Ngeri! Kini Pembalut Berbahaya Banyak Beredar

Ngeri! Kini Pembalut Berbahaya Banyak Beredar

Selingkaran.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) telah merilis harsil penelitiannya terkait pembalut yang dilakukan pada periode Desember 2014-Januari 2015. Dan hasilnya cukup mengejutkan karena melibatkan nama-nama produk ternama di indonesia.

Arum Dinta selaku Peneliti YLKI mengungkapkan hasil yang ditemukan oleh timnya, penelitian dilakukan dengan 9 pembalut dan 7 pantyliner milik merek cukup terkenal. Dan hasilnya, produk-produk tersebut terdapat zat yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu klorin adalah zat pemutih.

“Klorin bersifat racun dan bisa menyebabkan iritasi. Klorin biasa digunakan sebagai pemutih pada produksi kertas, pakaian dan sejenisnya,” tuturnya.

Penelitian ini dilakukan pada periode Desember 2014-Januari 2015, dengan sampel beberapa pembalut dan pantyliner yang banyak dikonsumsi kaum hawa.

Menurut informasi dari Boldsky, peroduk wanita ini memiliki dua jenis bahan kimi yang terkandung didalamnya, yakni dioxin dan rayon. Kedua bahan atau zat tersebut sama-sama berbahaya bagi wanita, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena merupakan salah satu bahan pemutih.

Bahan pemutih tersebut jika digunakan memang akan membuat pembalut terlihat lebih bersih namun pastinya memiliki efek samping yang kurang baik terhadap tubuh serta kekebalan tubuh.

Efeknya yang paling sering muncul biasanya di sekitar organ kewanitaan yang akan timbul seperti iritasi atau ruam. Hal tersebut muncul memiliki banyak penyebab. Namun salah satunya penyebabnya bisa dari pembalut yang kurang baik dalam melakukan penyerapan.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook