Pahami 5 Perbedaan Tabungan dan Deposito Sebelum Menyimpan Uang

Pahami 5 Perbedaan Tabungan dan Deposito Sebelum Menyimpan Uang

Salah satu cara yang bisa diterapkan dalam menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil yaitu dengan menabung. Cara ini dapat dilakukan di rumah maupun di bank. Ketika memilih menabung di bank, maka nasabah akan diberikan pilihan penyimpanan dalam bentuk tabungan atau deposito. Berikut perbedaan tabungan dan deposito yang perlu diketahui.

1. Tujuan Penggunaan

Baik tabungan maupun deposito memiliki perbedaan yang terbilang cukup signifikan. Salah satu perbedaan dari kedua jenis penyimpanan ini terdapat pada tujuan penggunaannya. Umumnya tabungan digunakan untuk menyimpan uang yang nantinya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tabungan merupakan bentuk penyimpanan jangka pendek sehingga dapat diambil sewaktu-waktu.

Read More

Sedangkan deposito merupakan jenis penyimpanan uang yang ditujukan untuk jangka panjang. Dengan kata lain, deposito adalah produk investasi yang paling aman. Pengambilan dana deposito tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu. Nasabah bisa mengambil dana deposito dengan menunggu satu tahun atau waktu yang disepakati.

Baca Juga : Tahapan Cara Mencairkan Deposito Mandiri Secara Online 

2. Setoran Awal

Kedua jenis penyimpanan uang ini tentunya memiliki perbedaan pada setoran minimal saat awal pembukaan. Jumlah setoran minimal yang harus diberikan ketika membuka tabungan adalah mulai dari 500 ribu. Bahkan beberapa bank menawarkan setoran awal kurang dari 500 ribu. Hal ini tergantung dari jenis tabungan yang tersedia di bank.

Sedangkan deposito, nominal setoran awal tergantung dari kebijakan setiap bank. Umumnya setoran awal deposito minimal 8 juta hingga 10 juta. Sebelum menyetorkan deposito, biasanya nasabah akan diberikan simulasi perolehan dari dana tersebut. Dengan demikian, nasabah bisa mengetahui seberapa besar uang yang dihasilkan dari deposito.

3. Jangka Waktu Penarikan Dana

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perbedaan tabungan dan deposito juga bisa dilihat berdasarkan jangka waktu penarikan dana. Jenis penyimpanan tabungan, nasabah dapat mengambil dana kapanpun. Tidak ada ketentuan jadwal pengambilan dana, sehingga nasabah bisa menggunakan dana yang disimpan ketika sedang urgent.

Sementara pada deposito, nasabah dapat mengambil uang apabila sudah mencapai jangka waktu yang disepakati. Adapun jangka waktu pengambilan dana deposito yaitu mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Semakin lama jangka waktu yang pilih, maka keuntungan yang didapatkan juga semakin besar. Apabila mengambil dana deposito sebelum waktu yang ditetapkan, maka nasabah wajib membayar biaya penalti.

Baca Juga : Apa Saja Investasi yang Aman untuk Pemula

4. Bunga Deposito yang Ditawarkan

Perbedaan tabungan dan deposito juga dapat dilihat berdasarkan tingkat suku bunga. Tabungan menawarkan suku bunga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan deposito. Adapun suku bunga tabungan diberikan antara 1 hingga 2%. Bunga tabungan dipengaruhi oleh jumlah uang yang tersimpan. Jika jumlah tabungan kecil maka dana bisa berkurang karena adanya biaya administrasi yang perlu dibayarkan.

Lain halnya pada deposito, tingkat suku bunga yang diberikan yaitu 5 hingga 6% per tahun. Dalam deposito juga tidak ada biaya administrasi, sehingga dana yang disimpan tidak akan terpotong. Besaran bunga deposito dipengaruhi oleh jangka waktu penempatan deposito. Jika waktu yang dipilih semakin lama, maka suku bunga yang akan diterima juga semakin besar.

5. Fleksibilitas Ketika Penarikan Uang

Apabila dilihat dari segi fleksibilitas dalam penarikan uang, keduanya sangat berbeda. Apabila menyimpan uang di tabungan, nasabah bisa dengan mudah mengambil uang tersebut melalui ATM kapan saja. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa di tabungan nasabah bisa mengambil uang ketika sedang membutuhkannya.

Di sisi lain, ketika menyimpan uang di deposito maka nasabah harus mendatangi kantor bank tersebut jika ingin menarik uang. Sedangkan waktunya juga sesuai dengan kesepakatan. Daripada itu, proses penarikan uang juga membutuhkan proses yang lebih rumit.

Baca Juga : Cara Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah Melalui Aplikasi

Itulah beberapa perbedaan tabungan dan deposito yang perlu dipahami ketika ingin menyimpan uang. Walaupun keduanya memiliki perbedaan yang fundamental, namun jenis tabungan ini sama-sama dibutuhkan dalam membangun finansial. Jika ingin menyimpan uang dalam jangka pendek, maka bisa memilih tabungan. Namun apabila ingin menikmati keuntungan dari menabung, maka nasabah bisa memilih deposito.

 

Related posts