Cara Mengecilkan Size Video di Hp Terlengkap

Cara Mengecilkan Size Video di Hp Terlengkap

Hadirnya ponsel canggih dengan kamera resolusi tinggi meninggalkan satu masalah yang cukup membingungkan, yakni ukuran video yang terlalu besar. Akibatnya, ruang memori mudah penuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat ruang memori adalah mengecilkan ukuran video. Namun, bagaimana cara mengecilkan size video di HP? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Bacaan Lainnya

Aplikasi Movie Maker bisa menjadi solusi cara mengecilkan size video di hp. Movie Maker yang biasanya sudah ada dalam komputer dengan operating system Microsoft. Software ini sangat sesuai untuk pengguna yang masih pemula dalam urusan editing.

Meskipun begitu, saat ini aplikasi ini juga tersedia untuk Android. Tidak hanya mengkompres ukuran file video saja, Movie Maker juga dilengkapi fitur-fitur lain yang dapat digunakan seperti memotong video memberikan efek-efek yang diinginkan serta memasukkan musik tambahan.

Baca Juga : 10 Kumpulan Aplikasi Edit Video Paling Keren

Langkah-langkahnya yakni, pertama buka aplikasi Movie Makernya. Kemudian pilih menu ada di video, lalu pilih video yang ingin di kompres. Dikompres setelah ke mode pilih chef movie. Jangan lupa untuk memberi nama pada video yang baru kemudian pilih simpan video. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai. Ukuran video akan berkurang secara otomatis tanpa harus mengurangi kualitas video yang sudah dikompres.

2. Menggunakan Situs Youcompress

Untuk mengkompres video bisa juga dengan online melalui situs kompres. Ternyata meskipun melalui situs hasilnya bisa sangat memuaskan. Hal ini lantaran video terkompres 80% tanpa harus mengurangi kualitas dari video aslinya. Caranya yakni pertama kunjungi situs youcompress. Kemudian pilih icon select file lalu pilih video yang ingin dikompres. Jika sudah tunggu beberapa saat. Dalam proses pengubahan ini sekaligus mengkompres video. Jika sudah selesai tinggal unduh file video dari situsnya.

3. Menggunakan Aplikasi VidCompact

VidCompact adalah aplikasi video untuk Android yang dapat diunduh secara gratis dengan fitur compress video versi MP4. Pengguna bisa kompres file video berformat MP4. Langkah-langkahnya yakni yang pertama download dan install aplikasi VidCompact kemudian buka aplikasi itu. Lalu klik menu kemudian pilih trim dan compres. Setelah itu pilih video yang akan dikompres.

Baca Juga : Solusi Supaya Resolusi Video Tiktok Menjadi Jernih

Pengguna juga dapat memilih resolusi video yang sesuai dengan yang diinginkan. Pilihan formatnya mulai dari 240p dan kualitas tertingginya 480p. Apabila sudah, maka tekan compress video dan tap save to gallery. Hal terakhir itu dilakukan supaya hasil video yang dikompres dapat langsung tersimpan di galeri ponsel.

4. Menggunakan Aplikasi Panda Video Compressor

Aplikasi ini cukup banyak dipakai oleh pengguna Android. Pasalnya penggunaannya yang mudah dan desain aplikasi yang sederhana membuat pemula dapat dengan mudah mengaplikasikan. Langkah-langkahnya yakni yang pertama unduh dan instal terlebih dahulu aplikasinya. Kemudian pilih video yang hendak dikompres. Jika sudah, pilih kualitas yang diinginkan, bisa kecil, medium maupun besar sesuai dengan kebutuhan. Apabila sudah, klik compres dan simpan.

5. Menggunakan Aplikasi YouCut

Mengecilkan ukuran video menjadi lebih ringan dan hemat penyimpanan bisa menggunakan aplikasi YouCut. Langkah-langkahnya yakni pertama unduh dan install terlebih dahulu aplikasinya. Jika sudah terinstall, buka YouCut dan klik pada tanda + di layar. Setelah itu, tentukan video yang ingin pengguna kompres.

Jika sudah, maka akan muncul tampilan editing pada layar. Pengguna bisa mengedit video terlebih dahulu dengan banyak fitur yang telah disediakan. Jika semua dirasa sudah selesai, maka tahap terakhir klik simpan.

Baca Juga : Ketahui Cara Mengubah Lagu Video Menjadi Mp3 di Hp Android secara Online dan Dengan Aplikasi

Itulah cara mengecilkan size video di hp yang bisa dilakukan dengan mudah. Pastinya pengecilan ukuran video ini dijamin tidak akan menurunkan kualitas video karena pengguna bisa menentukan sendiri besaran kualitas yang diinginkan.

Pos terkait