7 Kelebihan Aplikasi Edit Foto Lightroom, Wajib di Coba!

7 Kelebihan Aplikasi Edit Foto Lightroom, Wajib di Coba!

Bagi penggemar fotografi, mengedit foto dengan menggunakan aplikasi adalah hal biasa. Namun sekarang mengedit foto dapat dilakukan di ponsel pintar atau tablet dengan mengunduh beberapa aplikasi yang disediakan dari Google Play Store. Ada sekian banyak aplikasi yang disediakan namun ada satu aplikasi yang cukup sering diunduh yaitu Adobe Lightroom. Aplikasi edit foto lightroom menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk mengedit foto.

Lightroom sendiri pada awalnya tidak banyak diketahui dan digunakan oleh banyak orang. Penggunaannya yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi menjadi alasan mengapa dulu aplikasi ini jarang digunakan. Namun dewasa ini sudah cukup banyak orang yang mulai menggunakannya karena Lightroom dapat membantu untuk mengorganisir dan mengedit foto dalam jumlah banyak . Berikut adalah beberapa kelebihan dari Lightroom:

Bacaan Lainnya

1. Mendukung Format RAW

shooting vs raw dictio-id
sumber: dictio.id

Bagi fotografer pengambilan foto dengan format RAW sangat disarankan. Pasalnya format RAW menangkap foto yang dihasilkan dari sensor kamera. Namun beberapa aplikasi lain tidak mendukung format RAW, sehingga harus mengedit foto melalui PC. Sedangkan dengan aplikasi edit foto Lightroom, fotografer bisa mengedit foto hanya dengan menyentuhkan jari di atas layar ponsel.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Paling Rekomendasi

2. Menyediakan Fitur Edit yang Lengkap

Adobe Lightroom Menyediakan Fitur Yang Lengkap

Bisa dibilang, Lightroom mempunyai fitur yang lengkap untuk mengedit. Mulai dari edit standar, pengaturan cahaya, kontras, highlight, dan lainnya dengan preset yang tersedia. Ada beberapa pilihan preset yang dapat digunakan untuk mengedit secara gratis. Namun sayangnya terdapat beberapa fitur preset harus upgrade ke berbayar.

3. Mengakses Cepat ke File Foto

Banyak fotografer yang mengeluhkan lamanya membuka file foto secara bersamaan dalam satu aplikasi. Tetapi Lightroom mempunyai kelebihan sendiri dalam menghubungkan dan membuka file foto. Jadi, cukup memudahkan fotografer dalam membuka dan mencari foto yang dicari dengan hitungan detik.

4. Membuat dan Menyimpan Preset

Ada kalanya saat mengedit foto, fotografer menemukan preset yang sesuai dan cocok. Lightroom dengan kelebihannya mampu menyimpan hasil preset yang sudah dibuat. Nantinya, kedepannya saat ingin menggunakan preset yang sama, bisa dengan membuka preset yang sudah disimpan.Pengguna tidak perlu mengedit kembali.

Baca Juga: 10 Kumpulan Aplikasi Edit Video Paling Keren

5. Aplikasi Edit Foto Lightroom Memiliki Fitur Web Sharing

Dengan fitur ini, pengguna dapat memudahkan untuk membagikan dan mengundang orang lain melihat hasil edit foto yang sudah dilakukan. Walaupun orang lain dapat melihat hasil fotonya, fotografer tetap bisa melakukan perubahan dan akan otomatis tersimpan dengan aman. Sayangnya fitur ini termasuk berbayar dan harus menjadi member.

6. Mempunyai Fitur Undo dan History

Dalam mengedit foto tidak jarang terjadi adanya kesalahan dalam proses edit. Aplikasi Adobe Lightroom dapat menyimpan semua history yang sebelumnya sudah dilakukan. Dengan begitu, cukup dengan menekan undo, maka dapat kembali ke langkah yang diinginkan. Hal ini tentunya tanpa mengubah foto aslinya.

7. Memiliki Fitur Sinkronisasi Cloud

Fitur ini menjadi salah satu keunggulan yang tidak dapat ditemukan di aplikasi lain. Foto yang disimpan dan diedit melalui cloud dapat diakses melalui perangkat lain. Misalnya mengedit di PC, lalu memindahkan melalui ponsel atau tablet dan mengunggahnya ke sosial media. Ini dapat dengan mudah dilakukan karena fitur berfungsi untuk menyimpan dan mencadangkan semua hasil edit secara otomatis.

Baca Juga: 5 Cara Upload Foto Di Instagram PC Tanpa Ribet

Beberapa kelebihan di atas bisa dijadikan pertimbangan dalam menggunakan aplikasi edit foto Lightroom. Meskipun terdapat beberapa fitur yang harus digunakan dengan berbayar, namun tidak mengurangi kegunaan dan kualitas dari Lightroom itu sendiri. Jika ingin mencobanya, cukup dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store.

 

Pos terkait