Kabar Duka : CEO Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia
CEO Nintendo Satoru Iwata

Kabar Duka : CEO Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia

Selingkaran.com – Kabar duka datang dari perusahaan konsol game yang dahulu sempat menjadi jawara pada masanya. Presiden sekaligus CEO Nintendo, Satoru Iwata tutup usia dikarenakan penyakit kanker yang selama ini hinggap ditubuhnya.

Menurut informasi dari Nintendo, Sotaru Iwata meninggal dunia pada usia 55 tahun, Sabtu (11/7/2015).

Berdasarkan informasi yang beredar, Iwata sebelumnya pernah menjalani operasi pada tahun lalu, dan kembali bekerja setelah pulih dari operasi.

Iwata diketahui bergabung dengan perusahaan game asal Jepang itu pada tahun 2000 dan menggantikan CEO sebelumnya, Hiroshi Yamauchi pada 2002.

Banyak orang menilai, Iwata adalah figur yang mampu mengembalikan kesuksesan Nitendo, terutama di segmen mobile gaming.Di bawah kepemimpinannya, Iwata meluncurkan konsol Wii yang sukses di pasaran, serta Nintendo DS untuk gaming mobile.

Pada tahun 2014 lalu, Iwata dan juga pemimpin lainnya di Nitendo harus rela gajinya dipangkas yang disebabkan karena penjualan konsol Nitendo tidak mencapai target.

Namun, Iwata juga dapat membawa Nitendo merauk untuk setelah selama 4 tahun mengalami kerufian. Di tahun fiskal 2014 lalu Nintendo mengumumkan laba usahanya sebanyak 208 juta dollar atau setara Rp 2,7 triliun.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan pesat setelah tahun sebelumnya Nintendo merugi 390 juta dollar AS atau setara Rp 5,1 triliun. Secara keseluruhan, laba bersih perusahaan tahun ini 350 juta dollar AS atau Rp 4,5 triliun.

Selain tugas eksekutifnya, Iwata juga sangat dikenal di kalangan pecinta Nintendo karena sering muncul di saluran Nintendo Direct milik perusahaan, dengan acara “Iwata Asks” yang menampilkan wawancaranya dengan para pengembang game.

Sampai berita ini diturunkan, Nintendo belum mengumumkan pengganti Iwata.

Widdi Sukro Kuncoro
Widdi Sukro Kuncoro
Kesenangannya dalam mencoba semua jenis game, membuat penulis ini paham betul berbagai jenis game yang tersebar. Untuk menyalurkan bakatnya, ia pun bertekat untuk mereview segala macam jenis game dari berbagai konsol.

Komentar Facebook