Ini 5 Investasi untuk Pelajar SMP yang Bermanfaat Bagi Masa Depan

Ini 5 Investasi untuk Pelajar SMP yang Bermanfaat Bagi Masa Depan

Mendengar kata investasi, banyak orang beranggapan bahwa aktivitas ini hanya diperuntukkan bagi yang sudah matang secara usia dan keuangan. Sebenarnya ada juga investasi untuk pelajar SMP yang dapat dipelajari sejak dini. Terlebih, makna dari investasi sebenarnya adalah melakukan berbagai usaha yang dapat menghasilkan manfaat di masa depan. Apa saja investasi yang bisa dilakukan anak SMP?

1. Investasi Reksadana

Bacaan Lainnya

Pilihan pertama yang aman untuk anak berusia remaja adalah reksadana. Jenis investasi ini diperuntukkan bukan bagi orang yang memiliki penghasilan, namun juga yang masih di bangku SMP. Keuntungan dari berinvestasi di reksadana yaitu modal awal yang relatif kecil. Cukup dengan 100 ribu, siswa sudah bisa memulai investasinya di reksadana.

Angka tersebut dapat ditingkatkan seiring waktu sambil terus menambah pengetahuan dan melatih kemampuan. Jika dilakukan sejak masa SMP, peluang untuk mengumpulkan profit berjumlah besar dapat dirasakan di masa mendatang. Siswa dapat dibiasakan untuk menyisihkan 100 ribu setiap bulannya sehingga terlatih untuk menabung sekaligus berinvestasi.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Emas Antam Di Pegadaian Untuk Hasil Maksimal

2. Investasi Emas

Investasi untuk pelajar SMP yang berikutnya adalah emas. Seperti yang diketahui, emas termasuk jenis investasi yang terbilang aman jika orang yang sangat awam pun bisa memulainya. Siswa dapat membelanjakan tabungannya pada emas, benda yang senantiasa mengalami kenaikan nilai setiap tahunnya. Ukuran dari emas yang dapat dibeli sangat beragam sehingga cocok untuk siswa yang sedang belajar.

Ukuran emas dimulai dari 1 gram, 2 gram, dan seterusnya sesuai kemampuan. Jika dibandingkan dengan uang tabungan yang bisa menyusut dikarenakan inflasi (turunnya nilai dari mata uang), akan lebih bijak jika digunakan untuk membeli emas. Apalagi seiring berkembangnya zaman, teknologi memungkinkan seseorang untuk memiliki emas tanpa memegang fisiknya langsung.

3. Investasi Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang menjadi pertimbangan banyak orang tua dengan anak. Pasalnya, biaya pendidikan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, anak perlu dikenalkan dengan jaminan dana untuk pendidikan yang bermanfaat bagi masa depannya. Siswa SMP sudah dapat diajarkan berbagai hal untuk menyiasati masalah ini bersama orang tua atau pihak lain yang berpengetahuan dan kredibel.

Baca Juga : Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Untuk Masa Depan Investor

Mendukung siswa dalam menemukan dan mengembangkan potensinya juga penting untuk dirinya di masa mendatang. Misalnya mewadahi kemampuan tertentu yang disukai siswa sehingga bisa menyalurkannya dan menjadi investasi untuk diri anak kedepannya.

4. Investasi Berjualan

Siapa bilang berjualan bukanlah investasi? Hal ini juga dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk siswa. Misalnya mengajak siswa mencari ide akan sesuatu yang menarik untuk dijual. Kepekaan siswa dapat dilatih untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang ada selama berjualan. Bukan masalah jika pendapatannya belum seberapa, yang penting adalah bekal bagi anak dalam menjalankan usaha.

5. Investasi Saham

Memulai investasi di saham bukan berarti harus menyiapkan modal berjumlah besar. Dalam jenis investasi untuk pelajar SMP ini, siswa dapat dikenalkan pada sistematika sederhana dari saham. Dengan mengetahui dasar-dasar cara kerja saham, siswa dapat diajak berpikir bersama tentang tujuannya berinvestasi saham.

Tentunya juga disesuaikan dengan jumlah dana yang dimiliki hingga pengelolaannya. Siswa juga berkesempatan mengamati seperti apa perusahaan dengan kinerja serta perkembangan yang baik. Hal ini penting karena reputasi perusahaan berperan besar terhadap performanya dalam dunia saham.

Baca Juga : Investasi Surat Utang Negara, Definisi dan Keuntungannya

Itulah ulasan seputar beberapa investasi untuk pelajar SMP yang dapat dipelajari sejak dini. Tidak masalah jika dimulai dari modal yang kecil, karena dengan pembiasaan dan pembelajaran secara berkala, akan memberikan hasil sepadan di masa depan. Dari lima jenis investasi yang disebutkan di atas, orang tua dapat menentukan mana yang paling sesuai dengan kemampuan siswa.

Pos terkait