Informasi Mengenai Ikan Hiu Martil (Great Hammerhead Shark)

Informasi Mengenai Ikan Hiu Martil (Great Hammerhead Shark)

Selingkaran.com – Nama ikan yang satu ini memang sedikit unik, ya.. martil, biasanya kita mengenal martil adalah alat untuk memukul suatu benda seperti batu, paku dan lain-lain. Namun, nama martil ini digunakan untuk sesosok predator laut yang hingga kini sangat dikenal oleh masyarakat dunia akan keberadaanya dilautan.

Siapa lagi kalau bukan Hiu Martil, kenapa bisa dinamai demikian? mungkin karena bantuk wajah bagian depan ikan ini menyerupai martil sehingga dinamakan Hiu Martil (Great Hammerhead Shark). Hiu martil dari genus Sphyrna adalah anggota dari famili Sphyrnidae. Satu-satunya genus selain Sphyrnidae, Eusphyra, terdiri dari hanya satu spesies, Esphyra blochii, winghead shark.

Diantara beberapa spesies ikan jenis ini, sembilan spesies lainnya telah diketahui memiliki ukuran panjang antara 2 hingga 6 meter (6,5 hingga 20 kaki), dan pastinya semua spesies memiliki bentuk kepala yang menyerupai martil gepeng.

Dilautan, meraka adalah sesosok predator yang begitu agresif, dan berburu ikan seperti ikan pari, cumi-cumi, serta udang udangan. Mereka juga banyak tersebar di berbagai benua.

Kepala mereka yang menyerupai martik memberikan keuntungan tersendiri yakni berupa area penciuman yang lebih luas dibandingkan spesies hiu lainnya, dan juga dapat meningkatkan potensi untuk menemukan partikel di air atau sensor mereka lebih kuat. Hal inilah yang membuat mereka sanggup sebagai pemburu solo yang ulung.

Reproduksi Hiu Martil

Untuk reproduksi ikan Hiu Martil ini akan terjadi sekali dalam setahun. Hiu ini akan melahirkan berkisar antara 20 hingga 40 anak hiu dalam sekali melahirkan. Untuk cara reproduksinya, hiu jantan akan menggigit sang betinanya hingga betina tenang, lalu membiarkan masa reproduksi terjadi, hal ini tergolong kasar, namun begitulah cara mereka.

Embrio berkembang didalam plasenta betina dan akan diberi makan melalui tali pusar, hal ini sama layaknya mammalia pada umumnya. Masa kehamilan 10 sampai 12 bulan. Setelah anak-anak hiu dilahirkan, sang induk mereka tidak akan tinggal bersama dan mereka ditinggalkan agar dapat mengurus diri mereka sendiri.

Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak.

Spesies-spesies Hiu Martil

Ada beberapa spesies hiu jenis ini yang berbahaya bagi manusia, diantaranya scalloped, great, dan smooth hammerhead.

  • Genus Sphyrna
    • Subgenus Sphyrna
      • Scalloped hammerhead, Sphyrna (Sphyrna) lewini (Griffith & Smith, 1834)
        • “Cryptic scalloped hammerhead”—Scalloped hammerheads ternyata terbagi atas dua spesies berbeda, tetapi belum di-reklasifikasi secara resmi dengan nama berbeda
      • Great hammerhead, Sphyrna (Sphyrna) mokarran (Rüppell, 1837)
      • Smooth hammerhead, Sphyrna (Sphyrna) zygaena (Linnaeus, 1758)
      • Whitefin hammerhead, Sphyrna (Sphyrna) couardi Cadenat, 1951
    • Subgenus Mesozygaena
      • Scalloped bonnethead, Sphyrna (Mesozygaena) corona Springer, 1940
      • Squarehead Shark Sphyrna (Mesozygaena) sp. listed on elasmo-research’s list
    • Subgenus Platysqualus
      • Scoophead, Sphyrna (Platysqualus) media Springer, 1940
      • Bonnethead atau shovelhead, Sphyrna (Platysqualus) tiburo (Linnaeus, 1758)
      • Smalleye hammerhead, Sphyrna (Platysqualus) tudes (Valenciennes, 1822)

Sekedar informasi, ini dikarekana hiu tidak memiliki tulang yang termineralisasi dan jarang menjadi fosil, oleh sebab itu hanya gigi mereka lah yang biasanya ditemukan sebagai fosil.

Gambar-gambar Hiu Martil (Great Hammerhead Shark)

Hiu Martil 1 - Selingkaran

Hiu Martil 2 - Selingkaran

Hiu Martil 3 - Selingkaran

Hiu Martil - Selingkaran

Baca Juga :

Jenis Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook