Hal Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Emas Antam Di Pegadaian Untuk Hasil Maksimal

Hal Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Emas Antam Di Pegadaian Untuk Hasil Maksimal
sumber : digtara.com

Di masa sekarang ini investasi memang tengah digemari oleh sejumlah kalangan. Bahkan para kaum milenial pun sekarang sudah banyak yang mencobanya. Satu dari beberapa instrumen investasi yang sering dipakai adalah emas. Dengan begitu pengetahuan terkait investasi emas antam di pegadaian perlu diketahui terlebih dahulu. Dimana tujuannya tidak lain supaya investor mengetahui ketentuan yang diberlakukan.

Secara umum jenis instrumen investasi yang ada memang menawarkan keunggulan masing-masing, tak terkecuali instrumen emas. Investasi dengan instrumen emas di pegadaian ini nantinya bakal menghadirkan emas dalam bentuk fisik dengan dilengkapi sejumlah fasilitas mendukung. Bagi yang ingin mengetahui sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat investasi emas adalah seperti berikut:

Bacaan Lainnya

1. Produk Penjualan Fisik Emas Ada Beragam

Sebelum memutuskan untuk memilih instrumen investasi berupa emas murni. Alangkah lebih baiknya jika investor mengetahui produk emas yang bakal dibeli tersebut terlebih dahulu. Investasi emas ini menyediakan sejumlah bentuk emas. Mulai dari yang berukuran berat 5 gram sampai dengan 1 kg.

Baca Juga : Cara Deposito Emas di Bank Mandiri Syariah Melalui Aplikasi

Adanya perbedaan berat tersebut mempunyai tujuan supaya investor dapat menentukan sendiri fisik emas yang bakal dipakai investasi. Lebih menariknya layanan semacam ini dapat dinikmati oleh investor dengan pembelian secara tunai maupun kredit. Adapun ketentuan apabila investor memilih kredit maka pembayaran awal adalah berjumlah 15 persen.

2. Terdapat Jasa Titip Jual

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi emas antam di pegadaian yaitu terdapatnya jasa titip jual. Adanya layanan semacam ini dapat dikatakan pas bagi investor yang menghendaki perputaran dana sesudah melakukan pembelian emas.

Dengan kata lain apabila investor mempunyai emas dalam jumlah tertentu kemudian memilih untuk menitipkan pada pihak pegadaian. Maka jika nantinya terdapat pembeli yang hendak melakukan pembelian emas. Pihak pegadaian bakal menjual emas milik investor terlebih dahulu.

3. Emas Termasuk Investasi Aman

Investor juga perlu mengetahui bahwa instrumen investasi emas yang dilakukan pembelian melalui pegadaian memang tergolong dalam jenis investasi yang aman untuk dijalankan. Bahkan tak hanya sekedar itu, emas di pegadaian juga tergolong memiliki jaminan akan legalitas.

Baca Juga : Syarat dan Cara Deposito Emas di Pegadaian Dengan Mudah

Pasalnya PT pegadaian telah termasuk dalam daftar BUMN hingga kredibilitas yang dimiliki cukup terjamin. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa kejadian penipuan serta terjadinya investasi yang melanggar hukum bisa tidak terjadi. Bahkan investor dapat melakukan pembelian emas ini dengan cara mengangsur.

4. Dapat Memulai Menabung Dengan 5 Ribu Rupiah

Hal ini lantaran tabungan emas yang ada dilakukan diberlakukan sistem konversi pada hitungan gram. Adapun nilai paling rendah yang ditetapkan yaitu sesaat 0,01 gram yang nominalnya yaitu 5 ribu rupiah saja. Bahkan dapat dikatakan bahwa jenis tabungan emas ini cukup menguntungkan bagi investor.

Dimana nantinya konversi tersebut dapat dipakai akn penjualan kembali pada pihak PT Pegadaian. Dengan ketentuan uang yang bakal investor terima yakni memakai besaran yang dilakukan penyesuaian terhadap harga emas di waktu menjalankan transaksi tersebut.

5. Mempunyai Keuntungan dan Kerugian

Layaknya investasi pada umumnya yang bisa saja menghasilkan keuntungan dan terkadang juga kerugian. Instrumen emas memang perlu memahami strategi yang ada supaya keuntungan bisa maksimal.

Misalnya saja seperti ketika harga emas tengah menurun maka jika investor melakukan pembelian kemungkinan harga jual naik serta mendapat untung banyak bisa terjadi. Akan tetapi apabila harga emas tengah naik dan investor memilih membeli mala kemungkinan harga jual turun hingga berakibat pada kerugian bisa saja terjadi.

Baca Juga : Simulasi Gadai Emas Pegadaian ini Memudahkan

Itu tadi sekilas pembahasan terkait hal yang perlu diperhatikan saat melakukan investasi emas antam di pegadaian supaya untuk maksimal. Ulasan seperti di atas kiranya penting diketahui terutama bagi investor yang bingung memilih instrumen investasi. Untuk itu emas dapat menjadi solusi lantaran beberapa kelebihan.

Pos terkait