Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Beruban

Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Beruban

Selingkaran.Com – Tumbuhnya uban pada rambut merupakan suatu hal yang lumrah yang akan dialami semua orang terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut yaitu memasuki usia 40 tahun keatas, namun karena disebabkan oleh bebrapa faktor tertentu ada pula yang mengalami rambut beruban meskipun usianya cenderung masih muda, jika hal ini terjadi tentu akan menjadikan suatu masalah pada diri anda, apalagi jika anda termasuk kedalam orang-orang yang sangat mengutamakan penampilan.

Tumbuhnya rambut uban pada orang yang sudah berusia lanjut bisa menjadi penanda sebagai salah satu proses penuaan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut uban tumbuh menjadi lebih cepat diantaranya yaitu setres, tekanan-tekanan yang sering membuat anda stres berlebihan akan mengganggu dan menyebabkan berkurangnya produksi melanin yaitu pigmen alami pewarna rambut, melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, jika produksi melanin tidak mencukupi kebutuhan maka rambut akan berubah menjadi putih, faktor lain yaitu gizi yang tidak seimbang atau gizi buruk dan yang tidak boleh kita lupakan yaitu faktor keturunan, jika orang tua anda mewarisi gen dengan riwayat rambut beruban diusia muda, besar kemungkinan anda juga akan mengalami hal yang sama dengan orang tua anda.

Namun anda tidak perlu khawatir, jika anda ingin selalu tampil sempurna dengan rambut hitam berkilau seperti yang anda inginkan, berikut ini akan kami sampaikan cara untuk mencegah juga mengatasi rambut beruban, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Istirahat Yang Cukup

Posisi Tidur Bayi - Selingkaran

Istirahat yang cukup sangat baik untuk menghindarkan diri anda dari keadaan stres, usahakan agar waktu kerja dan waktu istirahat anda selalu seimbang, juga maksimalkan kualitas tidur anda 8 jam sehari, agar sel-sel dalam tubuh dapat beregenerasi dengan baik sehingga dapat terhindar dari proses penuaan dini.

Perbaiki Asupan Gizi

Makanan Karbohidrat

Seseorang yang mengalami gizi buruk umumnya akan tampak lesu dengan kondisi rambut yang kusut, kemerah-merahan, tidak sehat, maka dari itu sangat penting untuk memenuhi asupan gizi yang seimbang, jika asupan gizinya baik dan terpenuhi maka proses produksi melanin akan bekerja dengan maksimal.

Tidak Mewarnai Rambut

cara-menyuburkan-rambut

Pewarna rambut instan banyak mengandung bahan-bahan kimia, jika terlalu sering digunakan akan berdampak pada kerusakan pigmen warna asli rambut sehingga memberikan dampak negatif pada kesehatan rambut, kebiasaan mewarnai rambut juga bisa menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Baca : Tips Menghitamkan dan Menyuburkan Rambut Secara Alami


Cara Menghitamkan Dan Mengatasi Rambut Beruban

Nah jika anda sudah memiliki masalah dengan rambut beruban dan menginginkan rambut anda hitam kembali, berikut ini akan kami sampaikan cara menghitamkan rambut beruban menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan juga lebih aman digunakan.

Menggunakan Minyak Cem-Ceman

Minyak Cem-Ceman

Minyak cem-ceman biasa digunakan oleh orang tua kita pada zaman dahulu untuk merawat rambut termasuk dalam mengatasi rambut beruban, minyak ini terbuat dari minyak kelapa murni yang dicampur dengan minyak urang-aring, gunakan secara rutin setiap hari maka rambut akan hitam berkilau seperti , jika anda tidak mau repot membuat cem-ceman sendiri anda bisa mendapatkanya ditoko kosmetik terdekat.

Menggunakan Air Kelapa

Air Kelapa

Tidak hanya minyaknya, air kelapa murni juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut beruban, disarankan untuk menggunakan kelapa hijau ya, caranya cukup gunakan air kelapa untuk keramas, lakukan secra rutin minimal 2 kali dalam seminggu dan lihat hasilnya.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Sudah tidak diragukan lagi khasiat minyak zaaitun untuk membuat rambut anda hitam berkilau, untuk mendapatkan manfaatnya cukup oleskan minyak zaitun pada rambut secara merata dan menyeluruh diamkan beberapa jam kemudian bilas hingga bersih, lakukan secara rutin supaya hasilnya lebih optimal. Baca : Segudang Manfaat Minyak Zaitun

Menggunakan Biji Pepaya

Biji Pepaya

Jika selama ini anda selalu membuang bijinya saat makan pepaya, mulai sekarang anda harus berpikir dua kali jika ingin membuangnya, karena biji pepaya bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut beruban karena dipercaya mampu mengurangi efek negatif sinar matahari pada rambut kita, caranya siapkan 1 mangkuk biji pepaya lalu sangrai hingga kering, setelah itu ditumbuk dan ayak hingga diperoleh serbuk halusnya, campurkan dengan minyak kelapa murni aduk rata lalu oleskan secara merata pada rambut, bungkus rambut dan biarkan semalam, bilas pada keesokan paginya menggunakan sampo hingga bersih, lakukan secara rutin.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook