Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Playstore Anti Ribet

Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Playstore Anti Ribet

Bagi pengguna gawai yang canggih pasti sudah mengenal dengan aplikasi-aplikasi yang beragam. Kebutuhan akan aplikasi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan seperti mengedit foto, video, mengetik atau hanya untuk hiburan. Dengan aplikasi yang beragam tentunya membuat gawai pengguna kehabisan memori penyimpanan hingga tidak bisa instal aplikasi di Playstore dengan mudah.

Penyebab aplikasi tidak bisa di instal biasanya yang paling sering terjadi adalah memori hp android tidak cukup, kesalahan ketika proses penginstalan aplikasi, sistem yang error hingga aplikasi yang tidak mendukung dengan hp Android pengguna. Berikut beberapa cara mengatasi ketika tidak bisa melakukan penginstalan aplikasi di Playstore.

Bacaan Lainnya

1. Restart Smartphone

Ketika sudah menginstal aplikasi namun tidak bisa, hal yang paling mendasar dilakukan yakni restart smartphone terlebih dahulu. Lalu install aplikasi dari Google playstore yang sebelumnya tidak bisa di instal. Untuk langkahnya, tekan tombol power lalu klik tombol restart dan tunggu sampai sistem memuat ulang. Setelah itu, cobalah instal aplikasi di playstore.

Baca Juga: Simak 5 Rekomendasi Aplikasi Video Slow Motion SmartPhone Paling Populer

2. Cek Memori Internal Smartphone

Setiap aplikasi mempunyai ukuran yang berbeda-beda, terdapat aplikasi yang membutuhkan memori yang cukup banyak ada yang sedikit. Ketika pengguna ingin menginstal suatu aplikasi alangkah baiknya untuk mengecek memori internal smartphone terlebih dahulu. Agar mengetahui berapa sisa ruang kosong untuk bisa menginstal suatu aplikasi.

Untuk mengetahuinya, yaitu dengan cara membuka aplikasi file manager yang nanti akan terlihat berapa rincian memori internal telah digunakan dan yang tersedia untuk aplikasi baru. Agar kapasitas memori internal semakin bertambah, sebaiknya pengguna bisa menghapus data seperti foto, video dan dokumen yang tidak diperlukan.

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Semakin lama aplikasi yang jarang bahkan tidak digunakan akan membuat memori internal menumpuk. Hal inilah yang membuat smartphone pengguna bekerja lebih lambat dan tidak bisa instal aplikasi di playstore yang diinginkan. Untuk itu, hapuslah aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan cara berikut:

Baca Juga: 5 Cara Mematikan Android yang Hang, Dijamin Buat Android Kembali Normal!

  • Tekan “Setelan” lalu masuk ke menu aplikasi.
  • Selanjutnya pengguna bisa memilih aplikasi yang jarang digunakan untuk dihapus.
  • Setelah menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai, silahkan restart smartphone. Lalu install aplikasi di playstore yang pengguna inginkan.

4. Hapus Cache di Setelan Android

Untuk bisa menginstal kembali aplikasi baru, bisa dilakukan terlebih dahulu menghapus cache pada aplikasi yang sudah di install sebelumnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka “Pengaturan” lalu klik “manajemen aplikasi”.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang akan di hapus cache lalu klik “penggunaan memori”.
  • Pilih “hapus cache”. Dengan menghapus cache, maka akan memberikan ruang kosong untuk aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di instal menjadi bisa di install.

5. Perhatikan Kompatibilitas Versi Aplikasi

Kompatibilitas sistem akan berpengaruh dengan fungsi dari aplikasi, apakah aplikasi bisa berjalan dengan baik atau tidak. Misalnya saat menginstall aplikasi baru di Android versi lama tentu tidak bisa atau sebaliknya. Pengguna bisa terlebih dahulu memilih aplikasi yang sesuai dengan versi Android yang dimiliki.

Apabila telah sesuai, maka aplikasi bisa di install. Selain itu, untuk mengurangi bug yang menjadi penyebab tidak bisa instal aplikasi bisa diatasi dengan memperbaharui aplikasi. Tentunya hal ini juga bisa meningkatkan kinerja, fitur dan keamanan smartphone Android.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

Cara di atas tentunya akan mempermudah ketika pengguna tidak bisa instal aplikasi di playstore. Dengan metode yang sederhana memungkinkan smartphone Android pengguna bisa menginstal aplikasi yang dibutuhkan. Pilihlah cara yang paling mudah yang pengguna bisa terapkan untuk menginstall aplikasi Android.

Pos terkait