Apa itu Gelombang Panas?

Apa itu Gelombang Panas?

Selingkaran.com – Gelombang Panas, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai peristiwa yang satu ini. Terutama di Indonesia, yang memiliki iklim tropis pastinya kita akan merasakan dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan. Pada saat musim kemarau inilah yang kadang mempengaruhi jumlah pasokan air di tanah Indonesia.

Namun, yang dimaksud gelombang panas ini bukanlah musim kemarau yang seperti disebutkan. Gelombang Panas yang dimaksud adalah dimana kondisi cuaca yang sangat panas mengalami periode pemanasan dalam jangka waktu yang cukup panjang serta suhu udara yang terus meningkat tingkat panasnya, disertai dengan kelembaban yang tinggi. Tetapi belum ada definisi universal untuk gelombang panas ini.

Peristiwa Gelombang Panas

Pada akhir-akhir ini kita telah mendengar peristiwa gelombang panas yang dialami oleh masyarakat India. Banyak masyarakat yang menjadi korban gelombang panas ini, bagi yang tidak kuat menahannya kemungkinan orang tersebut akan meninggal.

Bayangkan saja, di suhu yang sangat panas apalagi yang bisa kita lakukan, untuk keluar rumah menerpa terik matahari pun pastinya enggan, karena suhu diluar bisa dipastikan sangat panas. Apalagi jika terkena kulit, pasti akan sangat terasa sengatan panasnya. Kita yang di Indonesia saja merasakan musim kemarau pada siang hari terkadang sering mengeluh.

Menurut berbagai sumber, banyak orang yang menjadi korban akibat bencana gelombang panas ini, sekitar hampir 2.000 orang tewas akibat gelombang panas ini, suhu saat itu melebihi 50 derajat Celsius dan berlangsung lebih dari seminggu.

Gelombang panas yang di alami India juga mampu mengeringkan sebuah sungai di salah satu daerah di India, tak hanya itu aspal jalanan pun dibuatnya meleleh, berikut gambar-gambarnya.

Aspal Meleleh

Akibat suhu sangat panas aspal di jalanan ibukota New Delhi sampai meleleh. Hal itu terlihat jelas dari distrorsi Zebra Cross ini. Negara bagian Andhra Pradesh di selatan India yang paling menderita dilanda gelombang panas. Pemicunya: tiupan angin panas dan kering dari gurun di Rajasthan .

058486000_1433395491-India2

Sejumlah anak bermain di dekat sungai yang kering di Allahabad, India (3/6/2015). Cuaca panas yang melanda India tidak hanya menewaskan ratusan warga, tetapi mengubah sungai menjadi seperti lapangan. (AFP PHOTO/SANJAY Kanojia)

058139400_1433395491-India1

Sejumlah anak berlarian mengejar layang-layang di sebuah sungai yang kering di Allahabad, India (3/6/2015). Cuaca panas yang melanda India tidak hanya menewaskan ratusan warga, tetapi mengubah sungai menjadi seperti lapangan. (AFP PHOTO/SANJAY Kanojia)

Anak-anak bermain di dekat perahu nelayan di sebuah sungai kering di Allahabad, India (3/6/2015). Cuaca panas yang melanda India tidak hanya menewaskan ratusan warga, tetapi mengubah sungai menjadi seperti lapangan. (AFP PHOTO/SANJAY Kanojia)

Anak-anak bermain di dekat perahu nelayan di sebuah sungai kering di Allahabad, India (3/6/2015). Cuaca panas yang melanda India tidak hanya menewaskan ratusan warga, tetapi mengubah sungai menjadi seperti lapangan. (AFP PHOTO/SANJAY Kanojia)

Sumber : http://photo.liputan6.com/internasional/gelombang-panas-di-india-ubah-sungai-jadi-lapangan-2245179
http://www.dw.de/gelombang-panas-mematikan-melanda-india/g-18485729

Bersyukur bagi kita masyarakat Indonesia yang tidak menjumpai atau dihampiri Gelombang Panas ini, namun sebaiknya kita berdo’a agar dijauhkan dari segala bentuk marabahaya ya netizen.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook