Spesifikasi Lengkap dan Harga Motor Listrik Nusa Khatulistiwa

Spesifikasi Lengkap dan Harga Motor Listrik Nusa Khatulistiwa
sumber gambar: otomotif.tempo.co

Selingkaran.com – Suara mesin motor yang halus, efisiensi yang lebih tinggi, dan sifatnya yang ramah lingkungan menjadikan motor listrik mulai diminati pasar. Turut meramaikan pasar otomotif, kali ini Nusa Motors sebagai produsen motor bertenaga listrik akan segera meluncurkan produk baru, yaitu motor listrik Nusa Khatulistiwa.

Sekilas Tentang Motor Listrik Nusa Khatulistiwa

Dilihat dari namanya saja, calon konsumen pasti sudah tahu bahwa motor listrik ini adalah produk lokal karya anak bangsa. Dirancang sejak dua tahun yang lalu, nama Nusa memang sengaja diberikan agar nuansa tanah air makin melekat pada produk tersebut.

Bacaan Lainnya

Pendiri Nusa Motors sekaligus pencetus motor listrik Nusa Khatulistwa adalah Domex Mandey. Ia berperan sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan rekannya, Tomi Gunawan, menjabat sebagai CIO (Chief Innovation Officer).

Baca juga: Review Lengkap Motor Listrik Gesits Produk Anak Bangsa

Kisahnya dimulai dari dua tahun yang lalu di mana banyak perusahaan mengalami kebangkrutan akibat ekonomi yang turun karena faktor pandemik, kedua tokoh tersebut justru mendirikan Nusa Motors.

Domex sejatinya belum pernah berkecimpung di dunia otomotif, tetapi dia pernah menduduki jabatan penting di perusahaan teknologi Korea Selatan, yakni Kakao Corp sebagai Chief Evangelist Officer Indonesia. Hal ini yang membuat dirinya merasa optimis meramaikan pasar otomotif khususnya di Indonesia.

Berbeda dengan Domex, Tomi Gunawan adalah seorang senior yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun meramaikan pasar otomotif dengan menjalankan sebuah bengkel. Bahkan, Tomi Airbrush kini sudah menjadi acuan dalam modifikasi mobil, khususnya pada bidang airbrush.

Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi Lengkap dan Harga Motor Listrik Nusa Khatulistiwa
sumber gambar: liputan6.com

Nusa Khatulistiwa atau dikenal juga dengan istilah K Series akan hadir dalam dua varian, yaitu Basic dan TooFast. Berikut mengenai spesifikasinya.

Varian Kecepatan maksimum Jarak tempuh Baterai Lithium ion cell Harga
Basic 150 km/jam 180 km 10 kWh 140 juta
TooFast 200 km/jam 250 km 14 kWh 180 juta

K Series Basic memiliki kecepatan maksimum 150 km/jam, sementara kecepatan maksimum yang dimiliki varian TooFast sebesar 200 km/jam. Dalam sekali pengisian daya, varian Basic mampu memakan jarak tempuh sejauh 180 km, sedangkan varian TooFast mampu menempuh jarak hingga 250 km. Mengenai penawaran, varian Basic berada pada harga 140 juta, sedangkan TooFast dibanderol seharga 180 juta. Baterai yang digunakan pada K Series Basic adalah Lithium ion cell 10 kWh, sedangkan pada varian TooFast adalah Lithium ion cell 14 kWh.

Keunggulan

Harga Motor Listrik Nusa Khatulistiwa
sumber gambar: autofun.co.id

Produsen mengeklaim bahwa motor buatannya dapat dikatakan sebagai motor listrik tercepat di Asia Tenggara. Mereka juga menawarkan full customize kepada konsumen, meliputi warna body, velg, roda, jok motor, baterai, dan rem. Keren, bukan?

Baca juga: 5 Cara Menjaga Suspensi Motor Selalu Optimal

Saat ini, spesifikasi lengkap Nusa masih berada di tahap finalisasi dan menunggu hingga melewati proses homologasi. Namun, spesifikasi yang dirancang sudah berjalan sejauh 80 persen. Desain, sasis, dan komponen lainnya dari K Series akan diproduksi di dalam negeri, kecuali baterai dan motor penggerak yang memang masih didatangkan dari luar negeri.

Motor bertenaga listrik akhir-akhir ini memang santer diproduksi lantaran minat pasar yang terus meningkat. Berbeda dengan produsen lain yang biasanya meluncurkan motor non-BBM dengan tampilan bebek atau skutik, kali ini dengan berani Nusa Motors memproduksinya dalam bentuk sporty. Hal ini dikarenakan pemain di segmen ini masih tergolong sedikit dibandingkan dengan kelas motor bebek atau skutik.

K Series sendiri didesain dengan tampilan berotot pada bagian depan dan ramping bagian tengah hingga belakang. Bentuk inilah yang menjadi keunggulan utama Nusa di mata konsumen.

Dengan harga dan spesifikasi di atas rata-rata, hadirnya K series ini digadang-gadang akan mengantarkan Indonesia ke kancah Internasional. Hal ini sesuai dengan strategi penjualan tim Nusa Motors, di mana mereka akan membuat ceruk pasar sendiri pada kategori premium, seperti Tesla tetapi dalam versi kendaraan roda dua.

Demikian informasi mengenai motor listrik Nusa Khatulistiwa, sebuah kolaborasi hasil karya anak bangsa yang melibatkan seniman-seniman di dunia otomotif. Untuk ke depannya, produsen akan menggandeng SMK dan Universitas terbaik tanah air untuk mengembangkan produk-produknya.

Baca juga: Cara Gampang Kenali Oli Mesin Motor Asli

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik untuk memboyong salah satu varian motor listrik dari K Series besutan Nusa Motors?

Pos terkait