Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Selingkaran.Com – Bau mulut tak sedap merupakan suatu indikasi masalah yang terjadi pada bagian mulut anda, kenapa demikian? bau mulut biasanya ditandai adanya gigi gigi yang berlubang atau kurang sehatnya gigi karena kurang anda rawat atau anda bersihkan, dalam hal ini anda dianjurkan untuk selalu merawat kebersihan mulut anda, jika anda terus terusan memiliki bau mulut maka ini akan mengganggu anda dalam komunikasi dengan orang lain dengan jarak dekat, tentunya orang yang sedang berbincang langsung dengan anda akan merasa terganggu dan tidak betah.

Segeralah ammbil tindakan untuk mengatasi Bau Mulut yang anda derita saat ini, jikalau bau mulut anda disebabkan karena banyak gigi yang busuk dan berlubang , disarankan untuk pergi kedokter gigi terdekat untuk memeriksakannya, jika perlu dicabut gigi yang berlubang sehingga tidak ada lagi bau yang terdapat pada rongga mulut anda. Tetapi jikalau tidak dan anda merasa sudah membersihkannya secara maksimal setiap hari dan masih saja tetap masih bau, ketahui penyebabnya terlebih dahulu agar anda mudah dalam menanganinya.

Menurut sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Mulut  : Mulut adalah suatu rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air pada hewan. Mulut biasanya terletak di kepala dan umumnya merupakan bagian awal dari sistem pencernaan lengkap yang berakhir di anus. Mulut terdiri dari gigi dan lidah.

cara-mengatasi-bau-mulut

Bagian-bagian yang terdapat dalam mulut:

Gigi (dens) Gigi fungsinya untuk menggigit, mengunyah, mencabik. Gigi terdiri dari gigi seri, taring, susu dan geraham.

Lidah (lingua) adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Berfungsi untuk:

  • sebagai indera pengecap/perasa
  • mengaduk makanan di dalam rongga mulut
  • membantu proses penelanan
  • membantu membersihkan mulut
  • membantu bersuara/berbicara
  • Ludah (saliva) dihasilkan oleh kelenjar ludah
  • Di dalam lidah terdapat enzim amilase yaitu enzim yang mengubah zat tepung menjadi zat gula

Beberapa faktor yang mungkin sebagai penyebab terjadinya bau mulut yang tak wajar

Makanan / Bumbu Masakan

Makanan yang anda konsumsi sehari hari juga bisa menjadi penyebab bau pada mulut anda, jika anda terlalu banyak menggunakan bumbu penyedap mungkin ini salah satu penyebabnya

Masalah Gigi Berlubang dan Gusi

Jika anda memiliki masalah pada gigi yang berlubang dan gusi yang bernanah, mungkin salah satu penyebabnya adalah masalah ini, sehingga anda harus segera memeriksakan kedokter.

Asam Lambung Meningkat

Asam lambung meningkat juga bisa mempengaruhi bau mulut, jika sedang meningkat.. cobarasakan lidah anda pasti akan berasa asam.

Gula Darah (diabetes)

Jika anda adalah seorang yang divonis memiliki gula darah atau Diabetes , jika gula darah tidak terkontrol maka akan menimbulkan bau yang khas pada penderita penyakit ini

Jarang Dibersihkan

Nah ini biasanya diderita oleh orang yang malas malasan untuk membersihkan mulutnya dari kotoram gimana tidak mau bau jika mulut saja tidak dibersihkan, jadi jangan salahkan rekan sekantor atau teman yang menjauhi anda ya karena mulut anda yang bau..

Beberapa penyebab diatas tetu saja hanya segelintir masalah yang sering dialami bagi penderita masalah ini, dan untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan , yaitu :

Rajin Rajin Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut sudah menjadi kewajiban kita hidup didunia ini loh, kenapa? karena jika mulut kita bersih dan baunya wangi , minimal tidak berbau, kita akan mudah berkomunikasi dengan orang sekitar, tidak susah kok menjaga kebersihan mulut, anda cukup menggosok gigi 2x sehari, bersihkan karang-karang yang menempel pada gigi, dan juga bersihkan lidah anda menggunakan cairan kusus agar menjaga nafas tetap segar.

Jauhi Tembakau (Rokok)

Jika anda perokok sebenarnya tidak masalah tetapi diimbangi dengan selalu rajin membersihkan gigi anda ya, sebenarnya asap dari rokok sendiri lah yang mempengaruhi bau mulut anda, jika anda akan mengadakan rapat atau pertemuan dengan seseorang sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu mulut anda ya.

Gunakan Apel Hijau untuk menghilangkan Bau Mulut

Mengunyah apel hijau dipercaya akan menghilangkan bau mulut anda dengan sekejap, karena zat penetral asap pada apel akan bekerja di mulut anda, dengan tekstur apel yang kesat jika anda mengunyahnya juga akan membersihkan kotoran kotoran yang ada pada gigi

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Jika anda suka makan makanan berlemak dan berminyak sebaiknya ganti dengan makanan seperti buah buahan, ini akan membantu anda dalam mengatasi bau pada mulut, selain itu anda akan mendapatkan efek baik yang lain dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Sering Meminum Air Putih

Sering sering meminum air putih juga dapat mengurangi bau pada mulut anda, kenapa ? ketika anda meminum air putih maka semua kotoran, asam pada mulut akan tertelan dan masuk kedalam tubuh, sebaiknya sembari meminum air putih anda kumur kumur dahulu air putih tersebut.

Kumur Kumur dengan Cairan Anti Kuman
Banyak produk yang menawarkan cairan khusus untuk kumur kumur, ini juga efektif untuk menghilangkan bau pada mulut anda, selain itu juga untuk membersihkan karang-karang pada gigi anda, ingat cairan ini tidak untuk ditelan tetapi hanya untuk dikumur-kumur saja ya..

Dalam beberapa kasus banyak yang mengeluhkan bau mulut nya susah dihilangkan, tetapi sebenarnya penyebab bau mulut sendiri adalah banyak, tidak hanya seperti yang disebutkan diatas, bisa saja anda menderita suatu penyakit yang tidak pernah anda ketahui, oleh sebab itu anda lebih baik berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apa masalah sebenarnya, oke…

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook