Intip Jenis Kredit Bank BTN Berikut untuk Mendapatkan Rumah Impian

Intip Jenis Kredit Bank BTN Berikut untuk Mendapatkan Rumah Impian
Sumber gambar : bisnis.com

Kredit rumah hingga apartemen merupakan aktivitas yang digeluti oleh banyak. Bukan saja sebagai tempat tinggal, namun juga aset berharga. Menilik tingginya kebutuhan ini, jenis kredit bank BTN terus bertambah dengan keunggulan masing-masing. Masyarakat berkesempatan untuk memilih jenis KPR mana yang sesuai dengan kondisinya. Berikut daftar kredit yang dapat menjadi bahan pertimbangan:

1. BP2BT

Pertama ada BP2BT, jenis KPR yang merupakan bantuan pembiayaan untuk perumahan dengan basis tabungan. Sesuai dengan namanya, program ini dikhususkan bagi masyarakat yang berkeinginan untuk memiliki rumah berbasis tabungan. Sasaran program ini adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah atau termasuk ekonomi menengah bawah.

Bacaan Lainnya

Tujuannya agar masyarakat dari golongan tersebut juga bisa mencapai impiannya tinggal di hunian yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Persyaratan yang wajib dipenuhi nasabah BTN di program ini sudah disesuaikan ketetapan yang dibuat oleh Kementerian di bidang pekerjaan umum serta perumahan rakyat.

Baca Juga : Daftar 5 Keunggulan Memilih Jenius Sebagai Produk Perbankan

2. BTN Subsidi

Jenis kredit bank BTN berikutnya adalah BTN Subsidi. Mendengar kata subsidi, sebagian besar orang sudah dapat menebak bila program ini diperuntukkan bagi masyarakat dengan penghasilan rendah. Tujuannya adalah menghadirkan KPR BTN berupa cicilan ringan serta suku bunga rendah.

Agar bisa memiliki rumah melalui jenis KPR ini, nasabah perlu menyediakan uang muka sebesar 1 persen dari nilai total. Sedangkan KPR lain umumnya mewajibkan uang muka sebanyak 20 persen. Selanjutnya akan ada subsidi untuk membayar uang muka dari pemerintah, sebesar 4 juta.

3. BTN Platinum

BTN Mikro merupakan jenis kredit yang lebih populer dibandingkan lainnya. KPR ini diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan pembelian rumah dari developer ataupun non developer. Nasabah juga bisa membeli rumahnya dari perorangan melalui BTN Platinum. Terlebih, pihak BTN telah memiliki kerjasama dengan berbagai pengembang yang tersebar di kota-kota Indonesia.

Jenis rumah dari KPR Platinum bisa merupakan rumah second siap huni maupun yang belum jadi. Jangka waktunya bisa mencapai 25 tahun, sehingga nasabah berkesempatan untuk membayar dengan nilai yang disesuaikan kondisi keuangan secara konsisten.

Baca Juga : Cara Mengisi Ovo Lewat M Banking BCA dan Alternatif Lainnya

4. BTN Gaess

Mendengar nama dari jenis kredit bank BTN satu ini, terdengar cukup gaul dan ala milenial. Nama ini sesuai dengan pangsa pasar dari program ini yaitu nasabah yang berusia 21 sampai 35 tahun. Pada usia ini, banyak orang mulai merencanakan untuk memiliki rumah idaman. Bagi nasabah yang hendak mengajukan KPR ini dapat mengaksesnya dari website BTN.

Kriterianya yaitu debitur sudah memiliki penghasilan yang fixed dengan masa kerja paling tidak satu tahun. Banyak penawaran seperti diskon biaya provinsi, masa pembayaran maksimal 20 tahun, hingga suku bunga yang dapat disesuaikan kebijakan. Biaya proses akan dimasukkan menuju maksimal kredit selama tetap mengikuti ketentuan lengkap yang bisa dibaca di situs BTN Properti.

5. BTN Mikro

Berikutnya ada BTN Mikro, jenis kredit untuk kepemilikan rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat pekerja dalam bidang informal dengan penghasilan relatif rendah. Besaran penghasilan masyarakat yang bisa mengikuti program ini dimulai dari 1.8 hingga 2.8 juta.

Bantuan untuk melakukan pembelian rumah, renovasi, hingga uang muka 10 persen akan didapatkan dalam program ini. Tidak hanya itu, nasabah juga berkesempatan membangun rumahnya di tanah yang sudah menjadi hak miliknya.

Baca Juga : Cara Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah Melalui Aplikasi

Demikian ulasan seputar jenis kredit bank BTN. Sebenarnya masih ada beberapa jenis KPR yang dimiliki oleh BTN. Melalui beragam pilihan kredit seperti sekarang, kesempatan memiliki rumah terbuka lebar untuk berbagai kalangan. Tentunya dengan pembayaran yang konsisten dan mengikuti syarat yang diberlakukan.

 

Pos terkait