Pilih Kurma Kering atau Kurma Segar/Basah?
Kurma Segar dan Kurma Kering

Pilih Kurma Kering atau Kurma Segar/Basah?

Seligkaran.com – Jika kita pernah mengkonsumsi buah kurma, apakah anda pernah bertanya benarkah kurma bentuknya seperti ini ? dalam artian kering. Karena biasanya, buah kurma yang beredar di Indonesia adalah buah kurma yang telah dikeringkan, mungkin ini dimaksudkan agar buah tahan lebih lama karena jarak pendistribusian buah ini cukup jauh, dari Timur Tengah loh.

Namun bagi yang pernah dibawakan oleh-oleh saudaranya yang pulang dari Umroh atau Haji, dengan buah kurma yang masih segar atau basah, pasti akan merasakan sedikit berbeda. Dari segi tekstur, tentu saja buah kurma yang masih segar ini memiliki tekstur yang cukup lembut, dan terdapat air yang cukup banyak, lain halnya dengan kurma kering yang lebih padat karena air didalamnya sudah banyak berkurang.

Namun apakah ada bedanya antara buah kurma kering dengan kurma basah?

Pada dasarnya pastilah berbeda, dari segi tekstur tadi sudah bisa kita lihat jelas berbeda, lalu untuk kandungannya?

Untuk kandungan dari kurma kering, kemungkinan akan sedikit berkurang terutama kandungan mineral yang ada didalamnya. Namun, tetap bermanfaat untuk tubuh manusia, serta dapat memulihkan energi kita dengan cepat, terutama pada saat kita menjalani ibadah puasa.

Bukankah Rasulullah berbuka dengan kurma ?

Rasulullah memang berbuka dengan kurma atau air putih, seperti diriwayatkan oleh Anas bin Malik dalam hadits berikut :

Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk. (Hadits Riwayat Ahmad (3/163), Abu Dawud (2/306), Ibnu Khuzaimah (3/277,278), Tirmidzi 93/70) dengan dua jalan dari Anas, sanadnya shahih).

Apasih nutrisi yang terkandung dalam buah kurma?

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 1,180 kJ (280 kcal)
Karbohidrat 75 g
Gula 63 g
Serat pangan 8 g
Lemak 0.4 g
Protein 2.5 g
Air 21 g
Vitamin C 0.4 mg (1%)
Manganese 0.262 mg

Nah, jika kita lihat kandungan nutri yang terdapat pada buah kurma diatas, pastinya bisa kita simpulkan bahwa kurma ini memang sangat baik untuk tubuh kita, apalagi memiliki kadar serat yang cukup tinggi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Serta kandungan gula alami yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga :

Mengenal Pohon Kurma

Manfaat Buah Kurma

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook