Informasi Mengenai Ikan Hiu (Megalodon Shark)

Informasi Mengenai Ikan Hiu (Megalodon Shark)

Selingkaran.com – Hiu Megalodon adalah ikan purba prasejarah yang telah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Memnurut informasi, hiu ini memiliki ukurang lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Megalodon adalah jenis hiu perairan dalay yang sangat jarang sekali naik ke permukaan laut, terkecuali untuk mencari mangsa.

Namun hingga kini, belum ada yang menemukan hiu ini dalam keadaan hidup, tapi banyak kalangan ilmuwan yang berpendapat bahwasannya hiu ini masih hidup, dan merupakan fosil hidup. Keturunan terdekat dari hiu ini adalah hiu putih, dan merupakan Raja lautan pada zaman purba dahulu.

Ukuran Hiu Megalodon

Menurut sumber Wikipedia, Megalodon memiliki ukuran panjang antara 14 hingga 18 meter atau lebih besar lagi, dengan gigi yang runcing berdiameter 120 milimeter dan diperkirakan telah hidup 28 sampai 1,5 juta tahun yang lalu.

Nama Megalodon sendiri pertamakalinya muncul saat setelah seorang pakar dari Swiss yang bernama Louis Agassiz berhasil mengidentifikasi ikan ini pada tahun 1835. Hiu ini memiliki nama latin Carcharodon megalodon  yang artinya monster hiu.

Sebagai perbandingan, perhatikan ukuran Megalodon dibanding ikan hiu biasa di bawah ini.

megalodon-shark-scale-1

Dikutip dari BBC, inilah perbandingan gigi fosil Megalodon dibanding hiu modern.

_78484325_e4450176-fossilized_shark_teeth-spl(1)

Dan inilah perbandingan mulut Megalodon dibanding manusia.

_78484327_91285657

Ukuran megalodon sendiri jauh lebih besar dari ikan hiu paus (whale shark) namun saat ini untuk kategori yang hidup tetap hiu paus yang paling besar. Ikan hiu paus saat ini yang masih hidup memiliki panjang mencapai 15 m. Meski demikian, ukuran megalodon tetap lebih kecil dari ikan atau binatang terbesar di dunia yakni ikan paus biru yang memiliki panjang mencapai 33 M.

Makanan megalodon adalah ikan paus, lumba lumba, penyu dan binatang laut lainnya. Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada , didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.

Sumber : http://citizen6.liputan6.com/read/2156589/megalodon-hiu-purba-raksasa-ternyata-masih-hidup, http://id.wikipedia.org/wiki/Megalodon

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook