Ini Dia Cara Memilih Lampu LED Motor

Ini Dia Cara Memilih Lampu LED Motor

LED sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia cahaya. Penggunaannya tidak hanya pada rumah tangga saja, tetapi juga otomotif. Buktinya, lampu LED motor sudah sering ditemukan pada kendaraan roda dua keluaran terbaru.

Lampu LED menggantikan lampu bohlam yang dikenal sebagai generasi pertama. Kini lampu LED sering dipasang sebagai lampu depan motor. Jika motormu masih menggunakan lampu halogen atau bohlam, lampu itu pun bisa diganti dengan LED.

Bacaan Lainnya

Berminat mengganti? Kamu bisa simak beberapa tips memilih lampu LED motor di bawah ini!

Tips Memilih Lampu LED Motor

Tips Memilih Lampu LED Motor

Pertimbangkan Kelistrikan dan Ruang Motor

LED merupakan singkatan dari light emitting diodes. Lampu jenis ini memakai teknologi diode sebagai sumber cahaya dan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan. Tujuannya agar cahaya yang dihasilkan lebih terang dan tahan lama.

Baca juga: Cara Gampang Kenali Oli Mesin Motor Asli

Lampu LED pertama kali digunakan untuk roda dua pada 2016. Penyediaan LED pada motor untuk pertama kalinya adalah Yamaha NMax. Jika ingin mengganti lampu bohlam motor dengan LED, kamu sebaiknya mengetahui dahulu ketersediaan kelistrikan kendaraan.

Beban listrik yang terlalu besar akan menyebabkan aki motor cepat habis. Sistem pengakian kendaraan harus benar-benar diperhatikan. Pertimbangkan pula ruangan atau tempat pemasangan lampu.

Ukuran lampu LED biasanya lebih kecil dibandingkan dengan bohlam biasa. Perhatikan pengaturan titik cahaya agar tidak menimbulkan efek silau pada pengguna jalan lain. Pahami pula risiko melemahnya mika pada lampu LED.

Jangan mengganti bohlam lampu bawaan pabrik bila dayanya lebih besar. Hal ini bisa berdampak pada kenaikan suhu berlebihan sehingga mika lampu dapat meleleh.

Sinar Tidak Mengubah Warna Objek

Jika sekiranya kendaraanmu memungkinkan untuk menggunakan LED, perhatikan warna lampu LED motor. Tips memilih lampu LED motor berkualitas adalah dengan melihat warna sinar yang dihasilkannya.

Patikan sorotan lampu LED tidak akan mengubah warna objek yang terkena sinarnya. Warna objek jelas terlihat dan tidak mengalami perubahan. Berbeda dengan LED yang kurang berkualitas, lampu ini mampu membuat warna objek yang tersorot berubah.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Kampas Rem Asli Dengan yang Palsu

Sinar Tembus Kabut

Lampu LED yang bagus umumnya mampu menembus kabut dan curah hujan. Pancaran sinarnya tidak mengganggu pengguna lainnya. Selain itu, LED memiliki 4.300-5.000 kelvin. Besaran cahaya tersebut tetap terang, tetapi tidak menyilaukan.

Suhu < 70 Derajat Celcius

Sinar lampu LED lebih terang dibandingkan lampu bohlam. Penggunaan lampu terus menerus juga meningkatkan suhunya. Lampu LED berkualitas memiliki suhu kurang dari 70 derajat celcius. Tingkatan suhu yang dimiliki LED mampu memengaruhi penurunan kinerja lampu itu sendiri.

LED juga harus memenuhi standar SNI yang telah ditetapkan. Sebaiknya untuk berbelanja lampu LED dilakukan di toko resmi atau official website untuk menghindari barang palsu.

Cara Merawat Lampu LED

Cara Merawat Lampu LED

Makin lama lampu LED digunakan, kinerjanya juga akan makin menurun. Walaupun demikian, ada beberapa tips untuk perawatannya sehingga performa lampu selalu optimal.

  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan mika lampu. Jangan sampai mika retak atau pecah karena bisa menyebabkan arus pendek
  • Periksalah bagian seal batok lampu. Seal yang terkelupas membuat air mudah sekali masuk dan menimbulkan korsleting
  • Apabila lampu LED mulai redup, itu merupakan tanda kalau kondisi aki sudah menurun. Kondisi aki motor berpengaruh pula pada suplai arus listrik yang dihasilkan.
  • Bersihkan bagian penampang secara rutin agar tidak menimbulkan kerusakan di kemudian hari. Pastikan letak titik lampu aman dan ukurannya sesuai.

Kelebihan Lampu LED

Penggunaan lampu LED motor dibandingkan dengan jenis lampu lainnya menawarkan berbagai kelebihan. Selain awet digunakan, kelebihan LED adalah sebagai berikut.

  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED motor cenderung berwarna putih yang lebih terang dibandingkan halogen atau bohlam
  • Suhu lampu tidak mudah panas sehingga tahan lama dan menghemat banyak energi khususnya pada aki kendaraan. Lampu LED juga terbukti 7-8 kali lebih efisien dibandingkan dengan lampu halogen
  • Lampu tidak mudah mati atau putus. Cahaya putih yang dihasilkan tidak mengandung proses pembakaran. Hal ini yang membuat lampu LED tidak memproduksi suhu panas berlebihan

Baca juga: Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor Matic, Mudah!

Lampu LED motor banyak digunakan pada produksi motor terbaru. Khususnya yang memiliki kapasitas mesin diatas 150cc. Cahaya yang dihasilkan lampu ini lebih terang dan menghemat energi sehingga tahan lebih lama.

Pos terkait