5 Alasan Anak-Anak Perlu Memainkan Game Anak Sholeh

5 Alasan Anak-Anak Perlu Memainkan Game Anak Sholeh

Mencari game edukatif? Game anak sholeh adalah salah satu game dengan konsep edukatif yang sangat cocok untuk anak-anak. Apalagi untuk anak-anak muslim, karena game ini memang fokus pada edukasi yang bersifat keislaman. Dengan animasi yang menarik dan karakter yang dekat dengan dunia anak-anak, game ini sangat cocok untuk dimainkan.

Game ini bisa jadi solusi orang tua yang anaknya sudah sangat dekat dengan penggunaan gadget dan smartphone. Dengan memperlihatkan permainan dan aplikasi yang berguna, waktu yang dihabiskan dengan gadget pun menjadi lebih bermanfaat. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa para orang tua agar menyarankan anak-anak untuk bermain game ini:

Bacaan Lainnya

1. Memberikan Edukasi Dini Mengenai Agama Islam

Seperti yang dituliskan sebelumnya, game ini punya fokus edukasi yang bersifat keislaman. Karena didesain untuk anak-anak, materinya pun berfokus pada edukasi dini. Jadi, anak-anak bisa mengenal islam dengan cara yang lebih menyenangkan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Game Offline Petualangan, Menjelajah Tanpa Paket Data

Konten-konten yang sudah disiapkan oleh game ini seperti materi pengenalan huruf hijaiyah dengan video dan lagu yang menyenangkan untuk anak. Kemudian tata cara wudhu dan shalat yang dijelaskan dengan animasi yang mudah dipahami oleh anak. Ada berbagai konten islami lainnya yang mengedukasi anak.

2. Menghindarkan Anak dari Konten yang Kurang Bermanfaat

Seperti yang dituliskan sebelumnya juga, game ini bisa menjadi alternatif bagi orang tua yang anaknya familiar dengan penggunaan gadget. Bermain game edukatif yang menyenangkan seperti game ini akan menghindarkan anak dari konten lain yang kurang bermanfaat. Mengingat bebasnya penyebaran konten yang ada di internet.

Para orang tua juga tidak perlu khawatir dengan konten-konten aneh yang mungkin berseliweran di aplikasi. Karena, game anak sholeh ini sudah dijamin bebas iklan. Jadi konten belajar anak tidak akan terganggu oleh konten iklan yang aneh-aneh.

3. Belajar Sambil Bermain

Konsep belajar sambil bermain merupakan cara belajar yang paling disukai dan paling mudah diterima oleh anak-anak. Konsep itu juga yang diusung oleh permainan anak sholeh satu ini. Selain memberikan konten edukasi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Game ini juga menyediakan permainan-permainan sebagai hiburan anak.

Baca Juga : 5 Daftar Game Pertama di Playstore Dengan Unduhan Terbanyak

Permainan-permainannya juga masih berhubungan dengan konten edukasi yang diberikan. Jadi, anak-anak bisa lebih memahami materi yang diberikan sambil bermain.

4. Meningkatkan Interaksi Anak dan Orang Tua

Biasanya penggunaan gadget dan smartphone akan malah meminimalisir interaksi antara anak dan orang tua. Karena peran orang tua sebagai pembelajar sudah digantikan oleh materi yang ada di aplikasi. Namun, tidak dengan game satu ini dengan konsepnya yang interaktif. Game ini malah akan meningkatkan interaksi anak dan orang tua.

Orang tua bisa mendampingi anak selama bermain game ini. Kemudian, membantu dan memberikan penjelasan tambahan ketika anak menemukan kesulitan. Karakter pada game sesekali juga akan menyarankan pada anak untuk bertanya kepada orang tua jika menemui kesulitan.

5. Memperkenalkan Anak Pada Kegiatan Keagamaan

Materi-materi seperti tata cara shalat, tata cara wudhu, penjelasan tentang puasa, mengaji, dan sebagainya. Menjadi pengenalan awal pada anak mengenai kegiatan keagamaan. Dengan begitu, anak akan mendapatkan gambaran bahwa kegiatan keagamaan tersebut adalah hal yang menyenangkan dengan semangat melakukannya.

Berbeda jika orang tua meminta anak untuk belajar shalat dengan paksaan. Tentu saja, kegiatan itu tidak menjadi menarik apalagi menyenangkan untuk anak-anak.

Baca Juga : 5 Game Komputer Jaman Dulu yang Paling Dicari Hingga Kini

Itulah alasan mengapa game anak sholeh menjadi game yang paling cocok untuk anak-anak. Utamanya adalah untuk anak-anak muslim yang sedang dalam edukasi dini mengenai agama. Jadikan game ini sebagai panduan untuk memperkenalkan agama pada anak-anak.

Pos terkait