Ketahui Cara Menghilangkan Karang Gigi Terlengkap dan Terampuh

Ketahui Cara Menghilangkan Karang Gigi Terlengkap dan Terampuh

Karang gigi yang menumpuk menjadi masalah bagi kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya permasalahan ini dapat mengganggu penampilan dan bau mulut. Namun kini banyak alternatif cara menghilangkan karang gigi, mulai dari cara medis hingga menggunakan bahan-bahan alami.

Beberapa metode medis yang bisa digunakan seperti memanfaatkan teknik flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang khusus untuk gigi ataupun dengan prosedur non medical. Misalnya saja seperti menggunakan larutan kumur, pasta gigi dengan kandungan fluoride, dan baking soda.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk metode alami memiliki banyak keuntungan. Selain bahan-bahannya yang mudah ditemui, menggunakan bahan alami juga mampu mengurangi risiko karena penggunaan bahan kimia. Mulai dari menggunakan minyak zaitun, lidah buaya dan mengunyah daun sirih.

Baca Juga : Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Memperbanyak makan-makanan sehat dan mengurangi kebiasaan buruk juga mampu menjaga kesehatan gigi. Terutama sangat baik dalam mencegah pertumbuhan karang gigi. Lantas bagaimana cara ampuh menghilangkan karang gigi yang membandel? Berikut simak beberapa tips mudahnya!

1. Gosok Gigi

Gosok gigi menjadi metode mudah untuk menghilangkan karang gigi yang mengganggu. Dengan menggosok gigi secara teratur yakni minimal 2 kali sehari, gigi akan terhindar dari kotoran yang menumpuk. Selain mencegah timbulnya karang gigi, gosok gigi juga dapat mencegah bau mulut.

Ketika menggosok gigi tidak boleh dilakukan secara terburu-buru dan cepat. Lakukan selama kurang lebih dua menit dengan gerakan memutar hingga menjangkau sela-sela gigi. Untuk hasil maksimal, gunakan bulu sikat yang ramping agar dapat masuk ke dalamnya.

2. Pilih Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Pemilihan pasta gigi juga menjadi kunci gigi dapat terhindar dari karang. Pasta gigi dengan kandungan fluoride menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari karang gigi. Kandungan fluoride dapat mengurangi resiko pembusukan makanan yang melekat di gigi dan memperkuat lapisan enamel gigi.

Selain itu, kandungan fluoride bertujuan untuk membantu proses perbaikan gigi yang sudah rusak secara alami. Menggunakan fluoride dapat menjadi cara yang efektif yang dapat dilakukan.

3. Gunakan Baking Soda

Bahan yang satu ini umumnya digunakan sebagai bahan untuk memutihkan pakaian. Namun rupanya baking soda juga dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Tapi pastikan untuk menggunakan baking soda dengan takaran yang pas yakni hanya sejumput saja.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Pertama gunakan baking soda ketika sikat gigi dan tunggu hingga dua menit. Kemudian kumur dengan air bersih. Selain berfungsing menghilangkan karang gigi, baking soda juga dipercaya mampu membantu memutihkan gigi.

4. Coba Larutan Kumur

Penggunaan larutan kumur secara rutin dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi yang sangat ampuh. Selain itu larutan kumur juga sering dijumpai di toko dan swalayan. Fungsi penggunaan larutan kumur selain dapat mengurangi karang gigi juga dapat digunakan untuk menyegarkan nafas.

Hanya dengan berkumur menggunakan mouthwash (larutan kumur), karang gigi dapat berkurang secara bertahap. larutan kumur yang berbentuk cair dapat membersihkan sisa makanan serta membunuh bakteri hingga ke sela gigi. Lakukan beriringan dengan menyikat gigi secara rutin atau flossing untuk hasil yang maksimal.

5. Lakukan Flossing

Flossing adalah cara membersihkan sela-sela makanan pada gigi dengan memanfaatkan benang. Metode ini sangat mudah dilakukan karena hanya perlu menggunakan benang sebagai medianya. Namun untuk hasil yang lebih memuaskan dan aman, gunakan benang khusus untuk gigi.

Pilih bahan benang yang halus dan sesuaikan dengan kondisi gusi dan gigi. Pasalnya apabila benang terlalu tajam justru dapat melukai gusi. Tapi apabila masih ragu untuk menggunakan benang sebagai alat membersihkan karang gigi, bisa konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu.

6. Gunakan Cuka Putih

Fungsi dari cuka putih adalah untuk mencegah pembentukan karang gigi. Selain itu, cuka putih juga umum ditemui di masyarakat dan toko-toko sekitar dan dapat menjadi solusi terjangkau dan praktis.

Caranya gunakan 2 sendok teh cuka putih yang telah dicampurkan dengan 1 sendok teh garam. Kemudian masukkan ke setengah cangkir air hangat. Kumur dengan campuran kedua bahan tersebut sebanyak 1 atau 2 kali sehari.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

7. Konsumsi Air Putih

Fakta mengungkapkan bahwa dengan minum air putih maka intensitas produksi air liur akan meningkat. Fungsi air liur adalah untuk merontokkan dan meluruhkan sisa makanan di sela gigi dan untuk melembabkan area dalam mulut. Tak heran apabila nantinya karang gigi pun menghilang dengan sendirinya,

Selain itu dengan konsumsi banyak air putih juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi mulut. Hal ini karena dalam kandungan air putih terdapat enzim yang kaya dengan manfaat baik.

8. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Demi meminimalisir pertumbuhan karang gigi, sebaiknya hindari makanan serta minuman manis. Cara menghilangkan karang gigi yang satu ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Hal ini dikarenakan bakteri akan mudah melepaskan zat asam akibat dari mengkonsumsi yang manis dan merusak gigi.

Kurangi dan hindari makanan dan minuman manis untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun apabila masih ingin mengkonsumsi makanan manis harus imbangi dengan minum air putih dengan porsi yang banyak. Serta, jangan lupa untuk berkumur dan gosok gigi sesudahnya.

9. Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok menjadi salah satu masalah mengapa gigi berwarna coklat dan memunculkan karang gigi. Hal ini karena dalam rokok terdapat zat-zat pemicu karang gigi. Bahkan faktanya, permasalahan mulut dikarenakan kebiasaan merokok lebih susah dihilangkan daripada karang gigi karena sisa makanan.

Mengurangi kebiasaan merokok tidak hanya untuk kesehatan gigi. Namun juga dapat menjaga kondisi tubuh dari penyakit-penyakit pernafasan akibat merokok. Maka dari itu, pastikan mengurangi aktivitas satu ini demi menjaga kesehatan.

10. Konsumsi Banyak Vitamin C

Selain memperbanyak konsumsi air putih, menambah asupan gizi dengan vitamin C juga menjadi metode ampuh untuk mengatasi karang gigi. Hal ini karena kandungannya mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Manfaatkan buah bervitamin C kemudian ambil sari buahnya untuk menyikat gigi. Caranya dengan menghancurkan buah sampai halus dan masukkan pada wadah. Kemudian celupkan sikat gigi yang telah diolesi pasta gigi ke dalam wadah. Gunakan campuran bahan tersebut untuk menggosok gigi selama 2 menit, kemudian kumur dengan air bersih.

11. Konsumsi Buah dan Sayur

Bermacam jenis sayur dan buah-buahan mengandung bermacam vitamin sangat bagus untuk kesehatan tubuh, serta baik pula untuk gigi dan mulut. Dengan mengunyah banyak buah dan sayur secara rutin dapat menghilangkan karang gigi secara berkala.

Tidak hanya dapat menghilangkan karang gigi, buah dan sayur juga dapat mengurangi bau mulut tidak sedap. Konsumsi buah-buahan seperti melon atau apel, serta sayur-sayur segar seperti wortel dan seledri.

12. Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan karang gigi yang lain adalah dengan berkumur menggunakan minyak kelapa. Gunakan metode oil pulling untuk membersihkan gigi. Bahan yang digunakan hanya percampuran antara minyak kelapa murni, minyak almond dan minyak zaitun.

Pertama siapkan satu sendok minyak kelapa. Usahakan minyak kelapa yang digunakan hangat. Kemudian masukan ke mulut dan berkumur dengan minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit. Terakhir, buang minyak dan berkumur kembali dengan air bersih.

Demikian cara menghilangkan karang gigi yang membandel. Pastikan untuk memilih metode yang paling tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Serta jangan lupa untuk mengkonsultasikan masalah gigi pada dokter untuk hasil yang maksimal.

Pos terkait