Manfaat dan Khasiat Buah Kurma

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma

Selingkaran.com – Kurma, yak.. buah yang sangat identik dengan bulan suci Ramadhan ini sangat familiar sekali di kalangan masyarakat Indonesia, sangat banyak kita temui ketika bulan puasa sudah datang, namun kadang juga kita dapat menemukannya diminimarket terdekat walaupun tidak dalam bulan puasa.

Yup, buah kurma ini seakan sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk kehidupan sehari-hari, jadi volume peminatnya juga sudah banyak dan terus meningkat dari orang tua hingga yang muda juga sangat suka mengkonsumsi buah yang satu ini. Tak hanya dikonsumsi secara utuh dalam artian buah, banyak juga para pengusaha yang membuatnya menjadi saripati kurma dalam bentuk cairan sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana serta banyak yang bilang lebih banyak kandungan nutrisinya loh.

Apa aja sih kandungan nutrisi yang terkandung didalam buah kurma ini? yuk disimak.

1. Kurma yang masih segar serta kenyal teksturnya sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh serta mengandung gula alami yakni fruktosa dan dekstrosa sehingga baik untuk memberi energi pada tubuh.

2. Selain itu, kurma juga kaya akan serat bisa dilihat saat kita mengkonsumsinya, tentu saja hal ini sangat berguna untuk menghentikan penyerapan kolesterol LDL yang terdapat pada usus. Sehingga dapa memperlancar pencernaan. Dan juga melindunginya dari bahan kimia penyebab kanker.

3. Kurma juga memiliki zat antioksidan polifenol flavonoid yang biasa dikenal dengan tanin. Tanin sendiri memiliki sifat seperti anti infeksi, anti inflamasi, serta anti hemoragik (mencegah kencenderungan pendaraahan).

4. Buah kurma banyak mengandung vitamin A  (mengandung 149 IU per 100 g), yang pastinya vitamin ini sangat berguna untuk penglihatan kita, selain itu, mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin A, akan membantu mempertahankan paru-paru serta rongga mulut dari kanker.

5. Kurma juga terdapat antioksidan seperti B-karoten, lutein dan juga zea-xanthin. Antioksidan ini dapat atau memiliki kemampuan dalam mempertahankan sel-sel dan juga struktur dalam tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Kurma juga kya akan zat besi, dan memiliki kandungan 0,90 mg / 100 g buah kurma. Sedangkan zat besi ini sangat penting untuk tubuh manusia, karena merupakan inti dari hemoglobin di dalam sel darah merah.

7. Tak hanya itu, kurma juga kaya akan mineral seperti halnya kalsium, mangan, tembaga, serta magnesium.  Pastinya kandungan-kandungan ini sangat penting, apalagi kalsium yang merupakan mineral penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan juga untuk kontraksi otot dan pembekuan darah.

Tak hanya kandungannya yang banyak, kurma juga sangat baermanfaat untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan pada tubuh, ingin tahu? berikut beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh.

Buah Kurma

Buah Kurma

Manfaat Kurma

Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan masalah yang dialami oleh pencernaan manusia, kurma yang kaya akan serat sangat baik untuk meningkatkan gerakan usus  sehingga dapat memperhalus dan menyerap sempurna makanan yang masuk.

Mempertahankan Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kandungan mineralnya yang tinggi seperti kalsium dapat memelihara kesehatan tulang kita, dan mencegah datangnya penyakit seperti osteoporosis.

Mengatasi Gangguan Usus

Kurma dipercaya dapat memicu pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada usus, sehingga makanan yang masuk ke tubuh lebih mudah diserap dan larut karena kinerja dari bakteri baik tersebut.

Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan tekanan darah, sedangkan kurma memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh, dan mengurangi rasa letih serta lesu.

Mengatasi Alergi

Kurma memiliki kandungan sulfur, hal ini dapat membantu dalam hal mengurangi reaksi alargi yang diderita tubuh.

Mengatasi Diare

Di dalam kurma juga terdapat kandungan seperti potasium, yang sangat efektif untuk mengendalikan diare, selain itu buah ini juga kaya akan serat sehingga mudah dicerna yang juga dapat membantu meringankan terjadinya diare.

Mencegah Kanker Perut

Zat anti kanker yang dimiliki oleh kurma, sangat baik untuk memelihara kesehatan perut manusia, sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh terutama diperut, dengan mengandalkan zat anti kanker dan memerangi radikal bebas yang masuk didalam perut ini.

Jadi jagan ragu lagi untuk mengkonsumsi kurma, walaupun rasanya manis, namun kandungan gula yang dikandungnya itu alami dan sangat mudah dicerna oleh tubuh kita.

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook