7 Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera secara Instan

Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera secara Instan

Hampir semua soal fisika menggunakan rumus tertentu dalam penyelesaiannya. Saking banyaknya rumus kadang membuat bingung, rumus mana yang harus dipakai. Dengan adanya kemajuan teknologi soal fisika yang sulit dapat terselesaikan dengan beberapa aplikasi yang mudah penggunaannya. Salah satunya ialah aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera.

Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan. Pengguna cukup memfoto soal menggunakan kamera handphone, lalu mengirimkannya ke aplikasi. Selang beberapa detik jawaban pun akan muncul. Ingin tahu apa saja aplikasinya? Simak ulasan berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. QandA

Aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera ini termasuk aplikasi yang populer di bidang pendidikan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Mathpresso ini dapat mencari jawaban hanya dalam waktu 5 detik melalui foto soal yang diambil. Jawaban yang akan diperoleh pengguna nantinya adalah jawaban yang rinci.

Baca juga: 5 Aplikasi Mengganti Wajah Di Video Terbaik

Aplikasi ini juga menawarkan fitur Q&A dengan guru. Dalam fitur ini pengguna mendapatkan pembahasan lebih rinci dari guru, sehingga jawaban yang diberikan akan benar-benar mudah dimengerti.

2. Tanya Jawab Soal

Aplikasi ini dirancang seolah-olah sebagai guru privat. Jika ingin bertanya tentang soal tertentu, cukup foto soal, kirim, dan tunggu jawaban dari guru. Sasaran dari aplikasi ini adalah siswa SD hingga SMA, guru mata pelajaran tertentu, bahkan orang tua. Aplikasi yang ditawarkan oleh PT. Sinotif Indonesia ini memberikan fasilitas berupa Tanya Soal, Video Belajar, dan Latihan Soal.

3. RoboGuru

Robot pintar dari Ruangguru ini akan memberikan solusi dari soal maupun PR sulit yang pengguna kirimkan. Soal yang ingin ditanyakan cukup difoto lalu kirimkan ke aplikasi kemudian RoboGuru akan memberikan jawabannya. Konsep dari soal dan penjelasannya juga diberikan dalam bentuk video.

Selain mengirimkan jawaban melalui aplikasi, RoboGuru juga menerima unggahan soal melalui web. Aplikasi gratis ini tersedia untuk semua kalangan mulai dari SD, SMA, hingga jenjang SBMPTN maupun kedinasan.

Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah 

4. CoLearn

Aplikasi selanjutnya adalah CoLearn, dimana pengguna dapat mengirimkan foto soal melalui kamera. Saat ini, soal yang dikirimkan tak hanya melalui foto dari kamera langsung, tetapi dapat melalui foto dari galeri handphone. Aplikasi ini telah mengembangkan fitur Tanya melalui whatsapp, sehingga akan lebih memudahkan pengguna.

Setelah soal dikirimkan, aplikasi akan mencari solusinya. Solusi yang diberikan dalam bentuk video. Selain itu, juga tersedia kelas langsung dengan tutor hingga latihan soal mandiri. Cukup memudahkan dalam belajar, bukan?

5. Brainly

Selain aplikasi di atas, aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera secara instan adalah Brainly. Pengguna dapat menanyakan soal dengan mengunggah foto ke aplikasi. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk web.

Berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, Brainly merupakan komunitas yang berisi pelajar dari SD hingga kuliah, tanpa adanya tutor atau guru. Dengan begitu, penanya dan pemberi jawaban hanya dibedakan levelnya saja.

6. Socratic

Aplikasi ini ditawarkan oleh Google LLC. Soal yang ingin ditanyakan cukup difoto dengan kamera. Nantinya, aplikasi akan memberikan solusinya dengan video jawaban yang berisi langkah demi langkah. Keunggulan dari aplikasi ini adalah memberikan berbagai solusi untuk satu soal saja. Akan tetapi, aplikasi ini belum didukung dengan Bahasa Indonesia, sehingga agak menyulitkan para pengguna.

Baca juga: 7 Aplikasi Translate Bahasa Bugis ke Indonesia, Gratis dan Lengkap!

7. PhotoStudy

Aplikasi ini diluncurkan oleh Got It, Inc. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga menggunakan foto dari kamera handphone. Fitur lain yang ditawarkan adalah berkirim pesan dengan guru mata pelajaran maupun guru bot. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak didukung dengan bahasa Indonesia.

Itulah beberapa aplikasi penjawab soal fisika dengan kamera. Pengguna dari kalangan pelajar maupun orang tua akan terbantu dalam mengatasi soal yang sulit. Jadi, segera gunakan kemudahan ini dengan mengunduh aplikasinya.

Pos terkait