9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah dengan Bahan-bahan Alami

9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah dengan Bahan-bahan Alami (1)

Banyak sekali orang khususnya wanita yang kurang percaya diri karena masalah flek hitam di wajahnya. Tentu saja, walaupun tidak berbahaya, masalah kulit satu ini sangat mengganggu bukan? Oleh sebab itu, penting bagi beberapa orang mengetahui bagaimana cara menghilangkan flek hitam.

Terdapat beragam alternatif untuk mengatasi permasalahan kulit membandel ini. Mulai dari melakukan perawatan di klinik, memakai krim dan penggunaan bahan alami. Namun bagi yang mau aman dan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, tentu dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Bahkan keunggulannya adalah karena sangat efektif dan hampir tidak ada efek sampingnya.

Bacaan Lainnya

Tapi selain fokus pada perawatan, penting juga memperhatikan penyebab seperti paparan sinar matahari yang berlebihan untuk menghindari agar flek tidak semakin parah. Bagi yang penasaran apa saja bahan alami untuk menghilangkan flek pada wajah, maka bisa menemukan infonya pada ulasan berikut:

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Sederhana!

1. Manfaatkan Lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan seperti vitamin C tinggi. Jadi tak heran kalau bahan alami ini sering dipakai untuk membuat Skin Care. Sebab manfaatnya bisa meratakan warna kulit dan mencerahkan secara optimal. Hal ini dikarenakan vitamin C bekerja untuk mengaktifkan pembentukan melanin pada kulit.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin tahu cara menghilangkan flek hitam secara alami bisa dengan menggunakan sari dari buah lemon ini. Caranya hanya mengoleskannya pada flek hitam, setelah itu bilas. Tapi sebelum dibasuh, diamkan sari lemon tersebut sampai meresap ke dalam sekitar 15 menitan.

2. Baluri Gel Lidah Buaya

 

Siapa yang tidak tahu manfaat aloe vera untuk kulit? Tentu saja bagi yang sering menggunakan Skin Care pasti menemukan beberapa produk yang mengandung bahan ini. Hal ini karena aloevera mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang bisa mengatasi masalah kulit seperti flek hitam. Nantinya kandungan tersebut dapat bekerja dan meningkatkan produksi melanin dalam sel.

Berbicara masalah cara memanfaatkannya, pengguna hanya perlu mengoleskan lidah buaya tersebut ke area kulit yang terkena flek hitam. Diamkan bahan tersebut sampai benar-benar meresap atau sekitar 15 menit. Agar memperoleh perubahan yang signifikan lakukan perawatan ini setiap hari sampai terlihat hasilnya.

3. Konsumsi Rutin Ekstrak Biji Anggur

Dalam rangka menghilangkan flek hitam, bisa pula dengan memanfaatkan ekstrak biji anggur. Sebab produk ini diklaim bisa membantu orang yang memiliki masalah kulit seperti hiperpigmentasi pasca inflamasi atau kondisi kulit melasma. Cukup konsumsi selama 6 bulan, dan dijamin dapat mengatasi flek hitam membandel di wajah.

Baca Juga : 7 Cara Mengilangkan Mata Panda yang Ampuh dan Efektif

4. Gunakan Kunyit Sebagai Masker

Kurkumin yang terkandung pada rempah kunyit memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Jadi, cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah bisa menggunakan pasta kunyit satu ini. Pembuatan masker kunyit bisa dengan membeli bubuk kunyit atau memblendernya sendiri di rumah.

Apabila menggunakan bubuk kunyit, maka campurkan dengan air sedikit. Setelah itu tinggal apply saja ke seluruh wajah yang mengalami flek. Pastikan kandungan pasta kunyit meresap maksimal dengan membiarkannya sekitar 15 menitan.

5. Balurkan Madu

Madu adalah hasil alam yang memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Untuk masalah kulit, kandungan zat antibiotik pada madu membantu menyembuhkan luka secara alami. Oleh sebab itu, dapat juga digunakan untuk mengurangi flek hitam akibat jerawat.

Mengolesi madu pada area wajah yang terkena flek hitam merupakan bagian dari cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan yang alami dan aman. Oleskan madu di wajah hingga meresap dengan membiarkannya sepanjang malam. Kemudian keesokan harinya langsung bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin, bila perlu setiap hari sampai hasilnya terlihat.

6. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang dapat menghambat perubahan pada kulit, sehingga bagus dipakai untuk mengatasi bintik hitam pada kulit. Vitamin C dan B yang ada pada teh hijau bekerja dalam mencerahkan wajah termasuk yang ada noda hitamnya. Dengan begitu, cukup bagus untuk dimanfaatkan bagi yang terkena masalah flek wajah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

Cara memanfaatkan teh hijau dalam upaya mengatasi masalah kulit ini yaitu dengan meletakkan kantong teh hijau di air mendidih. Setelah itu, keluarkan dari wadah, lalu diamkan sampai dingin. Kemudian lanjutkan dengan menggosokkan kantong teh pada area kulit yang memiliki area gelap. Rutinkan perawatan dalam dua kali sehari agar hasilnya terlihat.

7. Oleskan Seduhan Black Tea

Selain green tea atau teh hijau, seduhan teh hitam juga bermanfaat untuk mengurangi tampilan flek hitam pada wajah. Pasalnya, seduhan teh satu ini dapat memudarkan noda hitam di kulit. Jadi tak heran, kalau orang yang rutin menggunakan masker teh hitam atau seduhan teh hitam memiliki kulit yang cerah merona.

Bagi yang mengalami masalah kulit noda hitam pun tidak perlu khawatir dalam menggunakan teh hitam ini sebagai cara menghilangkan flek hitam. Larutkan daun blacktea pada air mendidih, kemudian dinginkan selama 2 jam. Saring teh, setelah itu langsung masukkan kapas pada seduhan teh. Lanjutkan dengan membalurkannya pada wajah. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali sehari untuk hasil maksimal.

8. Oleskan Cuka Apel

Cuka apel selain bisa dimanfaatkan untuk memudarkan bekas luka juga dapat diandalkan dalam masalah mengatasi flek hitam di kulit. Kandungan cuka apel berperan efektif dalam mengurangi pigmentasi. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan cuka apel sebagai upaya mengatasi bintik hitam pada kulit wajah.

Caranya oleskan saja flek cairan cuka apel tersebut ke area kulit yang terkena masalah hitam. Pastikan bahan meresap dengan membiarkannya sekitar 15 menit. Jika dirasa sudah, basuh wajah. Rutinkan treatment ini 2× sehari untuk hasil memuaskan. Dengan perawatan dari bahan alami ini, tentu tidak perlu kerepotan lagi harus pergi perawatan mahal, bukan?

9. Aplikasikan Susu atau Yogurt

Rekomendasi bahan terakhir yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam adalah susu atau yogurt. Hal ini karena kandungan asam laktat pada yogurt maupun susu bekerja mengurangi tampilan flek hitam di kulit.

Cara pengaplikasiannya tinggal rendam saja kapas pada susu maupun yogurt. Setelah itu, tinggal balurkan saja pada kulit wajah yang gelap atau ada bintik hitamnya sehari 2 kali agar tampak hasilnya. Tunggu 15 menit atau sampai benar-benar meresap. Kemudian, lanjut basuh wajah dengan air hangat agar tidak terasa lengket.

Sekedar saran, sebelum melakukan pengobatan secara alami melalui bahan-bahan di atas untuk tujuan menghilangkan flek hitam konsultasi ke dokter. Ada baiknya mengetahui apakah ada alergi atau iritasi dengan bahan-bahan alami itu. Namun, bisa dilakukan dengan melakukan percobaan dengan mengaplikasikannya sedikit demi sedikit bagi yang tidak mau mengeluarkan biaya konsultasi ke dokter.

Baca Juga : Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami serta Treatment

Caranya diamkan bahan yang dipilih sekitar 15 menit. Jika dirasa tidak ada gejala apapun yang aman dan bisa langsung digunakan. Tetapi jika cara menghilangkan flek hitam dengan bahan dari alam di atas tidak dapat mengatasi permasalahan kulit tersebut, sangat disarankan untuk pergi ke klinik kecantikan saja.

Pos terkait