Investasi Surat Utang Negara, Definisi dan Keuntungannya

Investasi Surat Utang Negara, Definisi dan Keuntungannya

Pemerintah membuka peluang bagi masyarakat umum yang ingin berinvestasi sekaligus menjadi pahlawan negara. Pasalnya, karena membutuhkan modal yang sangat besar dalam pembangunan negara, maka pemerintah Indonesia mengeluarkan jenis investasi surat utang negara atau SUN. Jadi, SUN tidak hanya menguntungkan investor tetapi juga untuk kepentingan negara.

Pemerintah juga mengeluarkan SUN sebagai alternatif jenis investasi yang mudah, aman, dan terjangkau. Maka, tidak heran jika banyak masyarakat yang berinvestasi SUN karena banyak keuntungan yang didapat. Jika ingin tahu lebih dalam soal investasi surat utang negara dan keuntungan yang ditawarkannya, berikut ini adalah ulasannya:

Bacaan Lainnya

Mengenal Investasi Surat Utang Negara

Definisi dari investasi yang satu ini adalah surat berharga yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia dan dijual oleh perusahaan negara pada masyarakat umum. Kemudian, penerbitan SUN bertujuan untuk membiayai APBN, menutupi kekurangan kas negara dalam jangka pendek, dan mengelola utang negara.

Baca Juga : Investasi Dalam Aktiva Tetap Pada Suatu Perusahaan Bisnis

Ada 2 jenis SUN yaitu obligasi negara, yakni surat utang dengan jangka waktu lebih dari 12 bulan. Keuntungannya berupa bunga atau tanpa kupon. Kedua yaitu, Surat Perbendaharaan Negara yang merupakan surat utang yang jangka waktunya hingga 12 bulan saja dengan sistem pembayaran bunga potongan.

Jadi, Keuntungan yang diperoleh investor diperoleh dari pembayaran bunga atau bagi hasil. Investor bisa membeli SUN di mitra distribusi yang telah ditunjuk pemerintah Indonesia. Adapun pemesanan maupun pembelian bisa dilakukan secara langsung melalui layanan online sehingga memudahkan investor.

Keuntungan Investasi Surat Utang Negara

Setelah mengenai investasi SUN, kini ketahui keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi SUN. Pasalnya, SUN tidak hanya memberikan keuntungan bagi negara saja, tetapi juga bagi para investornya, baik individu,maupun institusi. Itulah mengapa investasi SUN amat diminati. Jika ingin tahu apa saja keuntungan investasi SUN, berikut ini adalah ulasannya:

1. Resiko Rendah

Jenis investasi yang satu ini resmi dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Dengan begitu, kondisinya menjadi lebih stabil daripada surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan pada umumnya. Jadi, uang yang diinvestasikan dalam bentuk ORI ataupun sukuk akan tetap menghasilkan keuntungan dan bunga tiap bulannya, asalkan kondisi negara baik-baik saja.

Baca Juga : Cara Menghitung Nilai Investasi Asuransi Prudential Setelah 10 Tahun untuk Unit Link PruSaver

2. Tidak Terdampak Fluktuasi Pasar

Sumber keuntungan yang bisa didapat dari investasi Sun adalah capital gain dan juga kupon. Dua sumber keuntungan tersebut akan dibayar pada pihak investor secara stabil dibandingkan surat utang lainnya. Pasalnya, Surat Utang Negara tidak mendapatkan imbas dan efek dari fluktuasi pasar.

3. Bisa Digadaikan

Likuiditas Surat Utang Negara kerap diragukan oleh sebagian besar orang pasalnya apakah SUN bisa digadaikan atau tidak. Padahal, investor yang berinvestasi SUN dapat menggadaikannya di pasar saham sekunder maupun kantor pegadaian. Hal ini bisa dilakukan ketika investor ingin menyelesaikan masa kontrak SUN atau ingin memindahtangankan jenis investasi ini pada pihak lain.

4. Bunga Kompetitif

Sistem pembagian bunga pada investasi SUN adalah bagi hasil sehingga besaran kupon bunganya berada di atas deposito. Dengan begitu, investor akan mendapatkan bunga yang kompetitif jika berinvestasi SUN. Meskipun begitu, besaran kupon pada tiap serinya berbeda-beda karena menyesuaikan suku bunga acuan Bank Indonesia.

5. Pajak Lebih Kecil dari Deposito

Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika berinvestasi adalah biaya pajak yang dikenakan. Jika dibandingkan deposito yang mencapai 20%, maka pajak SUN lebih kecil, yaitu sekitar 15% saja. Dengan begitu, investor akan mendapatkan profit berlipat karena bunganya kompetitif dan pajaknya lebih kecil.

Baca Juga : Aneka Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah untuk Para Pemula

Itulah ulasan yang menarik tentang investasi surat utang negara yang bisa dijadikan referensi. Jika ingin mencoba berinvestasi, bisa memilih jenis investasi ini karena terjangkau, aman, dan mudah. Selain itu ada banyak keuntungan yang didapatkan investor jika berinvestasi SUN.

Pos terkait