Ingin Menambah NFC di HP? Berikut Cara Ampuhnya!

Ingin Menambah NFC di HP Berikut Cara Ampuhnya!

Near Field Communication (NFC) merupakan teknologi yang dimanfaatkan untuk memudahkan setiap orang dalam bertransaksi melalui pembayaran virtual. Sayangnya, fitur ini hanya didapat pada HP tertentu. Namun, jangan berkecil hati dulu karena artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menambah NFC di HP bagi pengguna yang tidak mendapatkan fitur ini.

Fitur ini meski belum terlalu dikenal masyarakat, tetapi diprediksikan akan menjadi salah satu fitur yang akan sering digunakan dan sangat bermanfaat di zaman sekarang yang sudah serba modern dan cashless. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja disimak penjelasan di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Penambahan NFC di HP Tanpa NFC

Bagi para pengguna yang sebelumnya tidak memiliki fitur ini ada dua jenis penambahan yang harus diketahui. Jenis yang pertama adalah dengan menambahkan piranti lunak atau piranti keras.

Baca juga: 3 Cara Cek Saldo Brizzi Tanpa NFC dengan Mudah

Untuk yang ingin menambahkan piranti lunak pastikan HP yang pengguna miliki memang mampu dipakaikan fitur ini. Hal tersebut perlu diperhatikan agar tidak terjadi permasalahan berarti pada ponsel.

5 Cara Ampuh Menambah NFC pada HP

Ada lima cara yang cukup ampuh untuk dipraktekkan bagi pengguna yang ingin menambah NFC di HP masing-masing. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Memasang Sticker NFC

Sticker ini memang sudah didesain sedemikian rupa supaya dapat melakukan aktivitas NFC. Salah satu contoh dari sticker NFC ini adalah T-Cash. Sticker buatan Telkomsel ini akan aktif digunakan sebagai alat transaksi pada tempat-tempat yang memang sudah bekerjasama dengan Telkomsel.

Selain buatan Telkomsel, Samsung juga membuat sticker NFC yang digadang-gadang dapat membantu aktivitas penggunanya mulai dari mengirim pesan, berselancar di situs web, hingga membuka aplikasi.

2. Memakai Sambungan NFC Eksternal

Cara ini merupakan cara yang paling popular digunakan bagi para pengguna yang ingin menambah NFC di HP. Selain karena kemudahannya yang membuat para pengguna tidak perlu untuk melakukan pembongkaran pada bagian dalam ponsel, pengguna juga dapat melepas pasang sambungan ini sesuai kapan dibutuhkannya.

Baca juga: Simak 7 Aplikasi Merubah Wajah yang Lagi Viral Disini!

Hal yang pengguna butuhkan untuk memakai cara ini adalah hanya dengan menyiapkan HP pengguna dan juga sambungan NFC yang akan digunakan. Namun, dibalik kesederhanaan dan kepraktisannya, pengguna harus rela untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam karena harga dari adaptor ini yang masih tergolong cukup mahal

3. Memasukkan Micro SD NFC

Beberapa penyedia Micro SD (memory card) menawarkan tambahan fitur NFC yang terletak pada chip-nya. Penyedia yang terkenal akan penambahan fiturnya ini adalah seperti Credence, Tyfone, Device Fidelity dan masih banyak lagi. Harganya pun disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh pengguna.

Bagi pengguna yang tertarik untuk memakai cara ini, pengguna hanya perlu untuk memasukkan Micro SD ke dalam slot yang sudah tersedia di HP. Setelah dimasukkan, pengguna dapat ke pengaturan HP dan pilih menu ‘Micro SD’, lalu tinggal mengaktifkan fitur NFC tersebut.

4. Memakai SIM Card NFC

Pemakaian dengan cara ini juga memiliki langkah yang hampir mirip dengan memasukkan memory card. Sayangnya, SIM Card ini masih sangat sulit ditemukan keberadaannya di Indonesia padahal cara ini akan sangat memudahkan bagi para pengguna untuk mendapatkan fitur NFC.

Cara ini sendiri sudah mulai diterapkan di negara tetangga, yaitu Singapura yang berfungsi sebagai alat transaksi untuk menaiki transportasi umum di negara tersebut. Hal ini tentu saja cukup mudah dan efektif dilakukan.

5. Membongkar HP Pengguna

Melakukan pembongkaran pada HP merupakan cara terakhir untuk menambah NFC di HP. Cara ini dengan menambahkan piranti keras berupa reader NFC. Jika pengguna ingin menggunakan cara ini disarankan untuk meminta bantuan professional demi meminimalisir risiko seperti salah penempatan dan sebagainya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Pengecil Ukuran Foto di HP Tanpa Mengubah Kualitas

Demikianlah, pembahasan mengenai cara menambah NFC di HP yang dapat langsung dipraktekkan bagi pengguna yang membutuhkan. Memang NFC masih dapat dikatakan langka di Indonesia, tetapi cepat atau lambat fitur ini akan segera dibutuhkan baik untuk transaksi maupun mengecek saldo kartu e-mo

Pos terkait