Cara Menyembuhkan Penyakit DBD Dengan Cepat Dan Aman

Demam Berdarah Dengue atau DBD harus diwaspadai karena penyakit ini sering menjadi wabah di beberapa daerah. Pasien DBD akan mengalami demam tinggi disertai menurunnya kadar trombosit dalam darah yang jika dibiarkan akan menimbulkan syok bahkan pendarahan. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit DBD yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini.

Gejala Penyakit DBD

Setelah terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti, virus dengue akan berinkubasi selama empat hingga tujuh hari. Gejala DBD akan tampak pada hari ketiga hingga hari keempat belas setelah masa inkubasi tersebut yang umumnya diawali dengan gejala demam tinggi hingga 41 derajat celcius. Selain mengalami demam tinggi, gejala lain yang muncul adalah:

Bacaan Lainnya
  • Tubuh menggigil
  • Sakit kepala yang parah
  • Munculnya bintik merah di sekujur tubuh
  • Sakit tenggorokan
  • Merasakan sakit pada otot lengan dan kaki
  • Sakit dibagian mata
  • Rasa nyeri yang pada tulang dan sendi,
  • Kehilangan nafsu makan

Cara Menyembuhkan Penyakit DBD

Tidak semua penderita DBD harus dirawat di Rumah Sakit. Terutama jika penyakit ini menjadi wabah dimana Rumah Sakit penuh dengan pasien DBD, maka perawatan bagi pasien dengan gejala ringan dapat dilakukan di rumah. Dibawah ini adalah beberapa cara menyembuhkan penyakit DBD yang dirangkum dari beberapa sumber.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Mengkonsumsi Makanan yang dapat Meningkatkan Kadar Trombosit

Pasien DBD akan kehilangan trombosit dalam darah sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi buah dan makanan yang dapat meningkatkan kadar trombosit kembali pada jumlah normal. Buah jambu biji merah dan beras angkak merupakan dua jenis makanan yang dapat meningkatkan trombosit darah dengan cepat.

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam buah jambu biji merah dapat membantu meningkatkan imunitas dan menghambat pertumbuhan virus dengue. Karena penderita DBD harus memakan makanan lunak, maka sebaiknya buah ini dibuat jus dan diminum secara teratur.

Beras angkak juga dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Beras yang berasal dari Tiongkok ini sejak dahulu sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

2. Makan Makanan yang Mudah Dicerna

Pasien DBD sebaiknya diberi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti jus atau bubur. Beberapa jenis buah yang lunak dan mengandung vitamin C tinggi juga disarankan untuk dikonsumsi. Makanan yang lunak akan membantu proses pencernaan dan pasien juga akan lebih mudah menelan.

3. Minum Obat Pereda Demam dan Nyeri

Walaupun dirawat dirumah, bukan berarti pasien DBD bebas dari konsumsi obat-obatan. Untuk mengatasi nyeri yang dirasakan pasien bisa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan resep obat pereda demam dan nyeri yang harus dikonsumsi secara teratur hingga demam dan nyeri tersebut hilang.

Baca Juga : 5 Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

4. Minum Air Putih yang Banyak

Efek dari demam tinggi adalah dehidrasi. Karena itu sangat penting untuk memberikan cairan dalam jumlah banyak kepada pasien DBD. Cairan tersebut bisa berupa air putih atau minuman jus buah. Saat tubuh pasien berkeringat, maka cairan tubuh akan berkurang. Jika tidak didukung dengan asupan cairan yang banyak maka pasien akan mengalami dehidrasi sehingga penyakit DBD akan sulit sembuh.

5. Beristirahat Total

Pasien DBD harus menjalani istirahat total tanpa melakukan kegiatan apapun selama menjalani pengobatan. Dengan beristirahat total, maka tubuh akan merespon dengan baik sehingga imunitas akan meningkat dan proses pengobatan akan berjalan lebih cepat.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan penyakit DBD dengan cepat di rumah. Namun, jika kondisi pasien semakin memburuk maka harus segera mendapatkan perawatan di Rumah Sakit. Hindari penyakit DBD dengan selalu menjaga kebersihan baik di rumah maupun di lingkungan sekitar.

 

Pos terkait