CEO Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia, Ini Biografinya
CEO Nintendo Satoru Iwata

CEO Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia, Ini Biografinya

Selingkaran.com – Jika anda adalah pecinta game, pastinya anda kenal atau bahkan sering memainkan konsol game yang satu ini. Ya, Nintendo adalah sebuah konsol game pernah berjaya pada masanya walaupun sempat terpuruk dalam beberapa waktu belakangan, namun mampu bangkit kembali setelah perusahaan konsol game ini di pegang oleh chief executive officer (CEO) bernama Satoru Iwata.

Satoru Iwata merupakan seorang pengusaha dari jepang dan juga seorang promrammer yang menjabat sebagai CEO di Nintendo. Sebelum bergabung dengan Nintendo, Satoru mengawali karirnya sebagai programmer di HAL Laboratorium. Baru setelah tahun 2000an, Satoru bergabung dengan Nintendo, dan menggantikan Hiroshi Yamauchi sebagai presiden perusahaan pada Mei 2002.

Iwata diarahkan oleh perusahan untuk berpacu dalam mengembangkan Nintendo DS serta konsol Wii pada tahun 2006 lalu, dan membantu perusahaan untuk menjadi sukses secara finansial dan sejajar dengan produsen konsol game lainnya. Ia menjabat sebagai presiden sampai kematiannya pada tahun 2015.

Satoru Iwata dilahirkan dan dibesarkan di Sapporo, Jepang. Ia mulai menyatakan minatnya dalam mengembangkan sebuah game di awal karirnya, dan mulai memproduksi permainan elektronik dirumahnya semasa dia SMA. Beberapa game nomor sederhana Iwata dihasilkan dan memanfaatkan kalkulator elektronik ia berbagi dengan teman sekolahnya, Iwata kemudian sekolah di Tokyo Institute of Technology, di mana ia mengambil jurusan ilmu komputer.

Saat sekolah, ia telah menggeluti dunia kerja dan bekerja sebagai freelance programmer untuk Laboratorium HAL, Inc. Yakni, pengembang game yang sering bekerjasama dan memiliki hubungan erat dengan Nintendo.

Iwata sangat populer baik di dalam industri video game dan terkenal dekat dengan penggemar Nintendo.

Berikut Profil dan Biodata Satoru Iwata
Nama : Satoru Iwata
Lahir : 6 Desember 1959
Meninggal : 11 Julyi 2015

Setelah lulus dari Universitas, Iwata langsung bergabung dengan HAL Laboratory, dan di tahun 1983 ia berhasil menjadi koordinator perusahaan produksi perangkat lunak.

Pada usianya yang ke 55 tahun, Satoru Iwata tutup meninggal dunia, tepatnya pada, Sabtu, 11 Juli 2015 akibat penyakit kanker yang dideritanya sejak lama.

Selamat jalan Satoru Iwata.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook