Review Lengkap Motor Listrik Gesits Produk Anak Bangsa

Review Lengkap Motor Listrik Gesits Produk Anak Bangsa
sumber gambar: otomotifnet.gridoto.com

Seperti namanya, motor listrik mendapatkan sumber dayanya dari listrik, bukan bensin sehingga tidak menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan. Motor ini juga memiliki biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan motor bensin. Saat ini, motor berdaya listrik mulai dikembangkan para produsennya.

Motor listrik gesits merupakan karya anak bangsa yang diproduksi berkat kerja sama antara perusahaan BUMN, swasta, dan beberapa universitas ternama di tanah air. Melalui kolaborasi yang baik, terciptalah motor bertenaga listrik yang saat ini berhasil dipasarkan secara luas.

Bacaan Lainnya

Baca juga: 5 Cara Menjaga Suspensi Motor Selalu Optimal

Fitur Motor Listrik Gesits

sumber gambar: suara.com

Motor listrik gesits menjadi bukti konkret bahwa kualitas hasil karya anak bangsa tidak kalah dengan produk asing. Pasalnya, mereka berhasil menyisipkan fitur canggih pada motor bertenaga listrik ini. Terdapat speedometer canggih dilengkapi dengan prosesor 1GHz yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar. Dengan fitur ini, pengendara dapat mengakses informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai dan rpm.

Motor bertenaga listrik ini juga dilengkapi dengan pilihan mode berkendara, yaitu eco (E), urban (U), dan sport (S). Anda dapat memilih mode E untuk berkendara santai dan menghemat daya baterai. Seperti namanya, mode U cocok digunakan bagi masyarakat urban atau perkotaan untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam dengan konsumsi baterai dan performa mesin yang seimbang. Mode S akan menghasilkan kecepatan maksimal, tetapi tentu saja boros baterai.

Baca juga: Cara Gampang Kenali Oli Mesin Motor Asli

Tidak hanya itu saja, motor bertenaga listrik ini juga memiliki fitur reverse (R). Dengan memencet tombol R yang berada di setang kemudi, otomatis motor akan berjalan mundur. Hal ini tentu sangat memudahkan penggunanya agar tidak lagi menarik motor secara manual.

Desain

sumber gambar: uzone.id

Motor listrik ini memiliki tampilan yang elegan dan sporty dengan lekukan garis tegas pada bodinya. Pada bagian depan sisi kanan dan kiri, terdapat lampu berteknologi Light Emitting Diode (LED) yang hemat energi. Lampu ini berfungsi sebagai lampu utama sekaligus lampu sein. Pada bagian belakang, terdapat lampu Daytime Running Light  (DRL) yang berfungsi sebagai stoplamp sekaligus lampu sein.

Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Ketiganya terlihat polos tanpa tambahan desain grafis sama sekali. Meski memiliki tampilan bodi yang cukup besar, kekurangan dari motor ini adalah belum memiliki bagasi yang luas. Saat mengendarainya, Anda tidak bisa meletakkan helm ke dalam bagasi.

Spesifikasi motor listrik gesits

Motor listrik gesits dilengkapi dengan teknologi ride by wire electric throttle yang akan membuat tarikan gas terasa lebih halus. Motor ini memiliki dimensi panjang 1.947mm, lebar 674 mm dan tinggi 1.135 mm, memiliki berat kotor 244 kg dengan beban maksimal seberat 150kg. Menggunakan baterai jenis lithium-ion 72 Volt/20 Ah.

Daya listrik yang dimiliki motor ini sebesar 5 KW. Untuk mengisi daya baterai hingga penuh, Anda membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Dengan kecepatan maksimal mencapai 70km/jam, motor ini bisa melaju sejauh 50 km untuk baterai tunggal dan 100 km untuk baterai ganda. Tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah jalan karena Anda bisa melakukan swap baterai di beberapa SPBU Pertamina. Berikut mengenai spesifikasi lengkapnya.

Motor : Permanent Magnet Synchronous-BLDC motor
Mesin : Motor 10KW 96VDC brushless permanent magnet
Material rangka bodi : Baja
Transmisi : Pulley belt
Torsi maksimal : 30 N.m
Tenaga maksimal : 6.7 Hp
Sistem pendingin : Air Cooled System
Jarak sumbu roda : 1.290 mm
Lampu depan : HID Projection and Daytime Running Light
Suspensi depan : Telescopic
Suspense belakang : Swing Arm with Mono Shock

 

Harga

Dengan spesifikasi yang telah dijelaskan, motor listrik ini dibanderol dengan harga 28,7 juta rupiah off the road dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk membelinya, Anda dapat membayar secara cash maupun kredit. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, pertimbangkan untuk membeli produk bekas.

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Motor Cepat Panas, Jarang yang Tahu!

Demikian review lengkap mengenai motor listrik gesits, hasil kolaborasi anak bangsa dengan kualitas yang mampu bersaing di pasar otomotif. Jika Anda ingin membeli kendaraan yang ramah lingkungan, hemat energi, dan memiliki fitur canggih, motor ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan Anda.

Pos terkait