Yuk Ketahui Sejak Dini 5 Gejala Kanker Usus
Ilustrasi Kanker Usus

Yuk Ketahui Sejak Dini 5 Gejala Kanker Usus

Selingkaran.com – Jika mendengar soal penyakit Kanker, pasti banyak orang yang ngeri dan tidak ingin hal ini terjadi pada dirinya. Ya, pasalnya kanker merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang memiliki resiku kematian yang tinggi. Namun keberadaan penyakit ini sulit untuk terdeteksi pada stadium awal, dan mulai terasa jika kanker sudah sampai stadium yang cukup tinggi.

Baca : Jangan Abaikan 6 Gejala Kanker Ini!

Penyakit kanker yang juga patut diwaspadai adalah kanker usus besar. Seperti yang dilansir indiatimes.com, ada beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh seseorang yang tengah beresiko menderita kanker usus besar. Ingin tau selengkapnya? yuk disimak.

  • Anemia

    Anemia adalah dimana kondisi tubuh kekurangan darah sehingga mengakibatkan tubuh terasa lemas dan tak bertenaga. Menurut beberapa study seorang yang menderita kanker usus besar biasanya saat buang air besar akan disertai dengan adanya darah, hal ini lah yang menjadikan penderita rentan terhadap anemia.

  • Darah Dalam Feses

    Untuk hal yang satu ini, seseorang dapat mendeteksinya secara langsung. Jika saat buang air besar terdapa darah dalam feses, maka patut diwaspadai kondisi kesehatan organ didalam tubuh Anda. Karena ini merupakan kondisi yang tidak normal, selain itu kanker usus juga ditandai dengan tekstur feses yang lebih cair dari biasanya (kondisi normal).

  • Berat Badan Turun Drastis

    Bobot tubuh yang turun secara drastis juga bisa dikaitkan dengan adanya hal yang tidak normal didalam tubuh Anda, apalagi jika anda tidak sedang melakukan diet ketat. Hal ini disebabkan karena nafsu makan berkurang dan sering mengalami gejala anemia.

  • Mudah Lelah

    Saat tubuh terasa mudah sekali lelah, maka sebaiknya anda mewaspadai hal ini. Karena, biasanya para penderita kanker akan merasakan mudah sekali kelelahan, dan ini erat kaitannya dengan terjadinya anemia yang dialami.

  • Mual Dan Rasa Tidak Nyaman di Perut

    Rasa mual serta nyeri membuat kondisi perut tidak nyaman juga merupakan indikasi gejala kanker usus besar, apalagi jika terjadinya secara terus menerus. Hal ini disebabkan adanya infeksi yang terjadi pada usus yang akan membuat perut terasa tidak nyaman.

Bagaimana netizen? mulai sekarang sebaiknya kita selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh kita ya. Karena sehat itu adalah pilihan, perhatikan makanan yang kita konsumsi, karena faktor terbesar kanker bisa terjadi adalah dari makanan-makanan yang kurang sehat.

Oya, jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan rutin berolahraga agar lemak dan zat-zat jahat didalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal. Salam sehat selalu.

Baca juga :

Waduh! Makanan yang Sering Kita Konsumsi Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Kanker

Hati-hati, Makanan Cepat Saji Berpotensi Timbulkan Kanker

Ini Dia Gejala Kanker Paru yang Perlu Anda Ketahui

Waspadai Tahi Lalat yang Berpotensi Menjadi Kanker Kulit

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Ini Kondisi Paru-paru Bagi yang suka Merokok

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook