Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gigi Berlubang

Selingkaran.Com – Gigi putih dan sehat tanpa lubang sudah sangat jarang sekali kita temua pada orang-orang sekitar kita, rata rata mereka memiliki suatu masalah pada giginya, entah itu gigi berlubang, gigi sensitif atau gigi kuning yang sering mereka alami juga hal sepele seperti halnya bau mulut yang busuk karena kurang menjaga kesehatan mulut mereka sendiri, padahal menjaga kesehatan mulut dan melakukan pencegahan agar mulut tetap sehat dan terhindar dari masalah masalah diatas hanyalah cukup sikat gigi teratur, ini berguna hanya untuk giginya yang masih bagus dan belum berlubang alias belum memiliki masalah.

Jika anda sudah terlanjur memiliki masalah seperti yang kami sebutkan diatas, misalkan saya contohkan satu saja yaitu gigi berlubang, hampir semua orang memiliki masalah yang satu ini (termasuk saya) hehehe, entah kenapa gigi berlubang dan sakit gigi muncul dengan sendirinya padahal gigi gak pernah di bor atau dilinggis, nah loh? 😮 ,  sebenarnya masalah ada pada kita sendiri, penyebab itu semua kita sendiri yang membuat, kita ambil saja kebiasaan buruk yang sering kita lakukan, yaitu :

cara-mengobati-sakit-gigi

Sakit Gigi

Jarang Menggosok Gigi

Tidak bisa dipungkiri untuk kebiasaan buruk yang satu ini, padahal menggosok gigi itu hanya memakan waktu sekitar 5 menit loh malah biasanya kurang karena ingin cepat cepat, walaupun kurang bersih cobalah luangkan sedikit waktu untuk membersihkan gigi anda setelah makan, entah itu makan pagi, siang , sore dan malam, intinya setelah makan anda gosok gigi minimal kumur-kumur dengan cairan pembersih kuman mulut.

Makan Pada Malam Hari

Kebiasaan yang satu ini juga sudah sering dilakukan di kalangan kita, apa sih fungsinya makan malam? padahal jika dibawa tidur juga tidak akan ada yang mengolahnya menjadi energi malahan akan menjadi lemak dan efek terburuknya akan membuat perut buncit, nah loh malah timbul satu masalah lagi, hindari makan malam jika ingin makan pada malam hari usahakan untuk langsung menggosok gigi sebelum anda tidur.

Terlalu Banyak Minum Minuman Manis/Soda

Kebiasaan begini biasanya dilakukan oleh kalangan anak muda, entah anak muda atau anak kecil biasanya suka sekali dengan minuman manis dan bersoda, disarankan kurangi minum minuman ini , jika terlalu sering anda mengkonsumsinya bisa jadi gigi anda berlubang karena ini.

Dari 3 masalah tersebut tentunya masih banyak lagi faktor-faktor penyebab terbentuknya gigi berlubang, tetapi kita tidak membahas detai mengenai itu disini kita  membahas solusi cara mengatasi gigi ngilu yang berlubang, atau gigi berlubang, bagaimana caranya? ada beberapa cara yuk disimak..

Sikat Gigi Teratur

Menyikat Gigi secara teratur merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan gigi, walaupun gigi anda saat ini sedang berlubang sekalipun, sikat gigi malah sangat penting untuk menghindari bakteri jahat yang hinggap pada gigi anda yang berlubang, jadi jangan lupa sikat gigi ya..

Kumur Kumur Air Garam

Sudah banyak hal yang membahas hal ini, membahas mengenai air garam yang dapat menyembuhkan atau meredakan nyeri pada gigi yang berlubang, tentunya saya juga pernah menggunakan bahan yang satu ini, memang sih sakit gigi akan reda, tetapi kalo kambuh ya di ulang lagi kumur kumur air garamnya..

Menggunakan Bawang Putih

Kandungan bawang putih yang memiliki kadar antibiotik yang tinggi dipercaya dapat mengurangi atau menghilangkan nyeri pada gigi yang berlubang, jika anda ingin menggunakan bahan ini, anda cukup ambil beberapa siung bawang putih kemudian cacak dan tempelkan pada gigi yang berlubang, selang beberapa menit sakit pada gigi anda akan berkurang dan hilang.

Menggunakan Cengkeh

Cara ini belum pernah saya lakukan sebelumnya, tetapi konon menurut informasi yang saya baca ekstrak minyak cengkeh (bukan ekstrak kulit manggis yah) dapat meredakan sakit pada gigi, jika anda mempunyai minyak cengkeh anda bisa teteskan 2-3 tetes pada gigi yang berlubang, hal ini akan mengurangi rasa sakit pada gigi anda dan lama kelamaan akan hilang.

Menggunakan Getah Jarak

Getah jarak yang dulu ramai sekali pembahasannya untuk digunakan sebagai bahan bakar alternative, ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi, tetapi hal ini akan menimbulkan efek samping loh, efek sampingnya menurut informasi yang saya dapat , akan membuat gigi yang ditetesi getah jarak dalam waktu lama akan rapuh dan akan pecah dikit demi sedikit hingga habis, loh ini malahan gak perlu cabut gigi kan hehehe..

Cabut Gigi Anda/Tambal

Solusi terakhir ya jika anda sudah tidak kuat lagi menahan rasa sakit yang anda alami, lebih baik kedokter lalu periksakan gigi anda, jika memungkinkan gigi anda untuk di tambal pasti sang dokter akan merekomendasikan hal itu, jika tidak ya sudah pasrahkan saja gigi satu itu yang berlubang, toh tidak ada untungnya kan? malahan membuat anda sengsara, lebih baik dicabut saja, tidak sakit kok karena peralatan cabut gigi sekarang sudah canggih, tidak seperti jaman dahulu yang menggunakan tali diikat pada gigi lalu di kaitkan pada pintu, kemudian pintu ditarik sehingga gigi anda terlepas secara paksa, cara ini sungguh mengerkian dibandingkan kedokter.. hehehe

Sumber : Cara Mengobati Sakit Gigi

Bagaimana? masih ingin memelihara gigi yang berlubang? atau ingin menyembuhkannya sendiri? monggo semua itu pilihan anda, jadi apapun yang anda rasakan ya rasakan sendiri ya jangan bagi bagi ke orang lain, nah semoga artikel kali ini bermanfaat.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook