Manfaat Undur Undur Untuk Kesehatan Yang Jarang Disadari

Undur undur darat memiliki nama ilmiah Myrmeleontidae. Sebutan lain untuk hewan ini adalah semut singa. Siapa yang menyangka jika hewan berukuran kecil dan suka berjalan mundur ini memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat undur undur untuk kesehatan yang penting untuk diketahui.

Zat yang Terkandung dalam Tubuh Undur undur

Larva undur undur banyak dicari orang untuk dijadikan obat alternatif untuk beberapa jenis penyakit. Kandungan gizi pada larva undur undur ini diyakini sangat tinggi dan mengandung zat sulfonilurea dan lemak Omega 3 yang dapat meningkatkan kadar insulin dan menurunkan jumlah gula dalam darah bagi penderita diabetes.

Bacaan Lainnya

Habitat dari hewan ini adalah tanah gembur yang tidak lembab, itu sebabnya hewan ini sering ditemukan di tanah-tanah yang kering. Undur undur yang paling bagus kualitasnya adalah undur-undur yang hidup di pegunungan.

Manfaat Undur Undur Bagi Kesehatan

Larva undur undur darat diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Manfaat undur undur untuk kesehatan telah diyakini sejak dahulu kala dan kini menjadi alternatif bagi beberapa pihak yang sedang mencari kesembuhan. Apa saja penyakit yang dapat disembuhkan oleh undur undur? Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Dileher Secara Tradisional

1. Mengurangi Resiko Kebutaan

Kandungan asam lemak Omega 3 pada larva undur undur darat diyakini mampu mencegah berkurangnya penglihatan yang akan menyebabkan kebutaan. Gangguan pada penglihatan itu disebut Degenerasi Makula. Umumnya penyakit ini diderita oleh para lansia namun tidak tertutup kemungkinan dapat menyerang anak-anak.

2. Meredakan Penyakit Asma

Penyakit sesak pada saluran pernafasan atau Asma dapat diobati dengan memakan undur undur. Zat dalam tubuh undur undur dapat mengurangi pembengkakan pada paru-paru sehingga pernapasan dapat kembali normal.

3. Mengatasi Rematik dan Asam Urat

Penderita rematik dan asam urat umumnya merasakan sakit yang hebat pada sendi, hal ini disebabkan terjadi peradangan pada sendi dan melemahnya sistem imunitas. Dengan memakan undur undur, zat asam lemak Omega-3 yang terkandung pada undur undur ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan  mengurangi peradangan sehingga sendi menjadi lebih sehat.

4. Mengobati Penyakit Diabetes

Undur undur mengandung zat sulfonilurea yang mampu menurunkan jumlah glukosa darah pada penderita diabetes atau kencing manis. Tiongkok adalah negara yang paling terkenal sering menggunakan undur undur sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Zat pada tubuh undur undur dapat melancarkan kerja pankreas sehingga menghasilkan insulin untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Karena hal tersebut undur undur disebut sebagai obat diabetes alternatif yang paling ampuh.

5. Mencegah Penyakit Stroke dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Ini adalah penyebab utama stroke. Undur undur juga diyakini dapat mencegah penyakit stroke karena kandungan zat dalam tubuhnya mampu mengurangi tekanan darah.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Penyakit DBD Dengan Cepat Dan Aman

Zat dalam tubuh undur undur ini dapat mengendalikan desahan hebat pada pembuluh darah dan memperbaiki sel syaraf sehingga dengan meminumnya secara teratur dapat mengurangi resiko darah tinggi yang mengakibatkan penyakit stroke.

Selain penyakit stroke, kolesterol yang tinggi juga berbahaya bagi manusia. Meningkatnya kolesterol dalam tubuh manusia diakibatkan oleh pola makan yang salah dan produksi zat lipid yang berlebihan. Hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuh manusia.

Undur undur memiliki zat yang dapat menekan produksi zat lipid pada hati. Dengan berkurangnya produksi zat lipid maka kolesterol pun akan menurun dan sistem metabolisme tubuh  menjadi lebih baik. Karena itu banyak yang rajin mengkonsumsi undur undur secara teratur agar jumlah kolesterol dalam darah menurun.

Demikian beberapa manfaat undur undur untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Namun sebelum mengkonsumsi hewan ini pastikan untuk berkonsultasi kepada ahli untuk mengetahui keamanan dan manfaatnya dengan pasti.

 

Pos terkait