Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

Mungkin banyak orang tidak tahu bagaimana cara belajar materi grammar Bahasa Inggris lengkap. Mungkin tidak tahu apa saja yang harus dipelajari, atau tidak ada guru yang mengajari. Hal ini lantaran tidak semua orang tahu bagaimana cara belajar otodidak. Namun ternyata, belajar Bahasa Inggris tidak susah jika tahu urutan materinya seperti apa. Berikut ini urutan materi grammar sesuai tahapan:

1. Part of Speech

Materi ini merupakan hal yang pertama kali diajarkan ketika belajar materi grammar Bahasa Inggris lengkap. Materi part of speech ini terdiri dari pronoun (P), adjective (A), noun (N), conjunction (C), adverb (A), verb (V), interjection (I), dan preposition (P) atau biasa disingkat PANCAVIP.

Bacaan Lainnya

Kesembilan komponen part of speech ini merupakan komponen krusial untuk membentuk sebuah kalimat yang sempurna. Walaupun hanya sembilan saja, materi ini tidak bisa diremehkan lantaran setia komponennya memiliki cabang-cabang lagi. Sehingga, sangat penting untuk mempelajari kesembilan komponen pokok ini.

2. Part of Sentence

Apabila sudah pandai dan paham mengenai part of speech maka pembelajaran harus dilanjutkan. Untuk materi selanjutnya yakni part of sentence. Komponen dari part of sentence ini meliputi predicate, object, subject, phrase, dan clause. Apabila dibandingkan dengan part of speech, ternyata mempelajari part of sentence ini jauh lebih mudah.

Baca Juga : Daftar Materi Tes TOEIC dan Sistem Pelaksanaanya

Hal ini lantaran ketika mempelajari part of sentence pelajar hanya mempelajari hubungan antar kata. Walaupun jauh lebih mudah, tidak disarankan meremehkan part of sentence. Hal ini lantaran jika gagal dalam materi ini, pelajar akan kesulitan dalam merangkai kalimat dengan berbagai struktur. Sehingga proses belajar Bahasa Inggris semakin sulit dan tidak lekas menguasai materi.

3. Tenses

Selanjutnya jika sudah mempelajari part of sentence, tahap selanjutnya yakni belajar mengenai tenses. Dalam materi Bahasa Inggris, tenses ini dapat diartikan sebagai klarifikasi bentuk susunan kalimat berdasarkan bentuk waktunya. Terdapat berbagai pendapat mengenai jumlah tenses yang sebetulnya.

Ada yang menyebutkan bahwa tenses hanya terdiri dari 24, 16, 12 bahkan ada yang menyebutkan ada 32. Namun, untuk tenses yang diajarkan di Indonesia umumnya hanya berjumlah 16 saja. Biasanya itulah yang diajarkan dalam sekolah-sekolah dan terkadang hanya 8 tenses saja yang diajarkan. Kedelapan tenses ini bisa dibilang yang paling umum dipakai dalam percakapan sehari-hari.

4. Subject Verb Agreement

Subject verb agreement merupakan aturan umum grammar yang memang mengharuskan subject dan verb saling menyesuaikan satu sama lainnya. Misalkan saja, subject-nya berupa singular third pronoun, maka verb-nya ini haruslah diberi tambahan ā€œ-es/-sā€.

Meskipun memang subject ini terpisah dari verb-nya jika dalam satu kalimat, bentuk verb ini harus tetap mengikuti bagaimana bentuk subject-nya. Kendati demikian, dalam kondisi tertentu, misalnya terdapat dua subject dalam satu kalimat, maka terdapat aturan khusus dalam kondisi yang demikian.

5. Parallel Structure

Materi ini tidak kalah penting dengan materi-materi sebelumnya. Parallel structure inii merupakan bagian dari materi grammar yang tidak boleh ditinggalkan. Ketika pelajar sudah pandai semua materi yang disebutkan sebelumnya, maka tahap selanjutnya adalah parallel structure.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah K3 yang Wajib Diketahui 2022

Parallel structure ini merupakan sebuah kalimat yang dibangun dari dua klausa lebih. Sehingga membutuhkan pemahaman mendalam mengenai grammar untuk bisa memahaminya dan menulisnya. Dapat dikatakan jika parallel structure ini adalah materi yang paling sulit di antara semua materi yang ada.

Hal ini lantaran pelajar tidak hanya mempelajari teori belaka, tetapi juga melakukan analisis dan membuat kalimat yang sifatnya kompleks. Itulah daftar materi grammar Bahasa Inggris lengkap sesuai dengan tahapannya. Belajar sesuai dengan urutan tahapan akan jauh lebih mudah karena belajar dari yang ringan menuju yang berat. Jika langsung belajar yang berat, maka belajar akan semakin sulit.

Pos terkait