Apa Saja Investasi yang Aman untuk Pemula

Apa Saja Investasi yang Aman untuk Pemula

Investasi bukan lagi hal tabu di masyarakat, melainkan satu pokok pembicaraan hangat di berbagai kalangan masyarakat. Untuk pemula yang tertarik berinvestasi, terdapat rekomendasi investasi yang aman untuk pemula. Deretan instrumen berikut bisa menjadi langkah belajar melakukan investasi. Apa saja? Yuk cari tahu!

1. Emas

Read More

Pertama, terdapat jenis emas yang bisa diinvestasikan. Instrumen yang satu ini cukup menarik perhatian banyak investor. Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa instrumen ini praktis. Para investor bisa menyimpan di rumah ataupun tempat aman lainnya.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar, investor harus pintar-pintar kondisi pasar terkait emas. Ketika harga jualnya meningkat, maka akan menguntungkan investor. Seperti yang diketahui, emas senantiasa menyajikan harga yang terus meningkat. Hal ini akan meminimalisir risiko yang tidak diharapkan.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Emas Antam Di Pegadaian Untuk Hasil Maksimal

2. Deposito

Berikutnya, pemula juga bisa mencoba deposito. Investasi yang satu ini merupakan satu di antara produk dari perbankan yang bisa menguntungkan nasabahnya. Per-tahunnya bunga yang bisa didapat hingga 5%. Deposito disebut-sebut sebagai produk menabung berasa investasi.

Dalam pembukaan deposito, terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Investor harus melakukan registrasi, penentuan nominal untuk deposito hingga jangka waktu tenor. Setiap dana akan tersimpan aman oleh pihak LPS. Maka dari itu, deposito bisa menjadi salah satu langkah aman untuk investor pemula.

3. Obligasi

Selain itu, terdapat instrumen lainnya yang bisa dicoba yakni obligasi. Instrumen yang satu ini dikenal pula dengan istilah surat utang. Berikutnya bisa didagangkan di BEI atau Bursa Efek Indonesia.

Obligasi memiliki jenis yang beragam yakni mulai dari korporasi yang investasinya berasal dari pemerintahan swasta, nasional, BUMN dan juga BUMD. Jenis lainnya yakni sukuk, EBA/ Efek Beragun Aset dan SBN / Surat Berharga Negara

Baca Juga : Investasi Surat Utang Negara, Definisi dan Keuntungannya

4. Reksadana

Untuk pemula yang masih bingung dalam berinvestasi bisa memulainya dengan reksadana. Pasalnya, reksadana menjadi satu di antara instrumen investasi yang terjamin karena dikelola langsung oleh manajer investasi. Dana yang terhimpun bisa diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek.

Perlu diketahui, reksadana cukup beragam. Dengan demikian, investor pun bisa secara bebas memilih sesuai yang diinginkan. Di antara reksadana yang bisa dicoba yakni reksadana saham, pendapatan tetap, campuran, terproteksi dan juga reksadana pasar uang.

5. Saham

Investasi yang aman untuk pemula lainnya yaitu saham. Seperti yang diketahui, jenis investasi yang satu ini kepopulerannya sudah lama. Instrumen saham menjadi opsi investasi yang tepat. Sifatnya berjangka panjang dengan risiko yang minim.

Keuntungan saham bisa diraih via dividen yang keuntungan langsung dari perusahaan terbuka. Jenis lainnya bisa diraih dari capital gain yang selisih antara harga jual dan beli suatu saham.

6. Properti

Selain itu, pemula juga bisa mencoba investasi properti. Jenis investasi lainnya yang cukup menguntungkan. Selain itu, secara umum nilainya senantiasa mengalami peningkatan. Jika harganya sedang melonjak, maka situasi tersebut menjadi kesempatan untuk bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Terkait tinggi-rendahnya nilai suatu properti bergantung pada beberapa aspek. Setiap aspek tersebut mencakup kekokohan bangunan, desain yang dimiliki, lokasi, lingkungan sekitar dan semacamnya. Jika setiap aspek memiliki kondisi yang bagus, maka nilainya pun bisa tinggi.

Baca Juga : 4 Tips Usaha Properti Kecil Kecilan Beserta Contohnya

Demikianlah rekomendasi investasi yang aman untuk pemula. Pilihlah yang paling dipahami, dengan begitu investor pun bisa melakukannya tanpa kebingungan. Untuk meminimalisir kerugian, pemula bisa memilih instrumen yang minim resiko. Cari tahu lebih mendalam dari investor yang lebih berpengalaman.

 

Related posts