Olahraga yang Efektif Untuk Mengecilkan Perut
Olahraga Mengecilkan Perut - Selingkaran

Olahraga yang Efektif Untuk Mengecilkan Perut

Selingkaran.com – Setiap orang pastinya pastinya menginginkan memiliki perut yang ideal, ya perut yang rata dengan bentuk kotak-kotak (Sixpack) untuk bagi para lelaki dan langsing untuk para wanita, namun terkadang tak sedikit pula yang kesulitan untuk mendapatkan hal tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mendapakannya?

Banyak cara untuk mendapatkan hal tersebut, biasanya orang-orang banyak yang melakukan diet, diet juga banyak macamnya, ada Diet Mayo, Diet Rendah Kalori, Diet OCD dan masih banyak lagi. Tak hanya itu biasanya pula orang yang melakukan diet, juga mengimbangi dengan olahraga yang rutin setiap hari dan ini juga berfungsi untuk membakar kalori berlebih yang ada pada tubuh.

Nah bagi yang ingin memiliki perut kecil pastinya harus memusatkan latihan untuk bagian yang satu ini, untuk perut sendiri tergolong sulit, namun bukan berarti tidak bisa, bisa.. namun membutuhkan waktu dan konsistensi dalam melakukannya, lalu olahraga apa yang tepat untuk mengecilkan perut? yuk disimak berikut ini :

Olahraga Mengecilkan Perut

Latihan Mengecilkan Perut

Latihan Mengecilkan Perut

Dilihat dari gambar diatas, kita bisa melihat posisi-posisi otot mana yang dilatih pada saat melakukan ke 8 gerakan diatas.

1. Knee Crunches

Gerakan ini digunakan untuk melatih otot perut atas,  dan gerakannya hampir menyerupai situp namun yang membedakan ini posisi kaki diletakan ditahan mengambang diatas permukaan lantai, lalu lutut ditarik sedikit kedepan diikuti dengan tangan yang melintang ke depan. Dan dilakukan sebanyak 10x.

2. Cross Crunches

Gerakan ini difungsikan untuk melatih otot perut bagian atas serta otot perut kanan dan juga kiri, untuk gerakannya menyerupai situp dan bisa dilihat seperti digambar. Dilakukan 10x gerakan.

3. Leg Raises

Gerakan ini dilakukan untuk melatih otot perut bagian tengah hingga bawah, dengan menahan kedua kaki sebagai beban, dan jangan sampai menyentuh permukaan lantai, lakukan sebanyak 12x gerakan.

4. Bicycle Crunches

Gerakan yang satu ini difungsikan untuk melatih semua bagian otot perut, tak jarang melakukan gerakan ini dapat menyebabkan kram perut pada awal latihan, namun jika sudah biasa biasanya jarang terjadi, lakukan 20 repitisi gerakan dengan cepat.

5. Flutter Kicks

Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot perut atas hingga bawah, dan usahakan agar kepala tidak menyentuh permukaan lantai dalam artian kepala ikut menahan beban, sehingga sekaligus melatih otot leher. Lakukan sebanyak 20repitisi gerakan.

6. Heel Touches

Ini dilakukan untuk melatih otot perut bagian atas serta kanan kiri pada bagian bawah, gerakannya dilakukan seperti digambar, yang masing masing tangan menyentuh betis secara bergantian. Lakukan sebanyak 10 repitisi antara kanan dan kiri.

7. Elbow Plank

Elbow plank ini layaknya push up, namun tidak ada gerakan sama sekali, melainkan tubuh menahan pada posisi yang terlihat seperti digambar, saat melakukan gerakan ini, perut terasa sangat tertarik dan kencang, lakukan selama 60 detik.

8. Sitting Twists

Gerakan ini jika dilihat memang terlihat mudah, namun yang anda harus lakukan adalah menahan posisi tubuh antara 30-70 drajat agar otot perut terasa tertarik, serta lakukan gerakan kekanan dan kekiri menggunakan tangan anda, ini difungsikan untuk melatih otot perut bagian kanan dan kiri bawah.

Lakukan ke-delepan gerakan diatas sebanyak yang dianjurkan pada tulisan yang ada dibawah gambar.

Untuk level awal lakukan sebanyak 3 Set.

Untuk level menengah lakukan sebanyak 5 set.

Untuk level atas atau sudah expert lakukan sebanyak 7 set.

Sudah tau arti kata “3Set, 5Set, 7Set”? yakni jika 3 set lakukan 8 gerakan diatas sebanyak 3kali pengulangan, dan diselingin dengan istirahat 2 menit untuk mengambil nafas.

Dan untuk Repitisi, adalah jumlah pengulangan dalam satu gerakan, misalkan 10repitisi berarti gerakan ini dilakukan sebanyak 10 kali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dituntut untuk melakukannya secara konsisten, lakukan setiap hari selama 30 hari, maka akan terlihat hasilnya. Namun jika anda mengalami obesitas, maka anda juga memerlukan olahraga kardio dan juga diet untuk mempercepat proses penurunan berat badan serta dapat memangkas lemak yang ada perut anda.

Baca Juga :

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Apa itu Diet Mayo?

Optimalkan Diet dengan Olahraga

Tips Menurunkan Berat Badan

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook