3 Aplikasi Check Porsi Haji Yang Wajib Diketahui Calon Jemaah

Bagi umat muslim yang mempunyai rezeki lebih, tentu saja menunaikan ibadah haji adalah suatu kenikmatan dan berkah tersendiri. Namun pada kenyataannya, menunaikan ibadah haji tidak semudah itu. Butuh waktu cukup lama dan proses cukup panjang yang harus dilalui oleh calon jemaah haji. Bahkan memerlukan aplikasi check porsi haji untuk bisa mengetahui nomor porsi keberangkatannya.

Ibadah haji merupakan ibadah wajib yang dilakukan sekali seumur hidup. Tak heran jika banyak calon jemaah yang ingin menunaikannya. Tetapi di Indonesia, pemerintah sendiri setiap tahunnya sudah menetapkan berapa kuota atau jumlah calon jemaah yang bisa berangkat. Inilah yang menjadi dasar mengapa perlu untuk memiliki aplikasi check porsi haji seperti berikut.

Bacaan Lainnya

Baca juga: 7 Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera secara Instan

Perlunya Mengecek Nomor Porsi Haji

Sebagai salah satu negara dengan jumlah mayoritas umat muslim terbanyak, membuat pemerintah harus mengatur kuota keberangkatan tiap tahunnya. Hal ini karena besarnya kuota keberangkatan selalu berubah-ubah dan jumlah pendaftar baru bertambah tiap tahunnya. Maka mengecek nomor porsi haji adalah hal yang perlu dilakukan oleh calon jemaah. Nomor porsi haji biasa didapatkan setelah calon jemaah melakukan pembayaran setoran awal di bank.

Calon jemaah memberikan uang sejumlah 25 juta sebagai setoran awal di bank. Lalu, setelah itu calon jemaah akan memperoleh berupa bukti setoran awal BPIH yang di dalamnya terdapat bukti mengenai nomor porsi haji. Tentunya nomor porsi adalah bukti legal bahwa calon jemaah adalah jemaah resmi yang terdaftar di Kementerian Agama.

Ini Cara Pengecekannya

Mengecek nomor porsi haji bisa dilakukan dengan mudah dengan mengunduh beberapa aplikasi di ponsel. Sedangkan dari pemerintah sendiri tepatnya Kementerian Agama juga mempunyai website resmi yang dapat digunakan untuk pengecekan nomor porsi haji. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

1. Melalui Website haji.kemenag.go.id

Melalui Website haji.kemenag.go.id

Ini adalah website resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan calon jemaah mengecek nomor porsinya. Tanpa perlu mengunduh apapun di ponsel, cukup dengan mengakses website haji.kemenag.go.id untuk mendapatkan data yang dicari.

Penggunaannya cukup mudah, dengan membuka laman haji.kemenag.go.id. Lalu selanjutnya pilih opsi “Perkiraan Keberangkatan” dan input 10 nomor porsi yang dimiliki. Nantinya data yang dibutuhkan akan muncul.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Cek Suhu Badan Terbaik, Dijamin Akurat!

2. Melalui Hajipintar

Hajipintar

Hajipintar merupakan aplikasi check porsi haji yang bisa diunduh bagi pengguna ponsel pintar. Aplikasi ini cukup banyak digunakan oleh calon jemaah karena penggunaannya yang mudah. Setelah mengunduh aplikasi Hajipintar, buka lalu pilih dan klik menu “Estimasi Keberangkatan”. Kemudian input 10 digit nomor porsi haji. Nantinya informasi yang dibutuhkan akan tersedia disana

3. Melalui Cek Porsi Haji

Cek Porsi Haji

Sama seperti dengan hajipintar, cek porsi haji juga bisa diunduh di Play Store. Penggunaanya juga sama mudahnya, bahkan dapat digunakan sewaktu-waktu sehingga calon jemaah tidak perlu khawatir jika ingin mengecek keberangkatannya. Berikut cara mudah untuk mengeceknya:

  • Buka aplikasi Cek Porsi Haji yang telah terinstall di ponsel.
  • Ketik nomor porsi haji di kolom yang disediakan aplikasi.
  • Klik “submit”.
  • Nantinya akan muncul hasil sesuai keinginan, yaitu mengenai porsi haji.

Baca Juga: 7 Aplikasi Membuat Curriculum Vitae dengan Mudah

Pilihan aplikasi check porsi haji di atas sudah diakui dan banyak digunakan oleh banyak orang. Mudahnya akses dan penggunaannya membuat calon jemaah banyak memilihnya karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun jika tiba-tiba data informasi yang dicari tidak muncul, maka jangan panik. Mungkin saja situs tersebut sedang melakukan maintenance server atau terjadi server overload. Pengecekan bisa dilakukan kembali nanti atau esok harinya

Pos terkait