yaitu bahan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Jenis madu yang diambil langsung dari sarang lebah mengandung zat dan nutrisi yang bisa menyembuhkan batuk sehingga tidak menyebabkan sesak nafas.

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Dileher Secara Tradisional

Manfaat yang ada di dalam madu dapat mengatasi sesak nafas yakni berupa memberi kelembaban di tenggorokan sehingga bisa mengurangi batuk. Madu dapat langsung dimakan atau bisa juga dicampur dengan bahan atau minuman lainnya.

6. Mengkonsumsi Kayu Manis

Sejak dulu kayu manis sudah menjadi incaran orang luar karena bisa dimanfaatkan baik untuk masakan atau sebagai obat tradisional. Kayu manis bermanfaat sebagai antivirus, anti jamur, anti bakteri, dan antiseptic. Dengan kandungan yang ada, kayu manis sangat cocok digunakan untuk menyembuhkan sesak nafas karena batuk.

Kayu manis dapat dikonsumsi langsung atau dapat juga memasukkannya ke dalam masakan. Cara lainnya yakni memasukkan potongan kayu manis ke dalam teh yang diseduh lalu meminumnya.

Itulah 6 cara menyembuhkan sesak nafas karena batuk dengan bahan alami. Bahan-bahan diatas mudah didapatkan. Bahan-bahan tersebut juga bisa langsung dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

 

Pos terkait