Macam Jenis Spesies Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Macam Jenis Spesies Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Selingkaran.com – Anda pasti tahu mengenai Ikan Hiu bukan? jika kita mendengar mengenai predator yang satu ini pasti membuat kita berfikir akan ikan yang buas dan penuh gigi tajam yang siap menerkam setiap apa yang ada dihadapannya. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui jenis-jenis ikan hiu yang ada didunia ini, kebanyakan orang mengenal ikan hiu adalah predator yang buas, namun ada beberapa jenis ikan yang tak sebuas ikan hiu yang seperti kita kenal.

Perlu anda ketahui, bahwa didunia ini ada banyak jenis ikan hiu yang dapat kita temui, baik itu jenis ikan hiu terbesar, ikan hiu terbuas atau yang lainnya, nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan hiu ini, berikut ulasan kami mengenai ikan ini, walau tidak terlalu lengkap namun mungkin bisa menambah sedikit wawasan kita mengenai predator laut yang satu ini.

Jenis jenis Ikan Hiu Terbesar

11. Bigeye Thresher Shark

Ikan Hiu Bigeye Thresher 2 - Selingkaran

Ikan hiu jenis ini merupakan salah satu ikan yang bisa dibilang cukup besar untuk jenis hiu, ya.. memang benar, ikan ini dapat tumbuh sepanjang 15 kaki dan juga dapat memiliki bobot tubuh 795 lbs atau sekitar 360 Kg, dan hidup di kedalaman 1.650 kaki di dasar laut.

Ciri Ciri Fisik

Seperti namanya yakni Bigeye yang bisa diartika sebagai “Mata Besar”, dan seperti pada umumnya ikan hiu jenis ini juga memiliki sirip pada bagian pungggungnya, dan yang membuat ikan ini sedikit unik adalah bentuk ekor mereka yang cenderung panjang dan melengkung. Dan tubuhnya tampak seperti berotot. Selengkapnya : Informasi Lengkap Mengenai Ikan Hiu Bigeye Thresher

10. Bluntnose Sixgill Shark

Ikan HiuBluntnose Sixgill 1 - Selingkaran

Jenis hiu yang satu ini juga merupakan salah satu hiu terbesar untuk jenis spesies hiu yang ada di dunia. Bluntnose Sixgill Shark sering juga disebut sebagai hiu sapi, ikan jenis ini dapat tumbuh hingga 16 kaki atau sekitar (4.8 m). Untuk menangkap ikan ini, banyak orang yang menggunakan ikan tuna sebagai umpannya.

Ciri-ciri Fisik

Ikan ini memiliki ciri-ciri fisik seperti warnanya yang berwarna coklat kehitaman, serta memiliki garis terang berwarna kuning dibagian sisi samping tubuhnya. Selengkapnya : Informasi Lengkap Mengenai Ikan Hiu (Bluntnose Sixgill Shark)

9. Thresher Shark

Thresher Shark

Hiu ini juga merupakan salah satu keturunan hiu besar, dan diperkirakan dapat hidup hingga memiliki panjang 18 kaki. Hiu ini menduduki posisi ke-9 hiu terbesar di dunia. Populasi hidup Thresher Shark yakni di perariran laut khatulisiwa. Walaupun hiu ini terlihat ramping, namun bobot yang dapat dimiliki hiu ini dapat mencapai berat yang cukup spektakuler yakni 1100 lbs (498.95 kg).

8. Great Hammerhead Shark

Hiu Martil 1 - Selingkaran

Siapa yang tidak kenal dengan Hammerhead Shark, ya kita sering mendengarnya dengan sebutan Hiu Martil. Hiu martil dari genus Sphyrna adalah anggota dari famili Sphyrnidae. Satu-satunya genus selain Sphyrnidae, Eusphyra, terdiri dari hanya satu spesies, Esphyra blochii, winghead shark.

Diantara beberapa spesies ikan jenis ini, sembilan spesies lainnya telah diketahui memiliki ukuran panjang antara 2 hingga 6 meter (6,5 hingga 20 kaki), dan pastinya semua spesies memiliki bentuk kepala yang menyerupai martil gepeng.

Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak. Selengkapnya : Informasi Mengenai Ikan Hiu Martil (Great Hammerhead Shark)

7. Greenland Shark

Greenland Shark - Selingkaran

Greenland Shark, banyak yang mengenal ikan hiu jenis ini adalah ikan yang paling lambat diantara jenis-jenis hiu lainnya. Kecepatan renang mereka yang biasa hidup di kawasan yang dingin hanya mencapai 2,7 kilometer per jam. Sangat lambat sekali bukan.

Hiu jenis yang satu ini diperkirakan dapat hidup hingga sepanjang 21 kaki, dan juga memiliki usia hingga 200 tahun. Dan hal inilah membuat hiu ini dikenal sebagai hewan bertulang punggund dengan usia hidup terlama. Mereka juga hidup pada kedalaman 6600 kaki dibawah permukaan laut. Selengkapnya : Informasi Mengenai Ikan Hiu (Greenland Shark)

6. Pacific Sleeper Shark

Pacific Sleeper Shark

Pacific Sleeper Shark atau Somniosus pacificus adalah salah satu hiu terbesar dan juga terberat lainnya, hiu ini dapat hidup sepanjang 23 kaki dan memiliki berat hingga 800 lbs (361,87 kg). Kehidupan hiu ini adalah didaerah laut dalam, dengan memiliki kedalaman hingga 6500 kaki dibawah permukaan laut.

5. Tiger Shark

Tiger Shark

Tiger Shark atau jika diartikan Hiu Harimau atau juga Galeocerdo Cuvier, hiu ini menempati posisi ke 5 ikan hiu terbsesar dunia, yang memiliki panjang hingga 24.3 kaki, lalu dapat mempunyao berat hingga 2000 lbs (907,18 kg) dan termasuk hiu yang ganas.

Mereka hidup layaknya pemburu dan predator yang mematikan di dalam laut, pasalnya mereka tak hanya melahap semua jenis kehidupan yang ada dilatu, hiu ini juga sering dikabarkan menyerang para manusia dipantai. Populasi hiu ini berada di perariran khatulistiwa, namun banyak ditemukan di sekitar perairan pacific. Selingkaran.com

4. Great White Shark

Great White Shark

Great White Shark juga dikenal sebagai Carcharodon Carcharias, hiu ini adalah salah satu hiu terbesar dan juga dikenal sebagai hiu terganas dari jenis ikan hiu lainnya. Mereka dapat hidup hingga memiliki panjang 26.2 kaki dan juga berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). Sekedar informasi, hiu ini bisa anda temukan didekat pantai di semua lautan dunia.

3. Basking Shark

Basking Shark

Jika anda ingin tau nama dari ikan hiu yang sedikit unik, ya ini merupakan salah satunya. Basking Shark (Cetorhinus maximus) atau biasa kita kenal dengan Hiu Penjemur. Hiu ini merupakan ikan terbesar kedua setelah hiu paus. Dan spesies ini merupakan spesies kosmopolitan  yang dapat ditemui di sepanjang samudra hangat di seluruh dunia.

Untuk masalah ukuran dari ikan ini, pastinya cukup besar, apalagi hiu ini adalah hiu terbesar kedua didunia. Panjang untuk hiu basking ini berkisar 12,27 meter (40,3 kaki), dan memiliki berat badan antara 19ton (17t). Hiu ini juga akan berenang pelan ketika mendekati permukaan air. Pada umumnya hiu basking lebih suka hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F). Selengkapnya : Informasi Mengenai Hiu Penjemur (Basking Shark)

2. Whale Shark

Ikan Hiu Paus - Selingkaran

Hiu Paus (Whale Shark) dalah jenis hiu paling besar atau bisa dibilang ikan paling besar didunia yang hingga saat ini masih hidup.

Dalam bahasa jawa, Hiu Paus ini disebut dengan Cucut Geger Lintang. Ukuran rata-rata untuk hiu dewasa diperkirakan berkisar 97 metres (318.24 ft) dan seberat 9 ton. Dan ada yang pernah tertangkap pada 11 November 1947 di Karachi, Pakistan. Memiliki ukuran sekitar 1,265 metres (4,150.26 ft) dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 7 metres (23.0 ft). Bukan jarang kisah-kisah mengenai geger lintang yang berukuran jauh lebih besar – dengan panjang hingga 18 metres (59 ft) dan berat hingga 45,5 ton – namun sejauh ini tidak ada bukti-buktinya secara ilmiah. Selengkapnya : Informasi Mengenai Hiu Paus (Whale Shark)

1. Megalodon Shark

megalodon-shark-facts

Hiu Megalodon adalah ikan purba prasejarah yang telah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Memnurut informasi, hiu ini memiliki ukurang lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Megalodon adalah jenis hiu perairan dalay yang sangat jarang sekali naik ke permukaan laut, terkecuali untuk mencari mangsa.

Menurut sumber Wikipedia, Megalodon memiliki ukuran panjang antara 14 hingga 18 meter atau lebih besar lagi, dengan gigi yang runcing berdiameter 120 milimeter dan diperkirakan telah hidup 28 sampai 1,5 juta tahun yang lalu. Selengkapnya : Informasi Mengenai Ikan Hiu (Megalodon Shark)


Nah bagaimana netizen? cukup menambah wawasan kita ya mengenai apa saja sih spesies ikan hiu terbesar di dunia saat ini.. jangan lupa membaca informasi lainnya.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook