Waduh! Makanan yang Sering Kita Konsumsi Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Kanker
Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Waduh! Makanan yang Sering Kita Konsumsi Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Kanker

Selingkaran.com – Setiap manusia pastinya sangat membutuhkan asupan gizi untuk dapat terus hidup, gizi ini banyak terdapat dan mutlak adanya di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-harinya. Namun dari semua jenis makanan yang kita konsumsi, belum tentu semuanya menyehatkan tubuh ya netizen, ya walaupun mungkin kandungan gizinya banyak namun jika cara mengolah dan mengkonsumsinya secara tidak benar dan berlebihan kemungkinan akan mengakibatkan timbulnya penyakit didalam tubuh kita.

Termasuk salah satunya adalah dapat menimbulkan penyakit kanker. Kanker sendiri adalah penyakit yang sangat ditakuti sebagian besar umat manusia, karena penyakit ini tergolong mematikan. Lalu apa hubungannya dengan makanan?

Karena kita setiap harinya berinteraksi dengan yang namanya makanan, pastilah makanan juga memiliki peranan penting dalam meningkatnya resiko kanker yang ada didalam tubuh kita. Ingin tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan resiko kanker? yuk disimak.

  • Konsumsi Daging Olahan

    Daging olahan seperti sosis, hot dog, ham memang begitu nikmat ketika menempel di lidah kita, namun makanan-makanan tersebut tentulah banyak mengandung bahan pengawt kimia yang membantu daging terlihat lebih segar. Nah, pengawet ini lah dapat memicu timbulnya kanker didalam tubuh. Zat natrium nitrat dan natrium nitrit dalam daging olahan dapat meningkatkan penyakit kanker usus besar.

  • Minuman Bersoda

    Minuman soda kaleng pastinya banyak sekali mengandung pemanis buatan, juga bahan kimia makanan ditambah lagi zat pewarna, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

  • Popcorn

    Siapa sangka makanan yang umumnya kita temui saat kita ingin menonton film di bioskop ini dapat memicu kanker, namun pada faktanya zat kimia yang digunakan untuk mengembangkan popcord dapat penyebabkan kerusakan paru-paru loh.

  • Makanan Diet Kemasan

    Makanan diet berbentuk kemasan banyak menganduk sukralosa, akasin serta pemanis buatan yang erat kaitannya dengan penyebab kanker.

  • Gula Diet

    Gula diet dapat mengakibatkan lonjakan kadar insulin.

  • Daging Merah

    Konsumsi daging merah dapat memicu perkembangan kanker kolorektal atau usus besar.

  • Buah Kotor Yang Belum Dicuci

    Buah-buahan yang tidak dicuci, dapat terkontaminasi oleh pestisida penyebab kanker.

  • Saus Tomat Kalengan

    Saus tomat kalengan mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai bisphenol-A, atau BPA. Bahan kimia ini sangat beracun bagi tubuh manusia dan akan mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Salmon Yang Dikembangkan Secara Massal

    Lebih dari 60 persen dari salmon yang dikonsumsi di Amerika Serikat, dikembangbiakkan di sebuah peternakan khusus. Ikan ini diberi makanan yang penuh dengan bahan kimia, antibiotik, pestisida, dan zat karsinogen.

  • Keripik Kentang

    Keripik kentang mengandung akrilamida, yaitu zat karsinogenik yang akan diaktifkan bila makanan dipanaskan sampai suhu tinggi melalui proses memanggang atau menggoreng.

  • Minyak Terhidrogenasi

    Minyak seperti ini telah rusak membran selnya, dan mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh.

  • Makanan Yang Diasinkan, Diasap, atau Acar Sintetis

    Penggunaan nitrat atau nitrit dapat memicu kanker tertentu dalam tubuh.

  • Pemanis Buatan

    Aspartam, zat kimia dalam pemanis, dapat menyebabkan kejang pada beberapa orang. Bahan kimia ini bila dipecah dalam tubuh menjadi racun mematikan penyebab tumor.

  • Tepung

    Karbohidrat olahan terkait dengan peningkatan risiko 220 persen kanker payudara pada perempuan

  • Kentang Goreng

    French fries, seperti keripik kentang, memiliki tingkat akrilamida, yaitu zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi, ketika dipanggang atau digoreng. Studi menunjukkan bahwa bahan ini akan meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

Tapi, bagi anda yang ingin mengkonsumsi makanan-makanan diatas, tetap diperbolehkan, hanya saja dalam porsi yang sewajarnya, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan apalagi dijadikan sebagai makanan utama sehari-hari, karena dampaknya akan kurang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Imbangi juga dengan pola hidup sehat seperti olahraga ya, agar peredaran darah tubuh di kita tetap lancar.

Baca juga :

Jangan Abaikan 6 Gejala Kanker Ini!

Hati-hati, Makanan Cepat Saji Berpotensi Timbulkan Kanker

Ini Dia Gejala Kanker Paru yang Perlu Anda Ketahui

Waspadai Tahi Lalat yang Berpotensi Menjadi Kanker Kulit

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Ini Kondisi Paru-paru Bagi yang suka Merokok

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook