Informasi Mengenai Ikan Hiu (Greenland Shark)

Informasi Mengenai Ikan Hiu (Greenland Shark)

Selingkaran.com – Greenland Shark, banyak yang mengenal ikan hiu jenis ini adalah ikan yang paling lambat diantara jenis-jenis hiu lainnya. Kecepatan renang mereka yang biasa hidup di kawasan yang dingin hanya mencapai 2,7 kilometer per jam. Sangat lambat sekali bukan.

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh ukuran tubuh mereka yang cukup besar sehingga memperlambat gerak gerik mereka dan juga karena suhu pada perairan dimana tempat mereka tinggal. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peneliti, “Menurut kami, kecepatan rendah dari hiu greenland dikarenakan rendahnya suhu air di Laut Arktik,” kata Yuuki Watanabe dari National Institute of Polar Research dan juga pemimpin penulisan jurnal ini, Rabu (31/7).

Kesimpulan ini diambil Watanabe dan koleganya setelah melakukan pengukuran pada frekuensi irama ekor dari enam hiu greenland. Data ini kemudian dibandingkan dengan data terdahulu dari hiu maupun ikan lain.

Rata-rata frekuensi siklus ekor hiu greenland mencapai sembilan ketukan. Nilai ini terendah jika dibandingkan dengan perhitungan pada spesies lain. Karena irama gerakan ekor merefleksikan kecepatan perpendekan otot, para peneliti mencurigai jika lingkungan dingin yang dihuni hiu greenland membuatnya jadi ikan lambat.

“Banyak proses fisiologis, termasuk kecepatan perpendekan otot, melambat seiring menurunnya temperatur,” kata Watanabe.

Ditambahkannya, efek pelambatan ini disebut Q10 dan berdampak kuat pada hiu tersebut. Manusia tidak merasakan efek ini karena suhu tubuh kita tetap tinggi meski dalam suhu dingin. “Dalam kasus ikan, suhu tubuh berkurang sesuai dengan menurunnya temperatur lingkungan. Banyak proses fisiologis yang berkurang,” tambah Watanabe.

Dalam teori dasar, kecepatan hiu greenland yang lambat harusnya menyulitkan mereka dalam berburu anjing laut –hewan berkecepatan tinggi. Namun, ketika perut hiu greenland dibedah, ditemukan daging anjing laut segar. Masih menjadi misteri bagaimana hiu ini bisa memburu mereka.

Sebaliknya, hiu ini tak perlu khawatir akan diburu predator lain. Mengingat besarnya tubuh mereka –panjang 6,4 meter dan berat 1.000 kilogram. Satu-satunya musuh kemungkinan hanya paus pembunuh (Orcinus orca). Namun, hiu greenland hidup di perairan dalam, habitat yang jarang disinggahi paus tersebut.

Baca Juga :

Jenis Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook