Cara Mengatasi Mata Lelah Secara Alami dan Mudah

Cara Mengatasi Mata Lelah Secara Alami dan Mudah

Selingkaran.Com – Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh yang sangat penting dan harus kita jaga, sama seperti organ tubuh yang lainya mata juga bisa merasakan lelah dan menjadi sakit yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti terlalu lelah bekerja, kurang istirahat tidur, gaya hidup yang tidak sehat, juga polusi debu, dan terlalu lama bekerja menggunakan komputer.

Kehidupan yang semakin modren menuntut kita untuk bekerja menggunakan komputer, tanpa kita sadari dengan terlalu lama kita menatap layar elektronik seperti komputer bisa menjadi penyebab mata menjadi lelah karena mata terlalu tegang, jika hal ini dilakukan secara terus menerus bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan mata yang lebih serius, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengistirahatkan atau meluangkan waktu untuk perawatana kesehatan mata kita.

Mata yang lelah biasanya akan tampak tidak segar, kelopak mata menebal dan terlihat berkantung, terlihat lingkaran hitam disekeliling mata, bagi penderitanya mata akan terasa menjadi lebih sensitif jika terkena cahaya, terasa pedih dan gatal, mata menjadi berair dan terasa berat, penghilatan menjadi kabur, jika sudah begini biasanya akan dikucek-kucek sehingga menyebabkan iritasi dan menjadi sakit mata. Oleh sebab itu mata yang terasa lelah harus segera diatasi, karena akan mengganggu kegiatan anda sehari hari, untuk mengatasinya anda bisa mencoba melakukan perawatan sendiri dirumah tentunya menggunakan bahan-bahan alami yang murah dan juga aman, bagaimana caranya? simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi Mata Lelah Secara Alami

Kompres Dengan Teh

kantung-teh-untuk-mata

Jangan langsung dibuang setelah anda menyeduh teh karena kantong teh yang sudah habis terpakai bermanfaat untuk mengatasi mata lelah dan mengempiskan mata yang bengkak, disarankan untuk menggunakan teh hijau karena kandunganya yang masih asli, caranya masukan kantong teh habis pakai kedalam lemari es, biarakan beberapa saat, jika sudah terasa dingin kompreskan pada mata hingga mata terasa segar kembali.

Kompres Dengan Timun

Mentimun - Selingkaran

Mentimun

Buah timun mengandung asam askorbat juga vitamin C yang dapat mencegah resistensi air dalam tubuh serta dikenal kemampuanya dalam meredakan kulit yang meradang , sifat mentimun yang mendinginkan juga ampuh dalam mengatasi mata lelah, caranya sebelum digunakan masukan timun dalam kulkas selama 5 menit karena menurut para ahli mentimun menjadi lebih maksimal khasiatnya ketika dalam kondisi dingin, iris buah timun yang dingin lalu tempelkan pada mata hingga mata terasa segar kembali. Baca : Manfaat Timun untuk Kesehatan

Kompres Dengan Air Mawar

Air Mawar

Air mawar dikenal kebaikanya untuk kecantikan kulit maka tidak heran jika ekstrak / esensial mawar sering dijadikan bahan untuk berbagai macam produk kecantikan, tidak hanya itu air mawar juga ternyata baik untuk mengatasi mata lelah, kering juga teriritasi, untuk memanfaatkan air mawar anda bisa mendapatkanya ekstraknya di toko-toko kosmetik terdekat, atau jika ingin yang alami bisa dibuat dengan cara menyeduh 20 helai kelopak mawar dengan 1 gelas air mendidih lalu tutup dan biarkan hingga dingin, celupkan kapas dalam air mawar lalu kompreskan pada mata selama 20 menit.

Kompres Dengan Susu

Susu

Susu

Susu mengandung asam amino, asam laktat, vitamin A, D juga protein sehingga baik untuk mengatasi mata yang lelah, caranya siapakan 1 cangkir susu cair tambahkan sedikit es batu, celupkan handuk kecil atau sapu tangan lalu kompreskan pada mata hingga mata terasa lebih baik. Baca : Sejuta Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Demikian tadi beberapa cara dan bahan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi mata yang lelah, sebaiknya jangan menunggu mata terasa lelah, lakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan diatas seminggu sekali akan lebih baik untuk mencegah kelelahan pada mata. semoga bermanfaat.

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook