8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Sederhana!

8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Sederhana!

Wanita pasti ingin terus tampak indah di mata orang lain. Dengan wajah berseri dan tidak ada komedo yang menempel maka akan menjadikan kecantikan wajah wanita menjadi bertambah. Sayangnya, beberapa wanita kerap mengalami permasalahan pada wajah, salah satunya komedo. Cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan beberapa upaya sederhana.

Namun demikian, cara yang tidak tepat dapat memperparah keadaan komedo yang menempel pada wajah. Bahan-bahan yang tidak tepat dapat merusak muka sehingga mengurangi rasa kepercayaan diri. Sangat disayangkan jika upaya yang dilakukan malah merusak wajah. Tenang, di bawah ini adalah beberapa upaya untuk meniadakan komedo selamanya, yaitu:

Bacaan Lainnya

 1. Gunakan Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki puluhan ribu manfaat tak terkira. Selain digunakan untuk memusnahkan jerawat, madu dapat juga untuk keperluan mengatasi komedo. Kandungan dari madu akan membantu mengeluarkan noda-noda komedo dan menghaluskan wajah. Memang tekstur madu lengket dan mengeluarkan bau manis tajam, maka siapkan handuk ketika perawatan.

Baca Juga : Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami serta Treatment

Setelah semua peralatan disiapkan, cara menghilangkan komedo dengan madu mudah saja, cukup bersihkan wajah dan oleskan madu murni ke area muka. Pastikan menutupi seluruh area yang berkomedo. Jika sudah cuci muka dan lakukan teratur. Jika ketika mengoleskan madu merasa tidak nyaman dengan kelengketan pada wajah, maka dapat menggunakan metode selanjutnya seperti cuka apel.

2. Gunakan Cuka Apel

Bagi wanita yang gemar merawat wajah, pasti bahan ini sudah tidak asing. Cuka apel sudah terkenal dapat digunakan untuk mengatasi noda bekas jerawat maupun komedo. Sebenarnya, dasarnya komedo adalah kotoran yang membandel dan tidak bisa keluar pori-pori, maka penangananya mirip dengan mengatasi bekas jerawat. Solusi cuka apel ini sangat jitu untuk dilakukan.

Penggunaan cuka apel untuk wajah tidak sulit untuk dilakukan. Cukup teteskan cuka apel pada kapas lalu gosokan perlahan pada muka. Jangan sampai cuka apel mengenai mata karena akan berbahaya. Cuka apel berbau menyengat dan tidak enak jika dihirup, apalagi jika sampai menetes pada wajah maka akan terasa perih dan menimbulkan kemerahan.

3. Gunakan Putih Telur

Urutan ketiga cara menghilangkan komedo bisa dengan menggunakan putih telur. Bahan alami ini mudah ditemukan di mana saja, jika ingin menggoreng telur maka dapat menyisihkan putih telurnya untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Meskipun dapat dibilang amis, tapi putih telur terbilang efektif dan hasilnya langsung terlihat.

Pengaplikasiannya juga cukup sederhana, pecahkan telur lalu ambil putihnya saja. Usahakan jangan sampai pecah agar kuning dan putih telur tidak tercampur. Kemudian oleskan pada area yang banyak komedonya. Agar lebih menempel, kocok ringan putih telur, biasanya putih telur yang tidak dikocok akan menggumpal dan sulit menempel pada wajah. Tunggu sepuluh menit dan bilas sampai bersih.

4. Gunakan Soda Kue

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan adalah soda kue. Untuk membelinya dapat pergi ke warung terdekat atau toko bahan kue, tidak sulit untuk membeli bahan ini. Perlu diingat bahwa soda kue bukanlah bahan alami, jadi penggunaanya harus lebih hati-hati dan jangan terlalu sering. Jika yang belum mengetahui bagaimana wujud soda kue, wujudnya yakni mirip tepung berwarna putih halus.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

Dalam penggunaanya, pengguna hanya perlu mencairkan soda kue dengan sedikit air lalu tempelkan pada area berkomedo. Tunggu lima belas menit sampai mengering dan kelupas. Ketika melepaskan soda kue kering ini, sebaiknya dengan air hangat agar tidak perih di wajah. Jika terjadi iritasi segeralah hentikan dan netralisir dengan madu. Hal ini akan membantu proses relaxing.

5. Air Lemon

Lemon adalah buah segar yang mudah ditemukan. Walaupun terbilang cukup mahal namun sepadan dengan manfaat yang didapatkannya. Air lemon adalah bahan alami yang sedikit kemungkinannya jika menimbulkan iritasi atau permasalahan berbahaya lainnya. Cairan segar ini tidak akan memperparah muka sekalipun dirasa tidak cocok, jadi hal ini sangat aman untuk diaplikasikan.

Cara menghilangkan komedo dengan air lemon ini sangat singkat. Pertama-tama peras lemon terlebih dahulu, selanjutnya gunakan air perasan lemon tadi sebagai pengganti toner. Kapas dapat membantu mempermudah pengaplikasian toner air lemon ini. Gunakan seminggu tiga kali saja. Terlalu sering merawat wajah juga ada minusnya, untuk itu sewajarnya saja.

6. Gunakan Tomat

Sayuran berwarna merah segar ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang komedo. Bagaimana tidak, kandungan vitamin A dan C dapat membantu memancarkan kulit hingga lebih cerah, di dalam tomat juga terkandung vitamin E. Komedo akan membuat wajah menjadi gelap karena banyak bintik-bintik hitam, tetapi dengan menggunakan masker tomat maka wajah akan menyerap kandungan dari tomat.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Jerawat Punggung Paling Ampuh

Untuk menggunakannya, caranya siapkan terlebih dahulu tomat yang berwarna merah segar. Cuci dengan air sampai benar-benar tidak ada kuman yang membandel. Iris menggunakan pisau bersih, jangan gunakan pisau bekas memotong daging. Tempelkan tomat ke wajah dan biarkan hingga meresap dengan baik. Jika dirasa sudah sedikit lama, maka buang tomat tadi lalu segeralah cuci wajah.

7. Gunakan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sering bertengger di teras-teras rumah. Biasanya selain digunakan sebagai hiasan rumah atau taman rumah, lidah buaya juga digunakan untuk mengatasi wajah yang berkomedo. Tekstur lidah buaya yang lembut dan tidak berbau menyengat menjadi pilihan para perempuan untuk mengatasi wajah yang bermasalah. Lidah buaya juga mudah tumbuh pada daerah bersuhu dingin maupun panas.

Cara menghilangkan komedo dengan metode masker lidah buaya ini paling sederhana untuk dilakukan. Ambil daun lidah buaya yang sudah tua dan bagian bawah. Cuci dahulu untuk menghilangkan dari tanah yang berada di daun lidah buaya. Iris daging lidah buaya, upaya selanjutnya oleskan saja ke bagian wajah yang secara lembut. Wajah yang belum dicuci dengan bersih dapat memperparah kondisi komedo.

8. Gunakan Kulit Jeruk

Buah jeruk memang segar dan lezat. Hanya segelintir orang yang mungkin tidak menyukainya. Selain karena kelezatan dari jeruk, jeruk juga dibeli untuk perawatan wajah. Bagaimana bisa jeruk dimanfaatkan untuk kulit wajah yang sensitif? Tentu hal ini beralasan, khususnya bagian kulit jeruknya. Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang dapat memperbaiki kulit wajah dan mengusir jerawat.

Jika setelah memakan jeruk, maka kulitnya dapat diambil untuk menghilangkan komedo. Pengaplikasian dengan kulit jeruk ini cukup dengan menggosokannya saja. Perhatikan dengan benar bahwa kulit jeruk yang digunakan bersih dan masih segar. Kulit jeruk yang kotor tidak akan berfungsi secara maksimal. Setelah menggosokan kulit jeruk, jangan lupa untuk membilasnya agar tidak lengket.

Baca Juga : 7 Manfaat Kunir Untuk Kesehatan Tubuh

Cara menghilangkan komedo dengan cara-cara di atas dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang menimpa sebagian perempuan. Pada dasarnya kulit wajah adalah area yang paling sensitif. Jika menggunakan cara satu dirasa kurang berhasil, maka cobalah cara berikutnya yang dirasa sesuai dan cocok. Apabila terjadi iritasi atau muncul tanda-tanda ketidak cocokan, maka hentikan.

Pos terkait