5 Aplikasi Mencari NISN Siswa yang Praktis dan Akurat

NISN merupakan nomor identitas berupa kode unik yang dimiliki oleh seluruh siswa di Indonesia. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi siswa pada sekolah-sekolah di Indonesia baik secara offline maupun online. NISN dapat dilihat dengan melihat nomor yang tercantum pada kartu atau dapat diperoleh melalui aplikasi mencari NISN siswa.

NISN akan dibutuhkan dalam setiap pendaftaran sekolah maupun perguruan tinggi. Namun, kartu NISN yang diberikan saat menjadi siswa pertama kali sering kali hilang dan tentunya akan sangat merepotkan apabila akan dibutuhkan di saat-saat tertentu. Kini, telah hadir berbagai aplikasi untuk mencari NISN sehingga dapat membantu menemukan nomor induk siswa secara akurat dan cepat dengan aplikasi-aplikasi berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. Kemendikbud

Kemendikbud merupakan lembaga yang mengelola NISN siswa, sehingga tentu saja NISN dapat ditemukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Aplikasi mencari NISN siswa yang terpercaya dan akurat satu ini bisa dibuka tidak perlu mengunduh aplikasi di PlayStore, karena aplikasi ini dapat diakses melalui web Kemendikbud.

Baca Juga: Siap Lolos CPNS dengan Persiapkan Materi TKB CPNS dengan Matang untuk 5 Kementrian Ini!

Untuk membuka aplikasi Kemendikbud, pengguna harus mengakses website NISN Kemendikbud. Kemudian akan muncul kolom identitas, seperti nama siswa, tempat dan tanggal lahir siswa, serta nama orangtua siswa. Isi kolom tersebut dengan data yang diminta. Setelah mencentang tab ‘Saya bukan robot’, pengguna dapat mengklik tombol pencarian data dan NISN yang dicari akan segera muncul.

2. Aplikasi Cek NISN Siswa Yang Akurat

Aplikasi ini bukan merupakan aplikasi garapan Kemendikbud, namun tetap bisa digunakan untuk mencari NISN siswa. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di PlayStore dan memiliki jumlah besar aplikasi sebesar 7,2 MB. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu bingung apabila kehilangan NISN karena pengguna dapat dengan cepat menemukan NISN siswa yang dicari.

3. Cetak Kartu NISN

Cetak Kartu NISN merupakan aplikasi yang dapat membaca NISN walaupun kartu yang dimiliki rusak. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Pengguna cukup memindai barcode yang terdapat pada kartu NISN dan aplikasi ini akan segera menampilkan data NISN yang sesuai dengan kartu. Pengguna juga dapat mencetak kartu NISN dari yang aplikasi ini tampilkan menggunakan printer.

4. Dapodik All in One

Dapodik All in One merupakan aplikasi yang menyimpan berbagai data pokok pendidikan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang digarap oleh Kemendikbud yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika, baik siswa maupun guru. Selain dapat mencari NISN siswa, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi data pendidikan lainnya, seperti profil sekolah, pelaporan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan lain-lain.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Cara mencari NISN menggunakan aplikasi Dapodik All in One sangat mudah. Sebelumnya, pengguna harus mengunduh aplikasi secara gratis. Kemudian, pengguna dapat memilih menu ‘NISN’ dan memasukan data-data yang diminta. NISN siswa yang dicari akan segera ditampilkan oleh sistem.

5. Cek NISN New

Aplikasi Cek NISN New dapat membantu pengguna mencari NISN siswa dengan cepat dan akurat. Pengguna harus mengunduh aplikasi Cek NISN New di PlayStore secara gratis. Aplikasi ini pun hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang relatif kecil, yaitu sekitar 2,9 MB.

Cara mengakses aplikasi ini untuk mencari NISN siswa juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan nama panjang siswa dan aplikasi akan menampilkan NISN siswa yang dicari.

Berbagai macam aplikasi mencari NISN siswa telah membantu banyak siswa dalam kebutuhan yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan hadirnya berbagai teknologi-teknologi terbaru, siswa dan guru tak perlu khawatir dengan masalah NISN yang hilang. Proses administrasi pendidikan pun akan berjalan dengan semakin mudah.

Baca Juga: Aplikasi Cek Bansos Kemensos

 

Pos terkait