Informasi Lengkap Mengenai Ikan Hiu (Bluntnose Sixgill Shark)

Informasi Lengkap Mengenai Ikan Hiu (Bluntnose Sixgill Shark)

Selingkaran.com – Jenis hiu yang satu ini juga merupakan salah satu hiu terbesar untuk jenis spesies hiu yang ada di dunia. Bluntnose Sixgill Shark sering juga disebut sebagai hiu sapi, ikan jenis ini dapat tumbuh hingga 16 kaki atau sekitar (4.8 m). Untuk menangkap ikan ini, banyak orang yang menggunakan ikan tuna sebagai umpannya.

Ciri-ciri Fisik

Ikan ini memiliki ciri-ciri fisik seperti warnanya yang berwarna coklat kehitaman, serta memiliki garis terang berwarna kuning dibagian sisi samping tubuhnya. Warna matanya biru seperti lampu neon. Dan terdapat ciri-ciri lainnya :

  • Memiliki sirip tunggal pada punggung, Serta sirip pada bagian belakang bawah.
  • Terdapat enam celah pada indang
  • Sedikit lebih pendeng dari hiu lainnya, memiliki moncong tumpul
  • Ukuran ikan, rata-rata panjangnya 8-12 kaki (2,4-3,7 meter)
  • Namun hanya beberapa yang memiliki panjang hingga 13 kaki (4 meter)

Habitat Ikan

Ikan hiu Bluntnose Sixgill bisa kita temukan hidup di kedalaman 300 kaki (90 meter) hingga 6,152 kaki (1,875 meter) dibawah permukaan laut. Hiu sixgill bluntnose dikenal sebagai spesies yang sering bermigrasi ke area laut lainya pada malam hari, dan akan kembali ke tempatnya sebelum fajar.

Lokasi Penyebaran Hiu Bluntnose Sixgill

Ikan ini banyak ditemui diberbagai belahan dunia, salah satunya di Indonesia sendiri yang banyak ditemukan di kepulauan Sumatera. Dan banyak juga di laut dengan iklim tropis diseluruh dunia. Seperti, di barat Samudera Atlantik , North Carolina dan Florida (AS) dan dari Teluk Meksiko Utara ke utara Argentina,Kuba, Kosta Rika dan Nikaragua. Sedangkan di Timur Atlantik, hiu ini ditemukan di SelatanIslandia dan Norwegia ke Namibia, termasuk Laut Mediterania. 

Dan juga banyak ditemukan di Samudera Hindia termasuk Madagaskar dan Mozambik. Samudera Pasifik Barat yakni di Jepan, Australia dan Selandia Baru serta luar di perairan Hawaii. Di Daerah  Timur Pasifik, Kepulauan Aleutian, Alaska keBaja California, Meksiko dan Chili Selatan. 

Untuk Jelasnya, bisa lihat gambar dibawah.

Reproduksi

Cara reproduksi ikan hiu Bluntnose Sixgill masuk dalam kategori ovoviparity. Yakni telur menetas didalam tubuh dengan embrio yang tersisa dalam tubuh betina sampai masa kehamilan.

Gambar Ikan Hiu Bluntnose Sixgill

Ikan HiuBluntnose Sixgill 1 - Selingkaran

Ikan HiuBluntnose Sixgill - Selingkaran

Baca Juga :

Jenis Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook