Intip Cara Menghilangkan Stretch Mark Terlengkap dan Terampuh

Intip Cara Menghilangkan Stretch Mark Terlengkap dan Terampuh

Stretch mark jadi masalah kulit bagi banyak wanita yang muncul setelah melahirkan. Tandanya adalah muncul garis-garis merah seperti nadi yang panjang hingga beberapa sentimeter. Kemunculan stretch mark memang cukup mengganggu kepercayaan diri kaum perempuan. Namun para ibu tidak perlu khawatir, karena berikut ada rahasia cara menghilangkan stretch mark dijamin ampuh.

Terdapat 2 cara dalam menghilangkan stretch mark, yaitu melalui medis dan dan menggunakan bahan alami. Para ibu bisa memilih kedua cara dibawah ini sesuai dengan keinginan. Berikut informasi lengkapnya!

Bacaan Lainnya

Menghilangkan Stretch mark Melalui Prosedur Medis

Prosedur medis menjadi cara aman yang dapat dilakukan para perempuan untuk menghilangkan stretch mark. Karena dalam metode ini sudah sesuai dengan saran dokter dengan penggunaan alat medis termutakhir. Berikut beberapa tipsnya:

Baca Juga : Ketahui Cara Menghilangkan Karang Gigi Terlengkap dan Terampuh

1. Terapi Laser

Terapi menggunakan laser adalah tindakan medis yang disarankan oleh beberapa dokter. Biasanya bagian tubuh yang di laser adalah area betis dan perut. Cara kerja dari terapi ini laser masuk hingga menembus kulit dan memicu regenerasi.

Fakta menarik lainnya adalah terapi laser merangsang produksi melanin yang terkena stretch mark dan mengaktifkan sel pigmen kulit. Namun diperlukan beberapa kali proses laser sampai stretch mark hilang. Sehingga semakin sering melakukan terapi, stretch mark akan melebur dengan warna kulit yang normal.

2. Mikrodermabrasi

Metode ini menggunakan prosedur mikrodermabrasi yang berfungsi mengilangkan sel kulit mati dengan menggunakan kristal-kristal halus serta vakum khusus. Prosedur ini menargetkan lapisan epidermis atau lapisan kulit paling atas untuk merangsang elastin dan kolagen pada area stretch mark.

Namun meski diklaim ampuh, keberhasilan metode ini sepenuhnya bergantung pada tingkat keparahan kulit masing-masing orang. Sehingga pastikan perawatan dilakukan secara berulang agar mendapat hasil yang efektif.

3. Microneedling

Microneedling merupakan cara menghilangkan stretch mark dengan prosedur medis yang terakhir. Metodenya adalah menghilangkan area stretch mark dengan menargetkan lapisan dermis kulit yang dapat memudar dalam waktu singkat. Metode ini menggunakan jarum-jarum kecil yang ditusuk ke kulit guna memicu produksi kolagen.

Diharapkan dengan peningkatan elastin dan kolagen dapat mendorong regenerasi kulit hingga mengurangi stretch mark. Menurut studi medis, prosedur ini dapat menghilangkan stretch mark dengan permanen. Dan tentunya dengan beberapa kali perawatan dan pemantauan rutin dokter, stretch mark dapat hilang sepenuhnya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Menghilangkan Stretch mark dengan Metode Alami

Selain menggunakan prosedur medis, metode alami juga dapat menjadi solusi aman, ampuh dengan perawatan yang terjangkau. Karena dalam metode ini dapat menggunakan bahan-bahan yang lazim ditemui, seperti bubuk kopi, putih telur, hingga gula. Berikut beberapa tips ampuh menghilangkan stretch mark dengan metode alami:

1. Cocoa Butter

Metode berikutnya lebih alami yakni dengan penggunaan cocoa butter. Lemak pada cocoa butter adalah lemak yang bersumber dari pohon kakao. Umumnya sudah tersedia dalam bentuk sunblock atau lotion.

Cara pemakaiannya cukup oleskan 2 kali sehari, yakni ketika sebelum tidur dan bangun tidur. Dijamin stretch mark akan hilang apabila menggunakan cocoa butter secara rutin. Namun apabila tidak memiliki cocoa butter bisa menggunakan bubuk coklat yang dilarutkan dengan air hingga berbentuk seperti pasta.

2. Minyak Zaitun

Kandungan linoleic acid pada minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi stretch mark. Zat tersebut ampuh guna menjaga kandungan air di kulit dan stretch akan pudar perlahan. Selain itu terdapat kadungan polinefol yang mengandung antioksidan sehingga mampu meregenerasi kulit.

Pemakaiannya pun cukup mudah. Campurkan 1 sendok minyak zaitun dengan madu kemudian oles pada area kulit yang terkena stretch mark. Apikasikan setelah mandi sambil memijat area tersebut dan diamkan selama 30 menit. Setelah didiamkan bersihkan area stretch mark dengan air hangat sampai tidak licin kembali.

Baca Juga : Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

3. Bubuk Kopi

Cara menghilangkan stretch mark lainnya masih menggunakan bahan alami yakni bubuk kopi. Bahan satu ini mudah ditemui dan dapat diaplikasikan dengan mudah di kulit. Gunakan bubuk kopi murni untuk hasil yang maksimal.

Tahap pemakaiannya hanya perlu mencampurkan bubuk kopi hingga berbentuk pasta. Atau bisa juga memakai biji kopi dan kemudian dapat dihaluskan dan dilarutkan dengan air hangat. Oles secara rutin bubuk kopi ke bagian stretch mark.

4. Putih Telur

Kandungan putih telur pada bebek atau ayam memiliki protein dan mikronutrien yang tinggi dan mampu menyembuhkan stretch mark pada kulit. Fungsi dari putih telur selain menyembuhkan stretch mark adalah mengenyalkan mencerahkan kulit.

Pertama pecahkan dan pisahkan kuning serta putih telur lalu kocok hingga berbuih. Kemudian oles secara merata di kulit selama 30 menit dan bersihkan bekas putih telur dengan air hangat. Apabila ingin mengurangi rasa amis maka dapat mencampurkan dengan perasan lemon atau jeruk nipis.

5. Gel Lidah Buaya

Dalam istilah medis dikenal sebagai aloe vera adalah bahan yang kerap digunakan oleh produk kecantikan. Gel ini akan membuat kulit elastis dan kenyal. Sehingga dengan pemakaian teratur, stretch mark dapat memudar.

Cara pemakaiannya cukup mudah, hanya perlu mengoleskan gel secara merata dan tunggu selama 10 hingga 45 menit. Terakhir bilas menggunakan air dingin sampai ge hilang dan aplikasikan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

6. Kentang

Kandungan pati dan bermacam jenis enzim pada kentang dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit seperti stretch mark pada kulit. Metode ini terbilang sangat mudah dilakukan karena bahan yang digunakan hanyalah kentang.

Caranya dengan mengupas kentang terlebih dahulu lalu parut dan ambil sarinya. Kemudian oles sari kentang tersebut pada kulit yang terkena stretch mark. Diamkan hingga kering selama 30 menit lau bersihkan menggunakan air mengalir/air dingin.

7. Gula

Cara menghilangkan stretch mark yang lain adalah dengan penggunaan bumbu dapur yakni gula. Gula bisa menjadi scrub alami untuk mengurangi kulit kasar. Dengan menggunakan gula maka dapat mengangkat sel kulit mati pada area stretch mark.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bisa dengan Bahan Dapur!

Campurkan gula pasir dengan 1 sendok madu yang berfungsi untuk melembabkan dan mengencangkan. Atau dicampurkan dengan minyak zaitun yang memberi efek elastis pada kulit dan perasan lemon untuk mencerahkan. Aduk masker tersebut dan oleh merata. Tunggu beberapa saat dan bilas. lakukan step ini selama 3 kali  dalam seminggu.

8. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon maupun jeruk nipis dapat menjadi alternatif  untuk menghilangkan stretch mark. Terlebih terkadang terdapat kandungan tertentu pada krim yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Kandungan air lemon mampu menyamarkan stretch mark pada kulit.

Caranya cukup mudah yakni dengan membasahi bola kapas bersih dengan air perasan lemon. Kemudian oles pada area kulit yang memiliki stretch mark. Diamkan bola kapas melekat di area kulit selama 10-30 menit setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

9. Minyak Kelapa

Bahan kesembilan ini dipercaya dapat menghilangkan stretch mark secara alami karena kandungan asam lemak yang mudah terserap dalam kulit. Minyak kelapa juga dapat merangsang produksi kolagen yang berfungsi sebagai anti peradangan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan stretch mark.

Oleskan minyak kelapa murni tiap hari di area stretch mark. Kemudian pijat lembut area tersebut agar minyak kelapa terserap semakin baik. Terakhir bilas kulit dengan air hangat sampai tidak licin dan bersih.

10. Konsumsi Air Putih

Metode ini sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark. Fungsi dari minum air putih tidak hanya untuk menghilangkan haus namun dapat digunakan untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Hal ini karena kandungan pada air putih yang kaya akan mineral.

Pastikan untuk minum air putih dengan takaran 1.5 liter air atau kurang lebih sama dengan 8-10 gelas sehari. Dijamin kulit akan terhidrasi dan stretch mark akan memudar.

Demikian 2 cara menghilangkan stretch mark yang dijamin aman dan ampuh. Para perempuan dan ibu menyusui dapat memilih menggunakan prosedur medis atau metode alami. Aplikasikan cara-cara tersebut dan sesuaikan dengan tingkat keparahan area stretch mark.

Pos terkait