5 Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Kurma sering juga disebut buah Nabi. Di Indonesia sendiri buah Kurma bukanlah buah yang asing dan sering dikonsumsi sebagai hidangan wajib ketika Ramadhan. Walau sering dikonsumsi namun tidak banyak yang mengetahui manfaat buah kurma. Oleh karena itu, mari simak apa saja khasiat buah kurma bagi kesehatan.

Sebelum mengetahui khasiat buah kurma bagi kesehatan, pasti banyak yang bertanya kenapa buah satu ini kaya akan manfaat? Tidak ada salahnya untuk mengetahui kandungan dalam buah kurma berikut ini.

Bacaan Lainnya

Mengapa Kurma Sangat Kaya Manfaat?

Buah Kurma memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Karenanya, buah ini kaya manfaat dan sangat baik untuk dikonsumsi. Bahkan, buah ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah ini mengandung nutrisi seperti serat dan protein. Kurma juga mengandung zat antioksidan seperti karoten, fenolik, flavonoid dan anthocyanin. Namun kandungan nutrisi nya berbeda tergantung tingkat kematangan buah ini. Buah kurma yang segar memiliki kandungan kalori dan gula yang lebih sedikit dibandingkan buah kurma yang dikeringkan. Karena limpahan nutrisi didalamnya, kurma sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai penangkal berbagai penyakit.

Khasiat Buah Kurma

Karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya, buah kurma memiliki khasiat dan sangat baik untuk dikonsumsi. Simak beberapa khasiat buah kurma bagi kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Buah kurma terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung zat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah sehingga jantung dapat beraktifitas lebih normal. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Mata Sakit Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

Zat antioksidan dan asam fenolik yang dimiliki oleh buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan membantu menurunkan resiko hipertensi dan stroke. Makanlah buah kurma secara teratur minimal 2  (dua) kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya bagi jantung.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Walaupun kurma memiliki rasa yang dominan manis namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah ini justru akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Mengkonsumsi buah kurma baik yang segar maupun buah kering dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi buah kurma sangat baik untuk tulang. Selain mineral, buah ini juga mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit osteoporosis. Mengkonsumsi buah kurma secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan menghindari penyakit-penyakit yang mungkin terjadi akibat pengeroposan tulang.

4. Baik untuk Kesehatan Otak

Mengkonsumsi buah kurma secara teratur dapat meningkatkan kinerja otak, memperbaiki memori dan daya ingat. Kandungan antioksidan flavonoid dalam buah ini juga dapat membantu terhindar dari resiko peradangan di dalam otak. yang dapat memicu hadirnya penyakit neurodegenerative seperti demensia dan Alzheimer.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Zat antioksidan seperti polifenol, steroid, tanin dan karoten yang terdapat pada buah kurma sangat membantu dalam menangkal efek radikal bebas dalam tubuh manusia. Kandungan flavonoid, karotenoid dan fenolik juga dapat membantu menghambat pembentukan sel-sel tumor dan kanker yang sangat ditakuti.

Karotenoid pada buah ini juga berkhasiat mengurangi resiko gangguan penglihatan yang dapat muncul akibat usia lanjut. Sementara vitamin A dan P diyakini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan sangat bermanfaat dalam membantu mencegah munculnya kerutan halus pada permukaan kulit. Limpahan zat antioksidan pada buah ini juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

Demikian ulasan mengenai beberapa khasiat buah kurma bagi kesehatan. Buah-buahan yang sehat termasuk buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan dalam menangkal berbagai penyakit.

 

Pos terkait