Cara Mengatasi Komedo Pada Wajah

Cara Mengatasi Komedo Pada Wajah

Selingkaran.Com – Komedo pada wajah tentuya sangat mengganggu sekali jika dilihat, komedo terlihat seperti bintik bintik putih yang menyebar pada wajah, kemunculan komedo juga biasanya terjadi pada daerah seperti lekukan hidung dan diatas hidung , juga bisa timbul pada bagian dibawah mulut. Tidak hanya itu komedo juga jika dibiarkan berpotensi menjadi jerawat, jadi sebaiknya anda segera mengatasi masalah ini salah salah jika komedo sudah menumpuk malah akan berakibat buruk kedepannya.

Komedo menurut sumber id.wikipedia.ord adalah pori pori yang tersumbat oleh sebuah kotoran dan ini bisa terlihat tersumbat atau tertutup dan terbuka, komedo yang terbuka biasnya terlihat seperti pori pori yang membuka dan hitam, sedangkan yang tertutup terlihat seperti bintik bintik putih yang menonjol pada bagian kulit wajah.

komedo-pada-wajah-cara-menghilangkannya

Ada 2 jenis Komedo yang perlu kita ketahui, yaitu Blackhead dan Whitehead atau biasa kita dengar, komedo hitam dan komedo putih

  1. Komedo Hitam (Blackhead)
    Blackhead adalah jenis komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.
  2. Komedo Putih (Whitehead)
    Whitehead adalah jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Jika anda sudah mengetahui kedua jenis komedo tersebut, mungkin beberapa faktor yang perlu anda ketahui penyebab terjadinya komedo pada wajah

  • Faktor Aktifitas
    Aktifitas yang padat membuat anda sulit untuk membersihkan wajah anda dari serangan komedo, hal ini akan membuat kotoran debu dan kuman akan menempel pada wajah anda dan akan menyebabkan terjadinya komedo.
  • Faktor Kebersihan
    Faktor Kebersihan juga mempengaruhi munculnya komedo, karena jika anda jarang atau bahkan tidak sama sekali untuk membersihkan wajah anda maka anda akant au sendiri akibatnya.

Cara menanggulangi hal-hal diatas sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, jika wajah anda masih berkomedo hingga saat ini, silahkan lakukan cara ini:

Bersihkan Wajah minimal 3x Sehari

Membersihkan wajah tidak akan membuat tubuh anda capek, malahan anda akan selalu mendapatkan wajah yang bersih, sisihkkan waktu 5 menit untuk tiap kali membersihkan wajah, tetapi ingat jangan memencet komedo dengan tangan, ini malah akan menyebabkan infeksi yang nantinya berpotensi munculnya jerawat

Kurangi Kalori dan Lemak pada asupan makan

Kurangi makanan berlemak pada asupan makan anda , lemak dan kalori hanya akan membuat wajah anda memproduksi minyak lebih banyak dan dengan begitu debu yang menempel pada wajah berminyak akan cepat meresap kedalam kulit sehingga akan mengakibatkan munculnya komedo.

Gunakan Jeruk Nipis/Lemon

Untuk mengatasinya anda bisa gunakan bahan jeruk nipis atau lemon sebagai masker atau di oleskan pada wajah, ini juga akan memberi asupan Vitamin C terhadap kulit wajah anda, anda bisa gunakan bahan ini dengan cara membelahnya menjadi dua lalu gunakan untuk wajah anda.

Gunakan Masker Putih Telur

Sudah banyak sekali artikel membahas mengenai manfaat Putih Telur sebagai bahan kecantikan, jika anda gunakan bahan ini sebagai masker ini efektif sekali untuk mengangkat sel sel kulit mati dan komedo yang menempel pada wajah anda, jika anda ingin menggunakan ini silahkan ambil bagian putihnya saja pda telur, lalu gunakan untuk masker dan tunggu mengering silahkan kelupas masker putih telur yang sudah mengering tersebut

Facial 

Jika anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya pergi kesalon untuk merawat wajah anda, jika anda pergi kesana anda akan ditangani oleh tenaga profesional yang bergerak dibidangnya, jadi anda tidak usah kawatir terhadap wajah anda, mereka akan merawat dan membersihkan wajah anda sampai sebersih-bersihnya.

Dengan rangkaian penjelasan diatas masih ada banyak cara untuk mengusir komedo yang hinggap pada wajah, tetapi jika anda lakukan hal seperti diatas, dirasa sudah cukup untuk mencegah datangnya kembali komedo di wajah anda, selamat mencoba..

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook