5 Cara Menyembuhkan Mata Sakit Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

Mata sakit saat mengedipkan mata pastinya menimbulkan perasaan tidak nyaman. Bagaimana tidak, sering kali mata yang sakit juga mengganggu penglihatan. Tentunya ada beragam kondisi yang dapat memicu mata menjadi sakit saat berkedip. Beda penyebab, tentu beda pula cara menyembuhkannya. Berikut cara menyembuhkan mata sakit saat berkedip berdasarkan penyebabnya, di bawah ini:

1. Adanya Cedera Pada Mata

Mata merupakan organ tubuh yang cukup rentan terkena cedera. Contoh penyebab cedera pada mata umumnya adalah goresan pada kornea, paparan sinar matahari atau zat tertentu, dan lain-lain. Hal-hal, tersebut tentunya dapat menimbulkan sakit mata saat berkedip. Cara menyembuhkan mata sakit saat berkedip yang disebabkan oleh cedera adalah menggunakan obat tetes mata.

Bacaan Lainnya

Penggunaan obat tetes mata dibutuhkan untuk mencegah infeksi, mengurangi nyeri, dan mengendurkan otot mata. Bahkan pada beberapa kasus, Dokter bahkan memberikan penutup mata agar mata lebih terlindungi dari lingkungan luar.

2. Bintitan

Bintitan atau benjolan pada bagian kelopak mata memang menimbulkan rasa sakit saat berkedip. Penyebab utama mata bintitan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus.

Biasanya, bintitan akan menghilang dalam beberapa hari. Namun, mata bintitan bisa dikompres dengan menggunakan sehelai handuk hangat untuk mempercepat penyembuhan. Selain itu, usahakan jangan menggunakan lensa kontak dan riasan di sekitar mata yang sakit sampai bintitan benar-benar sembuh.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah istilah medis dari mata yang memerah akibat radang pada konjungtiva (selaput yang menutupi bagian putih bola mata). Peradangan itu menyebabkan pembuluh darah pada mata jadi membengkak, sehingga mata merah dan perih. Penyebab dari Konjungtivitis adalah adanya infeksi atau alergi.

Umumnya konjungtivitis yang diakibatkan oleh infeksi dapat menular melalui kontak sekresi mata dari orang yang terinfeksi. Konjungtivitis dapat diobati sendiri di rumah. Gunakan kompres dingin untuk meredakan mata yang iritasi. Lalu, teteskan obat tetes mata yang bertujuan untuk mencegah infeksi. Selain itu, menjaga kebersihan tangan dan mata juga sangat penting dilakukan.

4. Infeksi Saluran Air Mata

Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan pada kantung air mata. Air mata yang tidak dapat keluar dari mata membuat bakteri berkumpul di area itu. Sehingga, mata (terutama bagian ujung) menjadi sakit saat berkedip.

Cara menyembuhkan mata yang sakit saat berkedip karena infeksi saluran air mata adalah menggunakan antibiotik. Selain itu, Dokter biasanya juga meresepkan obat tetes mata untuk mengurangi infeksi. Pada kasus yang sebenarnya jarang terjadi, terkadang pembedahan juga diperlukan untuk penyembuhan.

5. Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan kondisi adanya luka terbuka pada kornea yang berkembang di permukaan mata. Penyebabnya adalah cedera langsung atau infeksi (dari bakteri, virus, atau jamur) pada kornea mata.

Gejalanya yaitu mata merah dan perih, keluarnya air mata secara berlebihan, sensasi adanya benda asing, serta penglihatan memburuk. Antibiotik bisa diberikan untuk menyembuhkan Ulkus kornea. Selain itu, kompres dingin dan menghindari menyentuh dan menggosok mata juga dapat membantu mempercepat pemulihan.

Nah, itulah dia cara menyembuhkan mata sakit saat berkedip berdasarkan penyebabnya. Sakit mata bisa diobati baik dengan obat-obatan yang dijual bebas di apotik, ataupun obat yang diresepkan dokter. Tentunya lebih disarankan untuk menemui dokter apabila mata yang mengalami gejala di atas tidak kunjung sembuh. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat sesuai penyebab sakit mata yang dialami.

 

Pos terkait