Inilah 6 Kegunaan NFC Pada HP Wajib Diketahui

Kegunaan NFC Pada HP Wajib Diketahui

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, kegiatan apa pun sudah bisa dilakukan hanya melalui handphone. Banyak fitur-fitur hp yang berbentuk teknologi nirkabel, salah satunya adalah Near-field Communication (NFC). Namun masih belum banyak yang tahu mengenai hal ini, padahal kegunaan NFC pada hp sangat banyak dan bermanfaat, loh!

Rentang frekuensi standar NFC di seluruh dunia pada 13.56 MHz dan rentang transmisinya sekitar kurang lebih 5-10 cm. NFC diciptakan demi untuk kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat umum. Supaya lebih tau apa saja kegunaan NFC, langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Bacaan Lainnya

1. Melakukan Pembayaran

Di zaman serba digital seperti saat ini, penggunaan uang cash sudah mulai berkurang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sistem pembayaran secara efektif dan efisien, bisa lebih aman, dan menghindari adanya tindak kriminal. Pembayaran melalui fitur NFC di hp juga bisa terhubung dengan kartu debit yang kita miliki.

Baca juga: Ingin Menambah NFC di HP? Berikut Cara Ampuhnya!

Selain itu, pembayaran melalui NFC di hp juga dapat terhubung dari berbagai aplikasi di hp. Cara pembayarannya adalah dengan mengaktifkan NFC pada hp, menempelkan hp pada NFC alat pembayaran di suatu tempat, dan transaksi pun selesai.

2. Mengecek dan Mengisi Saldo Uang Digital

Setiap melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa transportasi umum, sudah tidak lagi menggunakan uang cash. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan antrean dan semakin cepat pembayaran.

Caranya adalah dengan mengaktifkan NFC pada hp, buka aplikasi yang sesuai dengan kartu (m-banking), tempelkan kartu yang digunakan sebagai alat uang digital, tunggu beberapa saat, dan saldo terdeteksi. Jika ingin top up, maka lanjutkan di tampilan saldo dan pilih top up, lalu isi nominal saldo yang akan dimasukkan, serta tempelkan lagi kartunya.

3. Memudahkan Terkoneksi dengan Wi-Fi

Jika mengkoneksikan Wi-Fi dengan cara lama dan manual, maka pengguna bisa memasukkan password atau kode yang dimaksudkan agar tidak dipakai sembarangan. Maka dengan teknologi terbaru, kini sudah tersedia Wi-Fi porter yang bisa mengautentikasikan hp dengan Wi-Fi di suatu tempat.

Baca juga: 3 Cara Cek Saldo Brizzi Tanpa NFC dengan Mudah

Tujuannya untuk memudahkan terkoneksinya Wi-Fi dengan hp agar tidak perlu memasukkan password lagi. Caranya adalah dengan mengaktifkan NFC, mengaktifkan simbol Wi-Fi juga, dan dekatkan hp dengan Wi-Fi porter, seketika langsung bisa terkoneksi.

4. Melakukan Pengisian Daya Nirkabel

Dalam hal mengisi daya, tidak lagi membutuhkan charger lagi. Karena hanya dengan menempelkan dua benda, maka daya akan bisa terkirim. Namun, saat ini kemampuan daya yang dimiliki untuk dikirimkan melalui NFC belum terlalu besar. Kegunaan NFC pada hp dalam hal ini pastinya akan lebih direncanakan lagi untuk di masa depan.

5. Mengirimkan Data terhadap Sesama HP

Fitur NFC juga memungkinkan untuk membantu pengiriman data-data dari satu hp ke hp lainnya. Cara pengirimannya pun sangat mudah dan cepat. Selain mengirimkan data-data berupa file, NFC pada hp juga dapat mengirimkan kontak orang ke sesama hp sehingga tidak perlu cara manual. Hanya dengan mengaktifkan fitur NFC dari kedua hp yang akan saling berinteraksi, lalu tempelkan bagian belakang dari kedua hp, dan data yang ingin dipindahkan pun sudah terkirim.

6. Memindahkan Data ke Komputer/PC

The last benefit adalah dapat memindahkan data ke komputer. Hal ini adalah salah satu kegunaan NFC pada hp. Caranya hampir mirip dengan ketika mengirimkannya ke sesama hp. Dengan syarat perangkat yang digunakan sudah memiliki fitur NFC, agar dapat saling berinteraksi. Selain itu, cara kerjanya pun seperti bluetooth yang tidak membutuhkan kabel dalam prosesnya.

Baca juga: Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking Super Praktis

Itu dia, 6 kegunaan NFC pada hp yang wajib diketahui. Kini cukup menggunakan satu hp tentunya bisa sangat mudah dan cepat dong dalam melakukan segala hal. So, jangan lupa mengaktifkan NFC di hp agar memudahkan segala kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Pos terkait